Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Xlence Aprentice Program

elu: Hmm.. bear koq kaya dejavu baca judulnya..
gw: bukan dejavu tp emang bener koq, postingan ini kan (klik deh) maksud lo !??
elu: Kok…????

Hehehehe iyeeeee.. gw tau yg ada dipikiran kalian,, “Nge apply lagi??”, walau dulu gw diterima sebagai permanent staff tapi kan ga bs gw ambil krn gw masih kuliah dulu. Dan bodohnya gw lagi, knp gw ga minta contact person y pas tahun kmrn. Jadi skrg nyobain lagi deehhh.. nge apply Xlence Aprentice Program – PT XL Axiata Tbk. Biarin atuhh mumpung gw masih punya kesempatan tuk ikutan tes sana sini. Biarkan bruang atu ini berkembang😆 .

Cerita awalny sh gini.. pas senin kmrn gw mw pinjem buku diperpus sekilas gw liat poster ada career day wiken ini. Titian Karir ITB judulny. Gratis koq. Ini baru jobfair, perusahaanny bagus2 n ga pake tiket masuk. Masa jobfair jd ladang bisnis jg dengan jualan tiket. Mending klo perusahaanny bagus2 ini malah biasa2 dan ga dipanggil2 lagi. Emang klo jobfair di ITB jujur dan jelas, dan ga pake bayar segala (Coba deh jobfair mana yg ada stan Shell selain ITB😛 ). Nahh ada jobfair berarti ada proses rekrutmen, klo ada proses rekrutmen berarti ada cerita buat blog gw kesempatan donk. Ya udh deh hari jumatny gw datang dan gw apply sana kemari. Salah satunya si XL ini. Cerita awalny gw nanya ke mereka klo dahulu pernah diterima tp ga diambil bisa apply lagi ga? terus gw ditanya “koq ga diambil?” gw bilang gw masih kuliah, klo sekarang gw free cuma tesis aja yang masih belum gw kerjakan sedikitpun dalam proses. Pas gw ditanya “siap klo harus office day dan kadang harus masuk sabtu minggu?”, gw langsung jawab “siap”. Dan gw pun dipersilahkan mengisi data diri. Harusnya gw bawa copy cv (softcopy) cuma krn gw ga bawa gw cuma lampirkan alamat email aja. Besokny temen kul ITB gw sms nanya dapat undangan tes ga buat hari minggu? gw bales engga, gw ga di sms. “Belum aja kali” sambung dy. Disitu gw rada udah putus asa sih kenapa dy dipanggil gw engga. Bete banget, selang 5 menit kemudian mata gw yg lagi buka laptop melirik notifikasi email di tab browser gw. Pas gw buka email gw ternyata undanganny dari email. Alhamdulillah.. kirain gw ga lolos ternyata disini. setelah senyum2 sendiri gw mikir knp gw ga di sms?? awalany gw pikir khusus yg no-ny XL aja tp tmn gw ini no-ny kan Fren. Ohh berarti hanya beberapa orang yg dikirim sms sisanya di email (kasian amat yg jarang buka email, siapa tau dipanggil).

Tesnya hari minggu pagi, gw berangkat dari rumah jam 6.30 pagi, gw kira bakal macet ternyata gw mendarat di ITB jam 7 kurang. Alih2 gw mw tidur malah sakit perut jd gw ke kamar mandi umum dulu. Setelah itu gw balik ke mobil dan tidur bentar krn gw tesny jam 8 pagi. Ruangannya di CDC lt 2 (GKU timur). Terus gw ketemu temen gw dan kita naik keatas. Disitu ada daftar hadir, dan gw menandatanganinya. Lalu sekitar 10 menit kemudian gw masuk kedalam. Dan kebagian dibangku paling belakang. Duduk manis gw. ada persentasi perusahaan sebagai pembuka sebelum acara dimulai. Jadi ceritanya gini.. Xlence program sekarang tu 9 bulan masanya (tahun lalu cuma 6 bulan). untuk tahun ini ada 4 batch (4 kali rekrutmen), dan skrg batch kedua. Nahh yg hadir diruangan itu adalah mereka yg udah drop CV dari hari jumat ampe sabtu siang. Sisanya bakal diikutsertakan untuk akhir bulan april ini. Menurut persentasi tersebut, tes perekrutan ini ada beberapa tahap yaitu:

  1. Screening : proses seleksi berdasarkan CV yang masuk untuk undangan mengikuti tes.
  2. Tes Tahap I : Seputar psikotes dan bahasa inggris.
  3. Tes Tahap II : Studi kasus dan diskusi kelompok.
  4. Tes Tahap III : Interview User dan apaa gt gw lupa.
  5. Tes Tahap IV : Interview dengan kepala HR (klo ga salah y, gw lg sibuk baca TL twitter td)
  6. Final : Medical check dan ud bs mulai deh program XL ini.

Dari persentasi itu jg gw tau klo yang bakal masuk ke batch ke-2 ini maksimal 20 orang. Mereka bilang, klo mereka cuma bisa hire dibawah 20 orang jg gpp. Lalu karena banyak yg apply, skrg dibatasi usia maksimalnya. Klo S1 maksimal umur 23 klo S2 maksimal umur 25. Batch ke-2 ini akan mulai tanggal 6 juni 2011 nanti. Berdasarkan data batch pertama, CV yang masuk tu sekitar >1000, yang diundang untuk tes tu <300, yang diundang tuk diskusi kelompok tu <189, yg diundang tuk interview user tu <89 yg diundang tu interview kepala HR tu <26, dan yg join masuk ke Xlence Aprentice Program tu 12 orang. Wowww.. setelah pengenalan singkat tersebut kita dibagikan lembar isian form yg harus dilengkapi dan dikumpulkan diakhir tes. Jawaban menggunakan pensil, yang ga bawa pensil dipinjamkan koq ama pantia. Sekarang jam 9 tes diperkirakan selesai dalam waktu 3 jam jd sekitar jam 12 siang baru selesai. Setelah itu kita disuruh berhitung, gw kebagian no 51. Nomer ini yg dijadikan no tes dilembar isian. Setelah itu soal lembar jawaban dibagikan. Dilembar tersebut tertulis Gaia (Partner XL dlm proses rekrutmen ini). Lalu buku soal dibagikan dan diberikan penjelasan terlebih dahulu. Lalu setelah tidak ada pertanyaan tesny pun dimulai.

Tes 1: Personality test, yup ini tes tentang mana yang lebih sesuai dengan pilihan kita. Jadi klo jawabanny A ya B, intiny kita harus memilih walaupun kedua jawaban tersebut tidak sesuai dengan diri kita tapi harus tetap pilih salah satu (ga boleh kosong).

Tes 2: Ability test, Sumpahh seumur idup gw tes perekrutan gw baru nemu tes seperti ini. Ability test gw kirain kemampuan dalam hal itung2an tapi pas gw buka. Itu tes kemampuan me-manage. Intinya kita jadi kaya Head suatu dept dimana harus mengambil keputusan. Soal2-nya menarik sekali, dari kita harus melakukan assignment siapa saja orang2ny yang qualified berdasarkan informasi karakteristrik masing2 tuk suatu proyek, analisis kesalahan, strategi yang harus dilakukan berdasarkan dua pie chart data (diprint warna bo diatas kertas HVS 80 gram), analisis karyawan yg sering cuti/sering sakit/yg menjanjikan bs datang pagi dari record absensi karyawan, dan menentukan pada bulan apa profit paling menguntungkan dalam setahun dari grafik penjualan. Bener2 berasa bos banget deehh.. sekilas gw lupa klo itu adalah tes, sekilas gw berasa Member of Board of Director ginii.. huahahahaha.

