Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Djarum (DSO) – Part 3

1 minggu yg lalu :
mba: “Halo selamat siang, dengan Taufiq Aribowo?”
gw: “Iya bener”
mba: “Kami dari Djarum, ingin mengundang anda untuk interview user di hari senin jam 10 pagi, anda bersedia?”
gw: “Senin saya tidak bisa mba, kalo esoknya saja hari selasa bagaimana mba?”
gw: “Sebentar saya tanyakan dulu”

-akhir pembicaraan-

Yup gw akhirnya ditelp juga oleh Djarum setelah interview HR diakhir Januari kemarin itu. Sebenernya ada hampir sebulan akhirnya gw baru dapat ni telp (dari 2 minggu yang dijanjikan oleh HR), mungkin karena penjadwalan dengan user makanya lebih dari 2 minggu. Setengah jam kemudian telp gw berdering kembali,

mba: “Halo, kalo hari selasa tanggal 1 maret jam 10 bisa?”
gw: “Bisa mba”
mba: “Ya sudah jam 10 pagi hari selasa tanggal 1 maret ya”
gw: “Baik mba”
mba: “Oia, sekarang masih S2 ya? nanti kalo keterima kerja jadwalnya gimana?”
gw: “Ohh semester ini saya tidak ada kuliah mba, jadi saya bisa office hour full”
mba; “Baik kalo begitu, terima kasih”
-akhir pembicaraan-

Senin kemaren pagi (pas hari terakhir di bulan feb), gw ditelp lagi dengan mba yg dulu nelp gw kembali mengingatkan besok ada interview dengan user (baiknyaa.. gw diingetin) dan gw langsung menyanggupi bahwa gw bisa ikutan. Dan gw kembali buka catatan gw waktu si mba nelp dulu untuk melihat jadwal dan alamat tempat gw bakal diinterview user.

Interview user. 1 Maret 2011 jam 10:00 ketemu dengan ibu Tiara di Kantor Djarum, Jl. KS Tubun 2C No. 57, Slipi, Jakarta Barat, INDONESIA – 11410

Slipi?? Hee ada kantor yaa disana, dari dulu yang gw tau di Jl KS tubun itu cuma ada R.S. PELNI tapi kalo kantor, gw ga pernah tau ada. Dan lagian yang namanya Slipi pasti yang gw inget si Wisma Asia BCA itu😆, Nahh ceritanya nih ketimbang besok pagi gw nyasar, mending gw cek dulu aja dimana tempatnya pas malam hari. Oia gw dah di Jakarta dari tadi pagi, malamnya gw kesana cari tau dimanakah letak kantornya. Jl. KS Tubun 2C itu, ternyata jalannya masuk kedalam dari Jl. KS Tubun utama, patokanny untuk ke kantor Djarum di Slipi itu seperti ini:

Jika datang dari perempatan Slipi (yang macetnya minta ampun kalo pagi dan sore hari) kan ketemu RS PELNI tuh sebelah kiri, nahh itu maju dikit aja. Ga terlalu jauh dari situ ada Kimia Farma 24 jam (Ada papan namany kok yang kental dengan nuansa biru Kimia Farma), sebelah Kimia Farma itu ada jalan masuk, nahh masuk ke jalan tsb. Ketemu pertigaan pertama itu belok kanan, terus ketemu pertigaan kedua itu belok kiri. Nah dia sebelah kanan jalan, cari aja yang no 57. Awalnya gw ketemu kantor yang masih nuansa baru dibangun, gw kira itu kantornya tapi pas gw liat bangunanny kenapa no 8. Ternyata setelah kantor itu ada yang no 57. Disitu ga ada papan nama tulisan gede Djarum. Kalo datang dari BCA Wisma Asia, tu lurus aja nanti kantornya sebelah kanan cuma ga terlalu keliatan sih. Tadi gw dah buka wikimapia ternyata belum ada yang memplot map kantor Djarum di slipi ini. Pas gw coba nge-map ehh gw harus register. Pas gw dah register ehhh disuruh nunggu beberapa hari setelah register untuk bisa nge-map suatu tempat. Ntar yee 3 harian lagi gw buka wikimapia lagi, moga2 gw udah bisa nge-map lokasi kantor Djarum ini biar ada bayangan jelas letak kantor ini dimana.

