Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Bye flock

flock

Pernah tau/denger tentang browser Flock? Itu adalah browser yang gw temuin secara ga sengaja di internet awal 2009 lalu. Browser yang sekilas lugu ini ternyata emang lugu.Ga bisa diapa2in. Terus ngapain didownload? Gw jatuh hati sama foto2 di official website-nya flock. Foto orang2 yang terlibat dalam membentuk indahnya pelangi komunitas dan yg bisa didapat dari situ. Dari alasan ngaco sederhana itu gw download browser-nya dengan harapan ni browser bisa mempermudah dunia sosialisasi gw, lalu gw install didalam laptop dan menjalankannya. Pas jaman dulu, flock memakai engine Mozilla (yup it’s the same code that used to build firefox) dan bisa install add-onsnya firefox juga walau ga seluas firefox. Si rubah api itu kan nurut gw unlimited mau diarahkan jadi browser apa. Dari browsing, developing, testing, socialnetwork, music, dll. Nahh klo flock itu fokus ke satu hal : social network. Ga perlu install add-ons segala krn dah built-in tuk handle semuanya (Kecuali untuk meningkatkan security baru perlu install add-ons di flock).

Pertama kali gw pake flock gw bingung cara pakainya, terutama ada beberapa tombol yg ga familiar apa dan fungsinya. Krn gw lg males baca dokumentasinya mending gw coba langsung aja. Dan setelah klik sana klik sini akhirnya gw tau fungsinya.

  • My World : Ni semacam home-nya di flock, klo pengguna firefox home defaultnya kan si google yg ada kotak firefox-nya nah klo flock ini berisi tentang dunia sosiallisasi sang pengguna. Seperti tweet update/rss/facebook update semua dalam satu tab home ini. My world ini bentuk dan konsepnya sama kaya tweetdeck for desktop. Bedanya home ini ada didlm browser (kecuali tweetdeck buat chrome).
  • People : Yup dari banyak tombol disitu inilah fitur yg selalu gw pake. Dari sisi inilah gw selalu track “kalian2” ngapain aja. Hahahaa.. Dan dari sinilah gw selalu RT tweet yg ada. Termasuk untuk share gambar unik di internet, tinggal drag gambarnya ke salah satu orang yg kita mau kirim  di sidebar (fb) dan otomatis langsung keluar new message beserta gambar yang ada. Send.. udah deh.
  • Media : Ni fitur kaya add-onsnya Cooliris di firefox. Buat view gambar. Jadi misalnya kita membuka halaman facebook orang lain lalu diklik tombol Media ini, maka akan tampil semua foto2 didalam album si orang tersebut. Simple kan?!
  • RSS : Di flock inilah gw monitor semua rss gw, termasuk mantau si blog gw ini klo2 ada yg kasih comment😆 .
  • Mail : Nahh ini nih buat handle segala email, walau ga sekomplit kaya email client but heyy cukuplah buat tau klo ada email masuk (sisi lain bedanya dibanding pake email-client, ga perlu download segala klo ada email baru).
  • Favorites : Ni sama kok kaya favorite disemua browser pada umumnya, ga ada yg berbeda atau unique.
  • Account and Service : Ni buat handle semua account login yang terhubung dengan flock. Kaya twitter, fb, flickr, wordpress, dll. Klo mau detach account yg ada hubungannya dengan flock. Ya disini bagiannya.
  • Clipboards : Nah ini fungsi buat nyimpan media. yg sering sh gw pake buat store foto2 yg gw nemu ga sengaja di internet, dr clipboard ini gw share ke temen2 gw di fb. fungsinya sama kok kaya office clipboard cuma yg ini ga perlu copy paste tapi cukup ‘drag-n-drop’ aja. (analogi lainny sh klo pernah pake picky bucket, prinsipnya sama kaya itu cuma ini didalam browser).
  • Blog editor : Yoiiii.. inilah yang handle wordpress gw. Tempat gw mengetik dan menceritakan segala sesuatu pasti dari sini. Misalnya gw lg dapat ide mau nulis apa tiba2, langsung gw klik deh dan mengetik seperlunya. Menambahkan gambar dsb. Dari sini sh bs langsung publish ke wordpress dan ke facebook. Tapi gw lebih milih publish lewat wordpress langsung. Alesannya? Pertama final review and quick editing, siapa yg jamin wordpress ga berubah pas gw mw published. Tiba2 perubahan di API wordpress apa ga si flock jd useless. Klo wordpress berubah, kan butuh waktu buat flock tuk menyesuaikan perbaikan sana sini. Mencegah lebih baik drpd memperbaiki. Jd yg pasti2 aj deh. hehehe. Jd gw buka wp cuma tuk review akhir aja dan edit tanda baca tapi untuk menulis pencurahan ide kalimat cerita dsb tu dr flock. Alasan kedua? Biasaa.. Eksistensi jejak bruang hanya boleh diketahui oleh orang2 tertentu, yaa kalian semua tentunya (jiaahh mulai lg deh alasan ngaco gw).
  • Photo uploader : Ni buat handle uplot menguplot, fungsinya sama kaya upload photo manager yg bedanya bisa pararel kerjanya. Jadi klo mau uplot foto ke fb dan ke flickr dlm waktu bersamaan bisa koq (ehh btw foto di flickr gw banyak yg gw hapus, soalnya sering ad yg ngamuk.fufu.. Ntar dh gw isi ulang). Oia banyak media yg disupport sama flock. Jadi uplot ga cuma bs ke fb/flickr doank.

