Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Liga SMA

Minggu lalu, gw terima undangan buat bokap gw. Ortu gw yang kebetulan lagi diluar kota itu sorenya nelpun. Pas saat itu juga gw kasih tau ke bokap gw ttg undangan tersebut. Pas bokap gw dengar nama keluarganya, bokap gw langsung mau niat balik minggu depan. Karena bokap gw ntar cuma tek-tok satu hari untuk undangan itu, langsung gw menawarkan diri ke bokap gw untuk gw wakili. Bokap gw langsung setuju. Balik ke hari ini, gw langsung mempersiapkan diri untuk berangkat.

“Apes banget sih gw sekarang, ke kondangan aja sendiri. Kaya ga punya pacar aja”, teriak kesel gw dijalan karena cewe gw ga mau nemenin ke undangan. Gw nyampe ditempat undangan tu sekitar jam 11an. Gw parkir didekat masjid. Terus gw masuk kedalam, mengisi buku tamu dan mengabaikan pandangan datar – “Kasihan datang sendiri” si penerima tamu. Gw isi nama bokap gw disitu. Terus gw masuk dan salaman. Disitu sempat gw sampaikan permintaan maaf dari bokap gw karena ga bs menghadiri ke orang tua mempelai pria. Setelah itu gw turun dan nyari makan. Sebelum gw cabut gw sempat Dzuhur dulu di mesjid dekat tempat gw parkir itu. Pas masuk mesjid gw ngeh satu hal : Gw familiar dengan ni Mesjid, tapi apa ya. Gw masih tanda tanya aja kenapa gw de javu disini. Pas gw mau ambil wudhu, gw baru ingat kenapa gw de javu, karena disamping mesjid ini ada lapangan bola.

Ini tempat liga SMA gw !!! Bhahahaha.. ga nyangka gw bakal ketemu ni lapangan lagi. Pas gw ambil wudhu tu gw jd inget banget gw ama temen2 SMA gw ambil wudhu disini bersama2. Terus pas gw menunaikan sholat, gw juga ingat di shaf depan itu tempat gw ama temen2 SMA berdoa meminta diberikan kemenangan pada liga SMA ini, termasuk meminta jodoh. Kocak banget masa2 itu. Setelah selesai sholat, gw ke lapangan dan muncul lah semua kenangan liga SMA gw itu. Liga tersebut adalah liga SMA terakhir yang gw lalui, liga tahunan itu memang menggabungkan semua kelas dari kelas 1, kelas 2, hingga kelas 3 (IPA/IPS). Gw pas waktu itu ada dikelas 3 IPA 4, ga pernah kepikiran di gw sebelumnya, tapi gw dapat kelas terbaik pas di SMA saat dikelas 3. Satu2nya kelas paling kompak dan solid di SMA gw (kelas lain aja mengakui). Banyak banget momen berharga yang dilalui dikelas itu. Termasuk pas waktu satu kelas (yang cowo2) pada potong rambut plontos gt, ampe semua guru bilang kita kaya korek api. Bahahhaa.. haduhh.. pengen nih gw bikin tulisan tentang kelas 3 SMA gw itu, tapi gw lupa detilnya. Ntar deh mungkin klo dah pensiun n ngumpul ama teman2 kelas gw itu, dimana kita bisa saling memberi puzzle cerita sehingga bs terbentuk cerita penuh tentang kelas terkompak itu, pasti gw tulis disini. Balik ke ni kilas balik, bahas satu per satu yuk spotnya :

Tempat Wudhu

Tempat Wudhu

Ini tempat yang udah gw sebutkan sebelumnya, yaitu tempat wudhu dimesjid Djannatul Ma’wa.

Shaf Sholat

Shaf Sholat

Tempat meminta semoga diberi kemudahan dalam pertandingan, diberi kemenangan, dan diberi jodoh. Klo bisa cewe favorit sekolah yang jadi jodohnya. wkwkwkwk.

Lapangan Bola

Lapangan Bola

Ini adalah lapangan utama. Disinilah pertandingan tersebut digelar. Pada umumnya, untuk babak kualifikasi dibagi perkelasnya, Kelas I tanding dulu ama kelas I, begitu juga seterusnya kelas 2 dengan kelas 2, dan kelas 3 dengan kelas 3. Nanti pemenang dan runner up nya baru cross antar tingkatan kelas.

