Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Djarum (DSO) – Part 1

Fiuuhh.. dah lama jg nih gw ga update Jejak Karirku, hehehe klo mw nyambung dari cerita karir gw dari Citi kmrn, tu sebenerny sekitar bulan Oktober-an gw keterima di dua perusahaan, yup satu perusahaan elektronik dan satuny lagi perusahaan audit. Cuma karena gw masih kuliah itulah makany gw ga bs ‘deploy‘ di salah satu perusahaan tersebut (hehehe punten yaa gw ga sebut nama, soalny gw mw apply lg kesana😆 ) . Ya intinya pasca dari Citi itu gw bener2 idup untuk kuliah,, “Viva Academia” bangetz.. Nahh mulai Januari ini seperti biasa deh ni bruang hunting kerja ga jelas lagii. Oia tadi pagi sih sebenerny gw ada tes di Bank Bukopin jam 10 di Jl Asia Afrika, cuma karena gw lg diare td pagi jd gw ga dtg😦 sayang sekalii padahal gw bisa posting dua blog klo td pagi perut gw normal (ni lebih penting posting blog atau nyari kerja siihh).

Djarum,, perusahaan rokok nasional ini adalah perusahaan yang gw ikutin tesny. Gw apply pas jobfair kmrn di sabuga, gw pikir yang menyelenggarakan ITB ehh tauny jobsdb. Sayang partisipan perusahaany ga serame yang antri masuk. Panjaaang banget masukny, mana harus copy CV lagi. Dan saat gw copy CV sempat2ny gw minta kenalan ama operator yang nge-input data gw di tu jobfair (halaahh.. tobat bear). Gw apply tuk posisi IT di Djarum ini. Setelah barcode tiket gw di scan ama mereka gw pun langsung dikasih kertas berisi jadwal psikotes hari senin.

Psikotest Djarum

Psikotest Djarum ini ada di Bandung (sopan, jd gw ga perlu ke Jkt), tepatnya sih setelah jembatan kereta api di Jl Soekarno-Hatta sana (jadi lewatin margahayu dulu, terus lewatin RS Al-Islam terus lewatin Makro – yang sekarang udh jadi Lottemart), dy ada disebelah kiri. Ga ada papan nama gede Djarum disitu cuma patokanny ada pos polisi yang ada iklan Djarum diatasnya. Nahh dari situ masuk deh kedalam. Awalny gw ikutin ni alamat seperti yang tertera di kertas diatas itu: 785A, pas gw masuk itu bukan Djarum, tapi alamat sebelumny yang bener (785), terkecoh gw. Nahh setelah gw parkir di halaman gw masuk keruang tunggu yang banyak orang tuk tes. Terus gw isi daftar hadir dan saat gw kenalan dengan sebelah gw ehh tu orang dari Marnath donk.. jurusan IT juga tp angkatan 2006. Uwiiihh.. Junior gw nih.. yaa kita ngobrol seputar kampus aja sampai waktu tes pun tiba.

Tesnya diruangan atas (lt. 2), kayany ni ruangan untuk pelatihan gt deh. Lalu kita disuruh duduk dibangku sesuai dengan yang tertulis di no absen daftar hadir tadi (gw nomer 7). Ya udh deh psikotest standart.. 4 jam (sopan, ga kaya BCA yang hampir seharian penuh). Tes pertama tu namanya apa yaa.. yang gw inget ada nama Edward’s apaaa gitu belakangnya (Edward Cullen,, yiuu lu kate ni pilem vampire). Tes ini tes ttg kepribadian kita, jd ada dua pernyataan dan kita disuruh pilih mana yang paling mewakili atau sesuai dengan diri kita. Terakhir gw tes gini pas tes XL tahun kemaren itu. Sekitar sejam waktunya dengan jumlah 250 soal. Disambung tes kedua yaitu kaya lembar Pauli, klo disitu dibilangny lembar.. gw lupa namany, susah ngejany cuma rada2 mirip kata ‘Kremlin’ (emgny musisi). Bedany dengan Pauli ni kertas diitungnya dari bawah keatas dan ga ada aba2 atau perintah “Garis” dari pengawas. Setelah itu ada tes campur-aduk (hehe bahasa gw aja) disana ada semua jenis tes dari menyari persamaan atau perbedaan bentuk, rotasi bangun (demen gw sesi ini, otak gw tokcer dlm hal rendering.. kyny otak gw integrated dgn chip nVidia deh), itung2an matematika dasar, sampai Logika. Yang gw demen n baru pertama gw lakukan itu ada sesi namany tes intelijen.. Alhamdulillah bukan disuruh bikin AI (Artificial intelligent) tapi lebih ke arah, klo nurut gw, ky premis mayor, premis minor, conclusion. Nahh soal terakhirny gw demen banget (satu soal makan dua halaman buku) yaitu soal seolah2 jd ky detektif.. soalny gini (masih inget dikepala gw krn gw suka banget):