Yup 10 Fitur built-in flock itulah yang membuat gw suka pake flock. Awal 2011 kemarin gw baru tau flock udah ada yang versi 3.0 dan dikasih nama dengan New Flock. Pas gw coba install, ada dua hal yang bikin gw kaget. Pertama: media, photo uploader, clipboards, blog editor tu ilang. Jadi flock yang baru bener2 fokus hanya ke fb, twitter dan RSS doank. Tampilan sih good cuma yg gw perlu udh ga ada. Kedua, flock ga lagi under Mozilla tapi under Chrome (pantesan aja GUI-nya mirip Chrome). tapi don’t judge the book by its cover kan?! ya udh gw cobain dulu. Setelah testing 3 jam akhirnya gw uninstall flock yang baru, krn fungsionalitasnya tidak seluas keindahannya. Lalu kembali gw pake 2.6 ini. Oia, flock dulu pernah ada masalah lhoo krn API facebook ganti dan pihak flock tidak dapat notifikasi dr facebook, jd yang biasanya people sidebar berisi status update. Sekarang malah ga ada sama sekali update-nya, cuma tanggal itu aja. Dan ini sempat menjadi heboh dunia komunitas flock. Sekitar 2 minggu kemudian update tuk flock muncul baik versi 2.6 dan 3.0, setelah itu normal2 aja gw browsing dan exist didunia sosialisasi gw. Sampai satu waktu pas gw lg browsing tiba2 ada update flock terakhir beserta pesan yang memberitahu flock akan diberhentikan. Lalu gw buka official website mereka dan bener dnk, mereka nge-shutdown flock project Crying face .

Hari ini, udah hampir dua bulan dari tanggal gw dapat notifikasi tersebut, gw export semua bookmark lokal gw (selain bookmark del.lici.ous) dan dipindahkan ke ff, gw export semua rss gw dan dipindahkan ke thunderbird (br gw install buat ganti si live mail), tweetdeck buat handle twitter/fb, dan wlw buat handle wordpress gw……..

——–

Dear Flock,

You’re my best browser I ever had to handle all of my social network world.
You helped me out uploading photo to facebook and flickr, RT my twitter, Update my wordpress, share anything I found on web with my friends in facebook, manage my RSS, and email notification so I can track any new incoming mail while I’m browsing the internet. Back there in 2009, I remember the first time I’m using you is make me headache because you have so many buttons on people side bar. But then I realize how powerful you are.

Even when the flock 3.0 was born, I’m still using 2.6 because I need blog editor and media. But when I read the notification that flock is no longer update. I think that only the version 2.6 discontinued. But the new version 3.0 is also discontinued. Right now I’m using separate software to handle my social network, RSS, email, and blog editor. Today is the day I remove you from my laptop. I really had a good time hanging out with you for these last two years. Once again: You’re my "all-in-one" best browser I ever had.

Thank you.

22 May 2011 - Posted by | Jejak Harian

3 Comments »

  1. Where are you now Mr. Bear…?😦

    Comment by Erlin | 23 August 2012 | Reply

    • Oiii.. ada kok, biasa sibuk menyibukan diri😆

      Comment by Bear Bear Bear | 28 September 2012 | Reply

  2. Howdy! Do you know if they make any plugins to help
    with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good gains. If you know of any please share. Appreciate it!

    Comment by Pabrikhelmcustom.Com | 15 June 2013 | Reply


Leave a Reply