Tes 3: Personality characteristic test, halaahh.. koq tes personality lg (ngomongin personality jd pengen pizza hut yg personal).. Intinya hampir sama dengan yang tes 1, disuruh pilih salah satu. Yang beda cuma klo tes 1 lembar isianny bagus, bukunya bagus. Tapi tes 3 ini lembar isian dan bukunya fotocopy. Penghematan kali yak.. hehehe

Tes 4: English test, Pas gw buka buku tes bahasa inggris ini, kenapa fotocopy?? kan ada listening dan kita harus liat gambar. Ini burem item ga jelas gini gmn mw kasih tau gambar apa. Terus panitia menyiapkan serangkaian gambar didepan (slideshow), “Cocoook.. baru kan enak” pikir gw. Dan pas gw liat gambar pertamanya, itu adalah kapal kargo warna merah. Dan gw langsung ingeet.. ini buku tes yang samaa dengan yg tahun lalu gw tes di Mega kuningan. Isinya ada listening, structure dan reading. Cuma pas disana gw dapat buku tes aslinya, bukan fotocopy-an gini. Ehh bener aja, pas gw baca reading-nya ada cerita tentang peluncuran satelit😆 .

Tes XL

Setelah itu kita dipersilahkan keluar, pengumuman akan ditempel sejam lagi. Pas keluar kita mengembalikan form isian yg dikasih awal (pengalaman gw sh ni form isian nanti dipake buat interview user klo lolos) yang bawa CV dilampirkan dengan form isian itu. Harusny CVnya dalam bentuk softcopy cuma krn banyak yg ngeprint jd dibiarkan saja dikumpulkan. Pribadi sih nurut gw yg pernah ikutan seleksi tahun kemarin, tes XL kali ini lebih simple dibanding tahun kmrn. Buktinya ga ada tes si lembar Pauli dan tes khusus tentang teknis IT (klik deh: tes XL gw yg pertama), waktuny jg lebih cepat sejam. Ringan deh tes yg sekarang. Pas keluar gw ama tmn gw ini cuma cari makan aja. Sejam kemudian nama orang2 yang lolos udah ditempel. Nama2 yg lolos untuk ikutan diskusi kelompok. Temen gw ada, tapi nama gw ga ada…

Lahhh.. koq gw ga lolos?? Padahal tes td ga ada hambatan dan layak tuk masuk tes berikutnya. Tapii kenapa ga lolos. Hiks hiks.. Disitu sh gw cuma mikir positif aja. Berarti memang ini belum jalan gw. Btw banyak yg ga lolos lho. Klo nurut temen gw ini, diskusi kelompok ialah serangkaian orang yg memiliki beragam “pola” karakteristik digabungkan, dari situ dinilai keterikatan, kesesuaian dan responsi setiap individu (dasar anak S2, suka bikin teori sendiri). Disitu gw cuma bilang “background education elu ap atau dasarnya apa elu ngomong itu?”, nyengir dy bilang “IT… hehehe ga ada dasar”, ” tu kn opini elu aja kecuali klo elu dr psikolog atau elu tau dari siapa yg orangnya jelas baru gw terima” sambung gw. Gw meninggalkan tempat tes tersebut dengan berat hati sihh. Di pengumuman itu ada tulisan: “Bagi yg tidak lolos kemungkinan akan diproses di Jakarta” dan bagi kebanyakan orang tulisan tersebut adalah harapan, bagi gw yang namany ga lolos tetep wee ga lolos. Tapi sekilas ada benernya jg sh knp harus diproses di Jkt. Keterbatasan ruangan dan waktu kali ya. Sejam kemudian temen gw ini ikutan diskusi kelompok, dan baru sekitar 2 jam kemudian dia keluar (pas dy masuk ruangan gw makan lagi buat tes ntar sore). Dari cerita dy sh, cuma ditanya studi kasus, tuk kelompok dy, ditanya: “Ide apa yang bisa dikasih ke RIM (black’bear’y) untuk membantu meningkatkan layanan XL”. Temen gw ini ga pake bb, rada bingung. Jd jawab dy ala kadar standarnya dehh. Pengumuman dari diskusi kelompok ini akan diberitahu dalam 2 minggu kedepan. Klo yg belum lolos tunggu aj dipanggilnya kapan, klo ampe akhir bulan depan belum dipanggil berarti emang ga lolos.

“Woiiii.. XL !! gw dah hampir beres nii S2-nya.. terima gw lagii dwooooooooooooooonnkkk…..”

 

 

 

3 April 2011 - Posted by | Jejak Karir

9 Comments »

  1. Salam kenal mas bruang….😀
    Mau tanya ni,
    kira2 tanggal pengumuman yg lolos diskusi grup kapan ya?
    Soalny lg H2C…😀

    Comment by Rian | 18 May 2011 | Reply

    • Halo Rian,salam kenal jg.
      Kemarin ikutan jg y?