  • Suatu perusahaan dimiliki oleh seorang ayah (A) dan seorang anak (B).
  • A tertembak didadanya dan B tertembak di punggungnya.
  • Baju jika ditembak dari jarak dekat akan meninggalkan bekas hitam namun jika ditembak jarak jauh tidak akan meinggalkan bekas.
  • A dan B sama2 meninggal diruangan tempat latihan tembak.
  • Diruangan itu ada pasir halus, dan cuma ada jejak bruang sepasang sepatu disitu. Sehingga dapat diketahui jika ada pihak ketiga.
  • Ditemukan senapan di bawah badan A namun di badan B tidak ditemukan senjata.
  • A sangat menyayangi B sehingga A rela mengorbankan nyawany untuk B.
  • Baju A dan baju B sama2 ada bekas hitam disekitar luka tembak.

Jadi apa penyebab B terbunuh?
Nahh gw tadinya mau bilang ad sniper disitu, cuma krn di opsi jawabanny cuma ada:
a. Ditembak orang lain (pihak ketiga).
b. Bunuh diri.
c. Kecelakaan.
gw coret aja yang C kenapa? karena gw rajin nonton CSI di AXN.. hahaha, yaa pikir aja dehh😉 .

Setelah itu tes terakhir, tes gambar.. yup disuruh melengkapi gambar 6 kotak itu plus disuruh gambar pohon dan gambar orang. Diakhir kita disuruh mengumpulkan semua gambar yang telah selesai dan mengumpulkan CV+pas foto (untung sebelum berangkat gw sempat ngeprint). Pengumumanny ditempel besok pagi di Jl. Otto Iskandar no. 10 (kenapa ga OL aja sh), kalo lolos berarti langsung interview sesuai jadwal yang tertera disitu.

Tes berakhir dan kita dipersilahkan pulang, gw sih nyangkut dulu dibalkon belakang kantor Djarum buat ngabisin Marlboro gw (mau quit smoking ieuuhh). Tepat dibelakang gedung psikotest tempat berlangsung itu gw liat ada warehouse dan banyaak banget dus2 rokok. Waduuhhh.. klo gw keterima disini, bisa berhenti ga yaa ngerokok.. Satu2ny yang gw suka dari produk Djarum adalah Djarum Super itu looh.. ‘Superfine cloves‘ moto tu produk. Yang bikin gw dulu berhenti beli ni produk karena harga 12 batang Djarum Super sama ky Marlboro 20 batang. Tapi klo kerja disini siapa tau dapat gratisan. Hahahaha. Huff.. dan gw pun meninggalkan gedung Djarum sambil geleng2 azaa..😆

Warehouse Djarum

 

Related links :
Djarum Super – Part #1
Djarum Super – Part #2
Djarum Super – Part #3
Djarum Super – Finale

24 January 2011 - Posted by | Jejak Karir

1 Comment »

  1. […] Diskusi Kelompok (ampe malam lhoo sekitar jam 11an). Oia inget ga pas gw psikotes Djarum dulu (klik ini), tu paginya gw ada undangan tes dari Bank Bukopin? Klo dulu gw ga mules mungkin gw ga akan bs […]

    Pingback by Bank Bukopin « Jejak Bruang | 26 April 2011 | Reply


Leave a Reply