Gawang Pertama

Gawang Pertama

Posisi gw kelas 3 ini adalah kiper !! sebenernya dikelas gw ini ada kiper andalan dari kelas 1 dan kelas 2, si Haykal. Cuma si sapi ini manja pengen jadi penyerang, bosan dua tahun ini jadi kiper mulu katanya. Btw disini gw grogi banget, ga tau kenapa jadi demam panggung gt. Pas waktu di gawang ini gw ga bs fokus, jadi kejebolan mulu. Wkwkwkw.. 3 – 0, inget banget gw. Dan entah emg lagi pada emosi, semua teman2 gw menyalahkan gw gt krn ga bagus. Yang gw ingat si esa (alm) itu ngomong ntar dia aja yang jadi kiper. Tapi si usman (ketua kelas) tu ngebilang klo tetap gw aja yang jadi kiper. Widihh.. suatu kepercayaan yang bagus. Terharu gw man!

Di gawang ini juga gw sempat melakukan best safe keeper (pertandingan ke 5), jadi pas waktu itu si dwi andalannya 3 IPS 1 tu nendang sempurna banget, cepat dan terarah. Dari sudut pandang gw bolanya aja ga kelihatan saking cepatnya. Dan gw? reflek tangan kiri yang cepat banget menahan bola itu tapi bolanya terlepas keatas. Pas bolanya mental keatas tu kena pembatas gawang (mistar) sehingga corner kick. Gw disitu udah panik aja untung ga goal. Tapi reaksi teman2 gw? takjub dengan komen “Gilee lo bisa nahan”. Dan reaksi si dwi? bengong gt. Gw kn kiper dunia.. bahahaha.

Latihan kiper

Latihan kiper

Pertandingan berikutnya(pertandingan ke 2) gw jadi lebih percaya diri. Dibelakang gawang ini, si usman ngasih tips n trick klo jadi kiper gimana. arah bola dsb. Sebenernya pas SMP tu gw sering main bola dilapangan bola komplek. Dan sering jadi kiper aja (enak sh ga perlu ngos2an), cuma krn skill tu udah terkubur butuh momen nih untuk membangkitkan tu skill kembali.

Gawang Kedua

Gawang Kedua

Ni gawang kembalinya percaya diri gw sebagai kiper. Disini gw buktiin klo gw itu emg kiper andalan. Di gawang inilah gw akhirnya melakukan yang seharusnya kiper lakukan : buang badan buat nahan/nangkap bola. Baju kotor dan tangan baret karena kerikil seharusnya hal yang terjadi ama gw. Yaa beberapa teman gw dikelas lain takjub ngeliat gw yang rada gede bs gesit. Wkwkwkw.. gueee..  Disini juga gw kebobolan yang sangat memalukan. Jadi si boy anak 3 IPS 1 nendang pelan ke gawang, tapi antara gw yg lagi posisi ga pas atau ga mata gw yg rabun, tu bola pelan ngegelinding tapi ga bs gw tangkap. Dan goal aja. Zzzz.. bener2 y.

Tempat Penonton

Tempat Penonton

Dibalik kawat itulah tempat penonton, kebanyakan sih cewe2 gt, sehingga ni spot jadi ajang show off buat para cowo. Terutama yang gw inget banget si Gilang, pas kecengannya nongol buat nonton. Si Gilang jadi MVP gitu dilapangan, dribble nya stabil, sprint-nya kencang, handling ball-nya sempurna, assist 9. Cuma sayang selama liga ini si Gilang Mandul, ga ada goal. Bahhahahaha. Gw masih inget muka stess dia pas waktu itu.

Tempat jual bakso

Tempat jual bakso

Kadang sambil nunggu giliran pertandingan, dibalik pagar ini ada penjual bakso. Gw selalu beli tuh walau seringnya setelah pertandingan (yiuu mw jackpot apa pas nahan bola). Pas gw disini juga, kecengan gw muter kesana kesini pake motor gitu. Pengen banget gw bilang ke dia “kmu maunya apa sh muter2 terus? mw ak tembak?”, wkwkwkw. Btw baksonya mantabbb.. jam 9 malam pasti diare. bener2 jaminan mutu.

Lapangan Kedua

Lapangan Kedua

Sepanjang musim liga SMA itu ada kalanya saat musim hujan. Lapangan pertama itu ga boleh dipake klo turun hujan. Mengubah bentuk lapangan. Jadi kita dialihkan ke lapangan kedua, 100 meter dari tempat jualan bakso (foto sebelumnya). Gw cuma dapat satu kali pertandingan aja dilapangan ini. Pas hari itu hujan deras. Btw lapangannya ga enak. Gelombang gt, kaya banyak gundukan.