Tadi pagi gw berangkat jam 7, dan menembus kemacetan Jakarta seperti pagi – pagi biasa di Jakarta. Gw baru nyampe sekitar jam 9an, lalu gw masuk kedalam kantornya. Btw kantor ini ada dua area, satu adalah area kantor penuh dengan mobil2 parkir, satu lagi tu penuh dengan atlet, dari gayany atlet bulutangkis. Gw langsung ngeh klo beasiswa Djarum untuk bulutangkis salah satunya disini tempatnya. Di pintu masuk lobby kantor ada stiker L.A Lights dan pas masuk resepsionisnya pake polo shirt Djarum yg gw suka itu. terus gw lapor ke resepsionis itu untuk bertemu dengan ibu Tiara, si mba2 di frontdesk langsung ngebilang “Dengan Taufiq Aribowo?”, “yup betul” sahut gw. Lalu gw disuruh menukarkan KTP dengan ID Tamu dan diminta menunggu sebentar. Setelah nunggu beberapa menit gw pun dipanggil dan dipersilahkan naik ke lt. 4, nahh yang lucu ni gw ga denger kalo gw harus naik ke lantai 4. Tapi gw malah masuk ruangan didepan resepsionis itu. Disitu ada 3 orang bapak2 pake jas. Pas gw duduk nunggu, gw disamper sama si resepsionisnya, dan dibilang ke lantai 4 bukan diruang tersebut. Ya udh gw langsung keluar, pas gw keluar si mba2ny bilang ke tiga orang bapak2 tersebut dengan “Maaf ya pak” sambil menutup pintu. Hee.. tadi tuh ruangan siapa? para BoD kali yaa.. hahaha (maaf pak saya ga tau), gw langsung naik lift ke lantai 4 dan ketemu satpam. Lalu gw sebut gw mau ketemu ibu Tiara dan gw disuruh nunggu dibangku sebelah satpam tersebut.

ID tamu

Sambil nunggu gw liat sekitar, dilantai 4 ini sebelah kiri tu area karyawan, dan sebelah kanan tu area atasan kali yaa.. karpet dan lampu peneranganny beda. Selang berapa waktu gw ketemu dengan si ibu Tiara, setelah berjabat tangan gw diminta untuk menunggu kembali disitu. Lalu sekitar 20 menit kemudian gw dibawa oleh ibu Tiara masuk ke ruang rapat (hee.. disini gw bakal di wawancara), gw ditawari minuman, karena AC ruanganny dingin dan gw rada haus, gw minta aja air putih anget. Lalu kembali gw diminta nunggu sebentar. “Usernya baru selesai rapat, sebentar ya” sahut bu Tiara, lalu gw liat kesekeliling ruangan rapat gede itu. Yang lucu sambil nunggu gw keluarin hp buat foto diruangan rapat, pas lagi selftimer tiba2 pintu dibuka, spontan gw ambil hp gw yang masih bunyi selftimer tersebut. Hahahhaa batal deh foto,, yang masuk bapak2 lalu gw berjabat tangan dan gw dipersilahkan duduk kembali.

“Sebentar ya.. kita tunggu yang lain datang” sahut si bapak tersebut. Heee?? gw di-interview oleh berapa orang ini? selang 5 menit kemudian muncul deh 2 orang bapak2 yang masuk kedalam ruangan. Woow.. 3 orang yang interview gw dan sesi wawancara dimulai dengan pembuka gw dipersilahkan untuk mengenalkan diri. Gw jelasin apapun tentang gw, termasuk minat dan hobi gw apa. Akhirnya gw pun ditanya2. Yang pertama sih gw ditanya, minat gw ada dibidang apa? Gw jelasin gw minat di bidang programming dan juga administrasi database, disitu gw diminta untuk memilih karena pilihan minat gw bakal dijadikan acuan untuk pertanyaan2 berikutnya (Jd inget interview Trans kemaren), beliau menjelaskan kalo di Djarum untuk IT ada 3 bidang:

  • Programming, seputar develop, upgrade, migrasi sistem.
  • Infrastruktur, seputar jaringan, perangkat keras (intinya backbone systems di PT Djarum ini).
  • Support, lebih kearah troubleshooting sih.