      Klo gw sendiri belum dipanggil2 tuh.. tp klo temen gw yg ikutan tesny bareng ditempat itu jg (yg sorenya dy lolos tuk ikutan diskusi grup tp gw ga lolos). Hari ini dy interview user di jkt.

      Tapi ntar klo ada kabar pasti di update kok:mrgreen:

      Comment by bruangku | 18 May 2011 | Reply

      • Iya mas, sy kmarin tesnya di ITS surabaya…
        Ini brusan dpet email klo sy lolos diskusi grup, trus dikasih jadwal klo bsok interview di XL srbya.

        Oh iya mas, menurut pengalaman mas,
        interview di XL itu pkai bahasa apa ya ?😀
        sy bsok dijadwalkan panel interview,
        (brarti yg ng-interview lbih dr 1 org ya mas ?)

        Comment by Rian | 19 May 2011

  2. Wahh selamat2.. syukurlah ada email panggilannya😀

    Interview? klo jaman dulu sih tuk pengenalan dirinya pakai bhs inggris, tp klo kesana2nya pakai bhs indonesia kok. Klo ga salah yg sekarang ada 3 kali interview kan (user, HR, dan satu lg yg lupa) <– (klo ga salah ya). Kayanya cuma satu org aja deh per-tahap interview-nya. Ntar dh coba ditanya ke temen yg ikutan interview kmrn prosesnya gmn skrg🙂

    Comment by bruangku | 19 May 2011 | Reply

    • Thanx mas,
      sy ngrasa kagum wktu baca artikelny mas yg ini : https://bruangku.wordpress.com/2010/04/14/xl-pro-part-2/
      Spertiny itu akan sya alami besok.😀

      Iya mas, bsok interview user jadwalny.
      klau lolos, bru ke HRD.

      Skali lg thanx bgt,
      Sukses utk mas bruang alias mas Taufiq Aribowo… (hehe)

      Smoga sy bsok bs mengikuti jejak mas yg pernah diterima disana… (Aminnn)
      :ngarep mode on😀

      Comment by Rian | 19 May 2011 | Reply

      • Hee.. tulisan ga jelas itu bikin kagum. justru saya yg terkagum2😳 . Syukur dh klo tu tulisan ada gunanya.

        Siip.. sukses jg mas bro, goodluck ya interviewnya,, worth it koq join XL jd pastikan diterima yaaa😉

        Comment by bruangku | 19 May 2011

  3. Halo mas TaufiQ,
    Alhamdulillah sya ketrima utk batch yg skrg….Total ada 14 ank yg ikut tes kesehatan, tpi blum tau brpa org yg lolos tes kesehatan kmarin…
    Mkasih bgt mas,
    blog ini nge-bantu bgt wktu saia interview user kmaren…🙂

    Comment by Rian | 31 May 2011 | Reply

    • Wooooww… selamat Rian !!
      Well done akhirnya masuk XL jugaa. Ohh gitu, paling nanti kali ya pas programnya udah berjalan, baru deh bs tau total berapa orang yg diterima. Ahahahaha.. kembali nih gw jd terkagum2 sendiri tulisan ga jelas disini ternyata ada manfaat dan bisa membantu😳 .

      Sekali lagi selamat yaaa, moga karirnya cepat naik, lingkungan kerjany selalu bagus, dpt kerja yang menantang dan bisa membawa XL menjadi provider GSM nomer satu di Indonesia mengalahkan si “provider Sule”. Amiiinnn…:mrgreen:

      Comment by bruangku | 31 May 2011 | Reply

      • Amiiin…
        Makasih mas
        Wooo…tulisanny mas emg ajaib,
        cz stelah baca, sy lgsung semangat ikutan…
        (hehe)
        mgkin lain cerita klo saia ndak baca tulisan anda….😀

        Sukses jg utk mas taufiq,
        Moga impiannya bs sgera tercapai.
        Amiinnn….

        Comment by Rian | 1 June 2011


Leave a Reply