Gawang Ketiga

Gawang Ketiga

Ni gawang, satu2nya gawang yang gw dapat tergenang air. Awalnya gw ogah banget karena genangannya semata kaki. Tapi pas waktu itu hoki banget emang ni gawang, gw pas mw nangkap bola malah kelepas. Yang ngambil lawan gw, krn gw dah kelewat dia dengan tenang nendang “congkel” gitu ke gawang, setelah itu bolanya berhenti aja didepan gawang, “Cleb” gitu bunyinya. Bahahaha harusnya klo dilapangan kering dah goal, tapi karena hujan malah ga jadi goal. Hehhee.. btw digawang ini juga gw pas mau nangkap bola (again) tu mata gw sengaja dikasih cipratan air lapangan itu. Biar gw ga bs liat arah bola. Tapi bola dah kepegang ama gw. Pas gw dah pegang ehh kepala gw malah ditendang gitu. Gilaa gw disitu ampe berdiri, cuma karena airnya penuh dengan tanah, susah banget buka mata dengan cepat. Pas gw buka udh ga ada orang yg nendang gw tadi. Berani ya ngajak ribut ama gw.

Hampir jadi TKP

Hampir jadi TKP

Nahh klo ini hampir jadi TKP nih, gw sh ga terlalu ngeh penyebabnya cuma dulu si Angga dorong2an gt ama lawan. Nah lawannya ini udah siap mau mukul Angga, langsung deh gw dan teman2 gw sigap siap2 support si Angga. Klo tmn2 gw alasannya krn Angga tu temen kita2 juga, tapi klo gw pribadi, alasan gw gabung krn gw pengen mukul orang (masih emosi ama yg nendang muka gw), lagian gw suka kerusuhan. Itu adalah ajang kebebasan mengeluarkan pendapat berdasarkan ukuran kepalan tangan. Hihihi.. end of the day? si lawan Angga ini cemen, banyak ngomong doank ternyata. Muak gw ama cowok cemen.

Warung Andalan

Warung Andalan

Warung rokok andalan!! Disini satu2nya yang jual warung rokok, ada beberapa kali gw atau tmn gw kesini untuk beli rokok. Bener2 spot andalan.

Tempat Mogok

Tempat Mogok

Ada satu pertandingan dimana Haykal bawa mobil bokapnya. Dan tau ga mobilnya apa? Defender man !! gilee laki banget. Ternyata ni mobil dari Kalimantan dan emg dipake offroad. Buseett top banget! Gw suka dalamnya, luas gitu. Bener2 mobil laki banget. Pas waktu itu gw yang bawa mobilnya. Dan gw parkir di spot parkir ini. Tu ampe anak2 lain pada takjub gt ngeliat kelas gw ada official vehicle buat tanding bola. Yaa walaupun pada saat pulang, ni mobil malah mogok (lahhh) akhirnya kita pake mobil yang lain untuk bs pulang. Still cool vehicle bro!

Ahhh.. relieving banget ngeliat ni tempat. Sejuta cerita. Termasuk setiap beres tanding gw ama si Gilang selalu mampir ke tempat jamu dan memesan jamu pegel linu pake telor. Mantaaabb.. bener2 klasik banget. Lawan terberat kelas gw tu si 3 IPS 1, emg jago yang main bolanya. Disitu tangan kiri, tangan kanan gw udh baret panjang banget, darah baru ama darah lama ga ada bedanya. dan baju gw udh ga warna biru lagi. Sarung tangan gw dah cobel sana sini. Dan stamina kita pada drained abiss.. Busett.. bener2 kerja keras banget lawan tu kelas. Dan lawan paling ringan? 3 IPA 2, bhahahah,… baju gw ga kotor karena ga ada aksi penyelamatan gawang a.k.a buang badan dan rambut gw masih rapih!! supeer sekali.. Overall pas di liga itu kita ga menang, yaa ada konspirasi lahh supaya kita ga lolos ke 6 besar (krn kejebolan 3 goal diawal pertandingan itu – dammit bear!), yang juara si 3 IPS 1 itu, tapi bukan kemenangan yang kelas kita kejar. Namun kata “Enjoy!”, menikmati masa2 SMA yang akan segera berakhir. Salah satu momen yang nurut gw ga terlupakan, ya.. liga SMA ini.

18 September 2011 - Posted by | Jejak Harian

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s