Minat gw tu sebenernya di Infrastruktur, cuma gw ga pernah ada pengalaman dibidang ini, jadi gw sebut aja programming. Lalu akhirnya gw ditanya2 gw udah bikin program apa saja dan pakai bahasa pemograman apa. Setelah panjang lebar gw jelasin si bapak itu nanya lagi “program apa yang yg pernah kmu bikin dalam skala besar?”, Waduuh.. skala besar yang dimaksud itu program yang dibikin dengan banyak orang (lebih dari 5) dan dalam waktu 6 bulan keatas. Gw mana pernah bikin yang sekompleks itu. Lalu gw menjawab klo gw pernah bikin dengan 3 orang dalam waktu 3 bulan. Dan tampakny penjelasan gw itu kurang memuaskan si bapak tersebut. Setelah kembali pertanyaan bertubi2 dari si bapak ini kembali gw ditanya kenapa gw ambil S2. Gw jelasin ada hal2 yang gw ga mengerti saat gw kuliah S1, dan gw diminta menjelaskan rinci pernyataan gw itu. Gw jelasin panjang lebaar.. intinya gw pengen tau manajerial IT di organisasi itu seperti apa. Lalu gw ditanya lagi oleh bapak yang kedua dan ketiga (yang akhirnya ikut bertanya ke gw) tapi cuma seputar kuliah saja, kaya tesis gw gimana, terus kapan rencana lulus, berkebratan ga office day masuk. Cuma sekedar itu. Tapi si bapak yang pertama ini killer banget sihh pertanyaannya. Dan kembali gw ditanya2 dan diacak2 oleh si bapak tersebut. Setelah bombardir pertanyaan, akhirnya si bapak pertama ini bilang gini “Sebenernya saya bingung, kmu itu power-nya dimana? Kmu bilang kmu suka dengan programming.. tapi seharusnya klo suka programming waktu kosong kmu pake buat coding tuk menghasilkan sesuatu. Tapi record kmu bilang kmu terakhir coding itu 2009, jadi setahun kemaren (2010) kmu ngapain aja???” Jleeeeebb… Aw,, sakiit kk !! dalam hati gw. Bener2 ngena banget dihati gw. Ya gw jelasin, 2010 itu gw pake buat penelitian, paper di ITB, jd ga bs coding. Cuma kembali gw dibilang “kan katany kmu suka coding, kenapa kmu malah ga pernah coding setahun itu, ibarat orang suka maen game aj.. Siang mereka kerja, tapi pas malamny mereka kn ga pernah absen dalam nge-game“, Huff.. he’s got the point!!, Dan gw senyum sambil mengiyakan statement bapak ini, otak gw aja bilang “valid” jd gw ga berargumen. Disitu si bapakny tetep geleng2 saja sambil menekankan klo dia bingung menempatkan gw dimana selain diprogramming. Lalu si bapak itu bilang “Nanti ada tes logic, dari situ mungkin kami dapat tau kmu cocokny dimana”. Yaa lalu menit2 berikutnya hanya seputar pertanyaan jika gw dipindahkan bukan diprogramming gw bersedia atau engga. Ya gw jawab aja iya, lalu gw ditanya tentang software testing, termasuk pendapat gw tentang pengertian kalimat “Apa itu Quality Assurance?” yaa gw jawab klo itu adalah serangkaian langkah untuk memastikan dan mengevaluasi “cara” agar dapat tercapai standar minimum kelulusan. Walau dalam dunia nyatanya QA tidak jaminan bahwa kualitas produk yang dihasilkan baik. Setelah gw jawab itu gw dipersilahkan bertanya. Ya udah gw tanya aja pertanyaan standar klo IT di  Djarum kantornya disini saja y? Dan si bapak mengiyakan sambil menambahkan, “kita memang untuk kantor IT disetiap kota2 besar ada seperti Surabaya, Semarang, dll” (gw jd inget si ibu HR yang ngeinterview gw klo Djarum masih tersebar kantor ITnya, belum terpusat disatu kantor, satu kota). Terus gw tanya lagi tentang sistem yang dipakai disini, untuk build sistem mereka pake .NET dan Java, java yg digunakan si Java Server (J2EE) hmm.. pantesan aja skill gw ga dianggep, mereka server-side programming bukan client-side. Kl ada yang megang sertifikasi Sun untuk J2EE pasti langsung diterima disini. Soalnya setelah gw tanya2 lagi, Djarum ini sedang ada proses migrasi sistem besar2an, mereka pengen semua sistem IT-ny Djarum jadi satu. Saat ini mereka masih pake .NET, dan migrasinya mau diconvert ke Java. Ckckck jd inget Citi yg juga migrasi besar2an kemaren, emang bener IT itu harusnya terpusat (centralized) bukan tersebar. Akhirnya setelah tidak ada pertanyaan dari gw si bapak2 tersebut keluar dari ruangan. Dan kembali gw harus nunggu untuk tes berikutnya (ditelp sh dibilangny technical tes tp krn gw diruang rapat yang ga ada komputer kayany tes tertulis deh).

