Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Astra International

Ceritanya sih gini.. pagi tadi pas gw mau lari pagi (yiuu tumbeen), gw liat bb gw klap klip.. *ohh paling iklan*, pas gw baca undangan psikotes Astra International tanggal 5 jam 12:00 siang di Aula Timur ITB. “siiipp..” sahut gw dan gw pun meluncur keluar, setelah gw pake running shoes gw, lengkap dengan stelan sport andalan, gw pun memakai jam tangan. Baru pemanasan kecil, gw langsung liat lagi jam tangan gw. Hari ini tanggal 5. Heeeee…. Tu sms dikirim jam 2 pagi (wow.. rajin y), saat gw terlelap lugu tidur sempurna. Semenjak tempatnya di Aula timur a.k.a kampus gw sendiri. santaaii.. ga perlu repot2 (ga kaya klo harus tes di jkt, misal tes-nya siang gw udah harus cabs setidakny jam 8 pagi ini). Lalu setelah olahraga pagi, makan dan tidur bentar gw pun cabs ke kampus gw itu.

Siang hari gw nyampe, buset kenapa banyak bangeeet orangnya.. dan gw pun hanya melirik kiri kanan dan berkesimpulan “Ga ada yang gw kenal”. Lalu gw duduk manis disitu, tiba2 ada yang nyamperin gw dengan menanyakan “Mas toilet dimana ya?”, lalu gw jawab “ohh ga ada toilet disini, ditahan aja ya”. Hahahah itu si passan salah satu temen gw di Unpar (Universitas Parahyangan) Bandung. Ternyata dia ikutan perekrutan astra juga toh. Tiba2 ada yang keluar dari aula menempelkan pengumuman. Tesnya ditunda ampe jam 12.30 setengah jam dari jadwal semula. Ya udah gw ngobrol2 panjang, setelah itu baru yang didalam Aula keluar (ohh.. ternyata ada sesi tes pagi toh). Lalu kita dipersilahkan duduk, gw dan temen gw ambil baris paling kiri (gw dapat sebelah tiang penyangga dan entah kenapa gw selalu mengagumi arsitektur aula timur ini.. klo diperhatikan dari penyangganya.. Yiuuu mulai dh keluar jalur cita2 jd arsitektur yg ga akan pernah kesampaian). Lalu seperti biasa sebelum tes pasti ada presentasi company profile terlebih dahulu.

Gw sebenernya ga tau Astra International itu seperti apa.. yg gw tau astra itu identik dengan kepemilikan kendaraan bermotor. Lalu dijelaskanlah, klo Astra International itu yang membawahi semua group2 astra. kaya Toyota Astra, Honda Astra (namanya mirip ama motor bebek gw dulu: honda astrea <– pkbr y tu motor), terus ada Astra finance, dan lainnya kaya untuk IT tu namanya AgIT (iyeee.. gw ngincer tempat kerja elu Azadi Dicky Suwono). Nahh nanti orang yg dari Astra International ini akan ditempatkan sesuai dengan group2 yang cocok dia bekerja. Setelah perkenalan singkat itu kita jg diberitahu klo nanti ga lolos, selama setahun ga akan bisa apply Astra International lagi. Tapi klo mau langsung apply ke astra groupny diperbolehkan. Hoo.. sahut gw. Sisanya sih dari presentasi company profile itu lebih ke arah promosi sh klo menurut gw. Kaya kepemilikan sepeda motor silahkan menggunakan honda astra, termasuk jika ingin merasakan bank dengan kualitas astra? silahkan menabung di bank permata. Jika nanti kerja di Astra payroll kita semua di Bank Permata (hahaha Octay!! bank tmpt kerja elu disebut2 nih).

Peserta Tes Astra

Lalu sesi tes pun dimulai, setiap peserta diberi no peserta dengan cara berhitung itu (kaya kmrn gw tes di Caterpillar). Dan dimulai dari baris gw. Gw dapat no 8 temen gw dapat no 10. Dan panjaang sekali nunggu ampe itungan beres, 200 berapa gt terakhirnya. Btw semenjak tesnya di aula gede, pengawasnya cuma beberapa orang dan berdiri didepan, gw ada di spot paling pojok kiri. Berarti artinya gw bs dokumentasi disini.. hehehehehe…

Inget yee gw dokumentasi tuk memberi gambaran aja, bukan maksud lain. Klo ga bs terima alasan gw knp gw mw dokumentasi tolong jangan dibaca posting-an ini😉 .

