Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Drive Thru SAMSAT

Drive thru makanan? pernah,

Drive thru ATM? Sering,

Drive thru SAMSAT? hee apaan tuh?

Adalah sebuah layanan yang dihadirkan oleh SAMSAT untuk keperluan pembayaran pajak kendaraan disetiap tahunnya. Yang menurut gw kreatif sekali. Walau layanan ini telah berjalan selama beberapa tahun lalu, namun pribadi baru sekarang gw merasakan layanan ini. Pembayaran pajak kendaraan dengan metode Drive Thru.

Gw mencoba layanan ini dengan menggunakan sepeda motor, karena hanya motor gw yang mau habis masa berlaku pajak tahunannya. Gw datang ke Drive Thru ini, disitu ada dua jalur. Untuk mobil dan untuk motor. Awalnya gw mikir drive thru ini bisa untuk perpanjang STNK juga. Ehh ternyata belum. hehehe bertahap mungkin ya. Gw datang dan gw disapa dengan ramah oleh petugas disana. Gw diminta stnk + pajak asli, bpkb motor asli dan ktp. Gw serahkan semuanya, dan petugas tersebut segera memprosesnya. Lalu gw bayar sejumlah pajak motor gw. Dan gw disuruh ke loket dibelakangnya.

Loket Penyerahan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Loket Penyerahan dan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Sambil menunggu gw melihat bagaimana proses drive thru ini bekerja. Dari luar jendela gw bisa lihat, bahwa ruangan drive thru itu terdiri dari beberapa baris meja. Diantara beberapa meja tersebut ada printer, yang pribadi gw sendiri susah mengenali jenis printer tersebut. “Printer khusus kah?” celetug gw. Tapi sepertinya ga mungkin. Disitu juga gw melihat validasi berkas gw, dari satu meja ke meja berikutnya. Termasuk pas sampe di meja yg ada printer khusus itu. Setelah diprint, dokumen gw diserahkan ke meja belakangnya. Ga terlalu kelihatan apa yang dilakukan di meja tersebut, namun sekitar dua menit kemudian tu berkas dah nongol di meja yang ada disebelah gw, alias loket pengambilan. ktp dan bpkb gw dikembalikan serta STNK yang telah tercetak lembar pajak kendaraan bermotor yang baru. Woww..

Proses tersebut nurut gw jauh lebih cepat dibandingkan jika mengisi formulir dll, dibandingkan jika tidak menggunakan fasilitas drive thru ini. Luar biasa inovasi drive thru ini. Dan terlebih : gw ga perlu turun dari motor. Hehhehe. Di jalur sebelah juga sama, ada 3 mobil yang sedang dilayani pengurusan pembayaran pajak kendaraan bermotornya. Bener2 luar biasa. Gw jadi ingat jaman tahun 2004 lalu, pas itu gw harus mengisi formulir, pemrosesan termasuk pembayaran memakan waktu lama (sekitar 2 jam), tapi drive thru ini ga lebih dari 15 menit. Selain drive thru inovasi lainnya yang sudah berjalan untuk lebih dekat dengan masyarakat seperti dibukanya tempat layanan SAMSAT di mall – mall dan pusat perbelanjaan.  Benar – benar sangat membantu. emg lagi nge tren ya customer centricity😆 .

Tempat gw nunggu pajak kendaraan diproses

Jalur Motor

Semoga kedepannya, drive thru ini juga bs digunakan untuk perpanjang STNK bahkan sampai mutasi maupun balik nama kendaraan. Sedangkan untuk pembayaran pajak kendaraan, gw mengharapkan kedepannya bisa perpanjang online aja, jadi bayarnya kan tinggal lewat internet banking😛 *dasar malas gerak*.

14 September 2011 - Posted by | Jejak Harian

No comments yet.

Leave a Reply