Ehh bener aja, selang 5 menit kemudian ibu Tiara masuk dan membawakan kertas berisi pertanyaan2. Tes logic judulnya, jumlahnya gw lupa tapi ada 6 lembar. Dan pertanyaan dalam bahasa inggris semua (kembali gw setuju jaman sekarang english is a must!), waktunya sejam.. lalu gw jawab dehh.. seputar logika aja.. klo 1 orang bisa menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 14 hari, berapa orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 2 hari? seputar itulahh.. lalu setelah satu jam lewat gw dah selesai. tapi bu Tiara belum masuk ke ruangan rapat gede itu. Gw nunggu ajaa.. baru sekitar setengah jam kemudian (jam 12 siang) gw keluar ruangan mencari bu Tiara. Pas gw tanya ke satpam, si bapak tersebut bilang kayany bu Tiara makan siang deh. Jiaaahhh gw ditinggal makan siang, dan gw dipersilahkan kembali menunggu diruang rapat tersebut. Sebelum gw masuk kembali ke ruangan dingin itu gw ke toilet dulu. Lalu gw masuk kedalam dan mengisi gelas air minum gw dengan air panas. Untuk menghangatkan badan (gw ga nemu switch ACnya dimana, ruang rapat kn selalu bukan AC central).

Didalam ruangan tersebut, gw baru ngeh.. dimana2 ada asbak rokok termasuk tadi ditoiletnya ada asbak rokok nempel ke dinding (si merk TOTO itu), disitu gw baru tau.. culture bekerja dikantor yang produk utamanya rokok, ga ada larangan sama sekali ngerokok didalam kantor. Yaa namany juga perusahaan rokok, jd dari pas gw nunggu di lobby, pas gw salah masuk ruangan, pas gw nunggu sebelah satpam, ruang rapat tempat gw berada sekarang ini ampe toiletnya ada asbak semua. Pas gw nunggu td disebelah satpam ada orang yang keluar masuk sambil idup rokoknya (walaupun ga semua tapi ada satu dua orang), termasuk bapak2 kedua yang ngeinterview gw, masuk ke ruang rapat sambil ngerokok. Dan ventilasinya juga bagus, asapnya itu ga nyebar kemana2 tapi langsung masuk blower diatasnya. Jadi ga ninggalin bau rokok diruangan tersebut. Istilah lainnya saat kantor lain melarang merokok didalam kantor, disini hal seperti itu ga ada. Jadi para smokers yang ingin bekerja tapi tetap dapat merokok tanpa harus keluar gedung. Bekerjalah diperusahaan rokok. Hehehe. Suer lhoo.. gw pikir ga ada kantor yang memperbolehkan karyawanny merokok didalam gedung, tapi setelah gw datang ke Djarum ini gw baru tau kantor seperti itu ada.