Saat lembar tes dibagikan gw kaget kenapa lembar jawabanny banyak sekali, padahal bukuny tesny cuma satu. Ohh ternyata ada banyak sesi pertanyaan didalamnya. Setelah setiap sesi pertanyaan selesai, maka peserta tes harus mengumpulkan hanya lembar jawaban sesi itu saja (buku soal tidak dikumpulkan).

Tes Tahap Pertama

Word Meaning: Yaitu menemukan kata yang tidak memiliki kesamaan tapi kata ny diacak (bhs gw di-encrypt). Contohnya (a) kangbu (b) jema (c) mareli (d) bilom (e) imepatturdt, –> setelah di-decrypt menjadi : (a) bangku (b) meja (c) lemari (d) mobil (e) tempattidur –> analisis mana yang tdk memiliki kesamaan: jawabanny (d) mobil.

Word Fluenvy: Memiliki hubungan kata terdekat. Contohnya Roda : Listrik = Putar : Kursi.

Verbal Reasoning: Dua pernyataan jika kedua pernyataan benar = jwb (a), jika kedua penyataan salah = jwb (b) dan jika kedua penyataan tersebut tidak dapat ditentukan benar atau salah maka jawab (c). Contoh: (pernyatan 1) Kucing memiliki ekor dan kucing mamalia, (pernyataan 2) beberapa mamalia tidak memiliki ekor –> maka jawabanny adalah (a).

Verbal Analisis: Berisi mengenai sejumlah informasi dimana kita harus memilih salah satu alternatif yang tersedia. Contohnya ada 4 pot berwarna merah, kuning, hijau dan biru. Pot warna merah tidak bersebelahan dengan kuning dan pot warna hijau tidak bersebelahan dengan merah. Maka alternatif penyusunan yg memungkinkan adalah : (c) Merah biru kuning hijau (pilihan jawaban tersedia di buku soal).

Number Series: Soal deret baik aritmatika dan deret geometri.

Figure Reasoning: Mencari bayangan cermin dari gambar soal yang ditentukan, contoh sederhanany sh gambar soalnya tangan kiri, dari 5 jawaban tersebut mana gambar yang bayangan cermin dari tangan kiri kita (yaitu tangan kanan). Gambar kelima jawabanny itu tidak akan sejajar dengan gambar soal alias gambar kelima jawabanny diputar putar dengan beragam posisi.

Spatial Reasoning: Bangun kubus yang jika dibangun/saling ditempel akan membentuk kubus seperti apa. Sederhanany sh klo ada kubus dari kertas terus kita buka tu kubus, kan mirip TTS tuh  ada kotak yg mendatar ada yang menurun (setelah dibongkar). Gambar pertanyaanny seperti TTS itu, jawabanny ada 5 kubus dengan corak berbeda2. Nahh ini soal yg paling gw demen dari dulu karena otak gw tokcer disini (kyny emg otak gw ada chip nVidia deh : manteb otak gw rendering-nya).

Verbal Memory: Nahh ini nihh yang harus dihapalkan dalam 5 menit, jadi kita dikasih lembar untuk menghapalkan nama2 beserta informasi yg terkait dengan nama2 tersebut. lalu nanti lembarnya dibalik dan ada soal pertanyaan seputar hapalan tersebut. Gw masih inget kok soalnya (bukan contoh soalny kali ini yg gw inget) krn gw paling ga bisa hapalan penuh (dari SD, gw mana pernah bisa kuat dihapalan — langganan tuh mata pelajaran sejarah dan biologi dapat nilai 5). Nih contoh lembar yang isinya harus diinget:

Nama= Nanda Rahmawati; Alamat =Jl Pukis salam no 35; Usia =20 tahun; Orang tua = Samsyudin dan Karen
Nama= Raymond Adhitia; Alamat =Jl Soekarno hatta no 45; Usia =29 tahun; Orang tua = Smith dan Lucy
Nama= Jaka Sutipra; Alamat =Jl Walayu III no 19; Usia =35 tahun; Orang tua = Adolf dan Maria

Dari tiga soal disitu ga mungkin gw hapalkan dalam waktu 5 menit, jd gw bikin aja pattern-ny. Contoh untuk alamat rumah Jl Pukis Salam 35 –> gw ingetnya kue pukis, Jl soekarno hatta –> gw ingetnya presiden RI dulu, Jl Walayu –> gw ingetnya “walaaahh..”. Dari persepsi gitu gw bikin polanya diotak gw menjadi:

Diare (dari Diapet NR alias Nanda Rahmawati); kue 35; 20; samsoe (syamsudin) kretek (karen)
Kambing (panggilan tmn kul gw dulu si Reymon);Presiden 45;30-1 (alias 29 tahun);SLR (tuk inget smith & lucy)
Japri (Jalur pribadi alias Jaka Sutipra); walaahhh.. 19;30+5; Mantan gw (Maria) Hitler (Adolf)

Lalu soalny ada dilembar baliknya dan ada 15 soal yang pertanyaannya seputar itu, seperti: Siapa yang tinggal di Jl. Soekarno hatta? siapa yang paling tua? apakah Istri Syamsudin adalah Maria? Siapa nama ayah Jaka Sutipra (si hitler lah😆 ). Yaa gitu cara gw menghapalkanny.. maklum krn gw dapat otak yg versi biasa aja. Btw dari cara itu nurut gw efektif lhoo buat orang2 kaya gw. Buktinya gw udah selesai mengerjakan saat sebelah gw garuk2 kepala. Hehehe..

Lalu buku soal ditarik kembali dan diganti dengan buku soal yang berikutnya begitu juga dengan lembar jawabannya. Setelah itu tes berikutnya dimulai.

Tes Tahap Kedua

Astra Personality Type Inventory: Ni tentang mana sih yang lebih menggambarkan diri kita, jadi ada dua pernyataan a dan b, kita disuruh milih salah satu dan tidak boleh kosong. Jika keduany tidak menggambarkan diri kita maka kita harus memaksakan memilih salah satu (yg rajin ikutan psikotes pasti tau nih).

Astra Work Interest Inventory: Memahami minat dalam pekerjaan. Inventory ini akan mempelihatkan jenis karir yang akan memuaskan bagi saudara. Disitu ada 5 kolom pilihan yang harus dipilih – STS (sangat tidak setuju) TS (tidak setuju) R (ragu – ragu) S (setuju) SS (sangat setuju). Contoh pertanyaanny : Ahli Astronomi, ya udh krn gw ga tau apa2 ttg bintang2 jd gw coret STS.

Setelah itu Buku soal dikumpulkan dan lembar jawaban dikembalikan. Pas liat jam tangan gw, ni tes selesai 3.35 pm, berarti tesny sekitar 2 jam setelah iklan diawal itu. Lalu kita diberitahu bahwa pengumuman jam 4 nanti (wow,, sekitar kurang dari 250 orang yg tes sore itu dan pengumumannya bakal dalam waktu setengah jam? gayaa). “Bagi yang lolos nanti langsung masuk kembali dan diharuskan memiliki pensil HB. Bagi yang tidak lolos kami dari Astra International mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran anda diseleksi penerimaan karyawan Astra” sahut si mba2 penyelenggara tes.

Sore itu gw nemenin temen gw anak unpar ini beli pensil HB di toko salman, lalu makan bentar. Pas lagi makan gitu, gw liat bb gw dan ada satu misscall. “Ohh paling kk gw yang kasih tau dah landing di indo” pikir gw, ternyata bukaann.. nomer Jakarta. Nomernya  021-5500-xx4. pas gw dial balik, ga bs dihubungi (buseet.. ni berarti telp yang pake priviledge itu.. ga sembarang no bs dial kesini) hueeee…. ini company manaaa yang (tampaknya) manggil gw!?! Ayo dooonk telp gw lagiii, whoever you are..

Pas balik ke aula timur, pengumuman udah ditempel.. Gw ga lolos. Heee… kenapa gw ga lolos. Tapi temen gw ini lolos. zzzz…. tapi entah knp aura gw lagi positif hari ini. Gw ga lolos bukan krn gw ga qualified, tp berdasarkan psikotes tadi, tampaknya gw ga cocok kerja di Astra International. Dasar pemikiranny? Simple koq, karena akhir2 ini gw rajiiiin banget ke rental PS3 buat tanding Winning Eleven 2011 (suka main WE juga? kapan2 kita tanding yuukk.. belum pernah liat kan tendangan kota kembang. hehehe) ama tmn2 gw yg notabene pecinta game juga. Tiap pemain bola punya karakteristik sendiri untuk masing2 posisi dilapangan. Ga mungkin donk penyerang ditempatkan sebagai kiper atau bek (pemain belakang). Makany disitu gw mikir dengan ringan,,, ohh astra lagi butuh bek, sedangkan gw striker. ya ga cucok laahh:mrgreen: .

Btw selama gw ngeblog ini deh tulisan gw ttg tes pekerjaan yang paling detil, komplit dan ada fotonya (tesny di aula yang banyak pesertanya dengan pengawas yang sedikit, gmn cara gw bs berhentiin tangan gw tuk ga ambil gambar pake kamera hp). Mari bersama2 bilang : PERTAMAX !!! Alhamdulillah ada cerita perekrutan yg detil. Balik ke ni cerita, gw cabut setelah gw pamit ama temen Unpar gw ini. Btw ngomongin unpar, gw kan anak Unpar juga.. Ga percaya?? nihh foto yang diambil dr temen gw ini jaman duluuu banget gw kul S1 dan baru sekarang dy kasih ke gw😆 :

Bear @ Unpar

 

 

 

5 April 2011 - Posted by | Jejak Karir

10 Comments »

  1. woi bear… ini toh loe nanya2,…wkkkkkk
    diem2 aje…

    btw bener tu kata loe.. emang mereka lebih nge liat Psikotest dan karakter orangnya kok,… nih di sini test buat penerimaan pegawai tetap,.. yang keterima bukan orang2 yang jago2 tapi orang dengan krakter dan keperibadian yang mereka cari kok..😛
    kalo gw sih gak tahu kapan dapet kesempatan test pegawai tetap..😛

    Comment by http://azadidicky.blogspot.com/ | 26 April 2011 | Reply

    • Eheeiii.. ada orang AgIT nongol disini. hoo jadi bener dc emang diliat dari karakternya apakah sesuai standar mereka atau engga, pantesan aja gw ga lulus *hikss..* Ehh kapan nihh kita tanding WE lagi?! gw dah jago lhoo..😈

      Gw tau kenapa elu belum test pegawai tetap: “elu sibuk pacaran siiihh..”😆

      Comment by bruangku | 26 April 2011 | Reply

  2. zzz.. test pegawai tetapnya emang tergantung jatah per Divisi bear…

    Comment by http://azadidicky.blogspot.com/ | 27 April 2011 | Reply

    • Ohhh.. kirain.. hehehe maap2!! Moga2 lu cepat jadi pegawai tetap y, amiiiin..

      Btw, klo AgIT ada opening position.. pliiiss tarik gw masuk dwooongg dc:mrgreen:

      Comment by bruangku | 27 April 2011 | Reply

  3. Ditunggu tulisan selanjtunya.. wakaka

    Comment by aya | 14 October 2012 | Reply

    • Siapppp!!

      Comment by Bear Bear Bear | 19 October 2012 | Reply

  4. berguna bngt bos.. ane juli mw test astra international hehe thx..

    Comment by josh | 25 June 2013 | Reply

  5. thank you bangettttt. infonya sangat sangat berguna😀 salam satu almamater hehehe

    Comment by thaiaiaoo | 5 March 2016 | Reply

  6. makasi bos

    Comment by fiqi | 28 April 2016 | Reply

  7. pengalaman yang sangat berharga bagi yang ingin mengikuti psikotes di Astra. terima kasih

    Comment by Contoh Soal Psikotes | 3 October 2016 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s