Sekitar 10 menit sebelum tepat jam 1 siang, bu Tiara masuk dan meminta maaf tadi dia ada urusan dahulu. Lalu kertas tes gw diambil dan gw bakal dikabari dalam 2 minggu kedepan. Setelah gw berjabat tangan gw turun kebawah mengembalikan ID tamu gw itu dan keluar dari gedung Djarum. Btw.. pas tadi nunggu diruang rapat ketimbang gw bengong, gw foto aja diri gw sendiri diruang rapat. Hehehe itu kali yaa gaya gw rapat nanti klo gw diterima di Djarum ini :p.

Gaya Board of Director niihh :p

Dijalan keluar sebenerny interview tadi itu ‘kena’ banget d gw, iyayaa.. kenapa gw ga kepikiran klo gw mau masuk jd programmer harusny gw udah bikin banyak program (Iyee kembali gw mengiyakan gw telad nyadar saat orang2 lain sudah nyadar lama). Kembali gw menyadari klo kerja jadi ‘IT General‘ itu gampang, tapi klo mau jd ‘IT Specific‘.. susahnya minta ampuunn… setidakny gw tau apa yang gw bakal lakukan mulai besok dan seterusnya. Jakarta siang ini mendung, gw sukaa banget cuacanya.. dihari yang adem ini gw berjalan menuju arah gedung BCA Wisma Asia (alih2 gw naik metromini, karena cuacany bersahabat gw malah jalan kesana). Semenjak koridor 9 busway sudah aktif, gw mau nyoba busway dikoridor ini. Lalu gw naik jembatan penyebrangan yang gw lewati 2 tahun lalu pas gw tes di BCA. Setelah beli tiket dan masuk kedalam busway. Gw meninggalkan Slipi disiang hari nun sejuk itu.

Related links :
Djarum Super – Part #1
Djarum Super – Part #2
Djarum Super – Part #3
Djarum Super – Finale

 

 

 

1 March 2011 - Posted by | Jejak Karir

9 Comments »

  1. persis banget ky gw bro… gw jg waktu itu lamar IT.. dan pembantaian pun sama persis ga ada yg dikurangin dan dilebihin,,, persis sama kaya cerita lo..
    btw akhirnya gmn tuh?😀

    Comment by daniel hendra | 19 March 2012 | Reply

    • Ahahahah… embbeerrr… dibantai abieezz.. lanjutannya ada tuh di cerita terakhir, klik aja linknya diatas.
      btw gmn bro hasil tes kmrn2 itu? udh diterima di djarum?

      Comment by Bear Bear Bear | 20 July 2012 | Reply

  2. Klo ks Tubun 2c no 30 Slipi kantor apa? Pliss info my number 082348233344

    Comment by Puput | 17 July 2012 | Reply

    • waduhhh mba puput, jujur ya ga tau ada kantor apa disebelahnya..😆 liat diwikimapia aja.
      setau ak sh dekat situ ada kantor (bagus bangunannya baru gt) awalnya ak kira itu tempat tes djarum.
      ehhh ternyata beda. Mending datang langsung aja ketimbang penasaran😆

      Comment by Bear Bear Bear | 20 July 2012 | Reply

  3. Mas, Jl. KS Tubun 2c no. 8 itu persis disebelahnya gedung djarum ya? Saya besok ada keperluan kesana nih. hehe Mohon infonya..

    Comment by Shera | 4 December 2012 | Reply

    • Ohh yang no. 8 itu ga persis sebelahan dengan ged Djarum, tapi sejajaran dengan ged Djarum.
      Kantor kan itu? btw itu kantor apa ya? *msh penasaran*

      Comment by Bear Bear Bear | 14 December 2012 | Reply

  4. ga ada test suruh coding atau ditanyain tentang coding secara spesifik ya bung bear ?

    Comment by Anonym | 6 April 2013 | Reply

    • Ohh pas waktu itu ga ada, cuma ditanya aja berapa “produk codingan” yang udah dibuat.
      Mau tes juga ya? semangat yee

      Comment by Bear Bear Bear | 18 April 2013 | Reply

  5. W jg dpet panggilan,Tp di bagian cleaning’y.kira2 bnrran apa enggak yah?

    Comment by Akbar | 26 August 2016 | Reply


Leave a Reply

