Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Bring the Tiger Back

Gw punya cerita tentang sepeda motor punya gw yang gw pake kemana2 jaman kuliah dulu, Honda Tiger 2004 codename ‘Macaaan..’ hehehe.. pertama gw beli tu motor september 2004. Dan selalu gw pake kemana2 (gagah euy bawa motor tangki ketimbang bawa motor bebek), barulah sekitar tahun 2008 gw berhenti pake motor (masih sihh tp ga sesering dulu). Tahun 2006 silam gw modifikasi tiger gw dengan memasang cakram belakang (originalnya ni motor cuma tromol). Yang ngerjain modifikasi temen gw Faisal MD a.k.a Ican (jiaahh.. nama garang, nickname-nya cute), dia (menurut gw) emg nerd banget ama hal2 yang berbau sepeda motor. Gw demen dengan motor Satria-nya, full modif, rapih, keren bgt. Komplit dan handal klo dipake trek2an jaman2 masih labil dulu. Teknik mesin jurusan yg dia ambil pas kuliah, makanya gw percayakan penuh motor gw ditangan dia. Dan alhasil tiger gw pake cakram belakang komplit dengan caliper yang dicat ulang warna merah (ga mampu beli Brembo, jdnya beli pylox merah ajah :p). Tampak gaul, gaya dan asooii.. FYI di Bandung, tiger gw yang pertama calipernya dicat warna merah, baru dehh berikutnya mulai bermunculan tiger2 lain yg ngikut calipernya dicat merah. Hohoho.

Pas Nov 2009 kemaren, gw lagi pake ni motor turun dari dago atas ke perempatan simpang dago. Lagi kenceng bgt tiba2 ada mobil yang nongol dari jalan kecil dengan tiba2.. Spontan gw tarik keras rem depan, dan injak pol rem belakang. Semenjak motor gw ga ada sistem ABS yang kaya dimobil2 jelas donk motor gw ngesot (emgnya cuma suster doank yg bs ngesot) tapi ga jatuh (hohoho gw gituloh) cuma usap2 dada aja deh liat ban langsung botak. Nahh Dudukan calipernya patah krn brake dadakan tadi, kenapa? krn dudukan calipernya itu bikinan tukang bubut bukan pabrik. Dulu gw mw pake dudukan cakramnya satria, cuma krn mentok ama shockbreaker jdnya bikin dudukan sendiri. Si dudukan ini patah (ga ada perhitungan detil aliran energi saat brake full sih.. termasuk testcase-nya. Cuma desain feeling aja) Dan saat itu juga motor gw cuma pake rem depan aja. Dan sampai dirumah langsung gw tutup pake cover motor dan disimpan.

Baru maret 2010 akhirnya gw putuskan untuk bikin dudukan cakram yg baru, jd gw bawa ke tempat bubut di cicadas sono. Disitu dibikin ulang persis sama cuma desain aja yang gw ubah dikit. Yang beda cuma tebalnya aja, lebih tebal (biarlah lebih kuat nanti). Pas jadi keesokan harinya, langsung gw bawa ke rumah dan langsung gw cat ulang (supaya ga cepat karatan). Barulah hari sabtunya gw mw pasang dudukan caliper yg baru. Pasang roda, pasang dudukan baru dan pasang laher.. *dan gw pun terdiam* lahernya ga muat. Jiaaahh.. bodoohh.. kemaren pas gw bikin dudukan yg baru gw ga kepikiran klo ternyata bikininan si ican itu presisi. jd dr velg belakang tiger -> ring penahan pertama (custom) -> dudukan cakram (custom) -> laher tiger (original) -> Swingarm. Nahh semenjak si dudukan cakramny itu gw pertebal jdnya si laher tiger itu ga muat antara dudukan dan swingarm motor. Betee.. Gw akhirnya kepikiran mw bubut ulang tu dudukan agar bs muat dengan si laher itu. Ntar deh sabtu gw bakal bikin. Nahh keluar dh penyakit lama gw : “lupa”, sampai akhirny gw cabs ke Jkt pas bulan mei kmrn. Dan semenjak dari gw tutup tu motor di bulan nov 2009, tu motor ga pernah sekalipun diidupin lagi.

Kapan gw baru “peduli” lg ama ni motor? pas mobil gw harus turun mesin kmrn. Iya jd pas kmrn tu mobil gw masuk bengkel baru donk berasa “waat?? haruz ngangkotz kmn2?”, bukanny gw ga mw ngangkot cuma kadang gw ga enak tiap ngangkot badan gw rada gede n menyusahkan orang didalam angkot azaa. Gw buka cover motornya dan mulai deh mau gw perbaiki. Cuma kenapa ni motor dekil banget ya. Dan gw jd inget klo ternyata pas terakhir gw pake tu hujan dan ga sempat gw cuci. Alhasil lumpur yang ngendap hampir setahun itu bener2 nempel ky batu bata. Jd gw mw cuci dulu. Gw bongkar semua body termasuk gw angkat tangki bensinnya. Dan gw cuci bersih. Ni pekerjaan makan waktu 2 hari soalnya si lumpur nempel banget. Gw dah pake cairan khusus bersihin mesin (engine decreaser) tp tetep aja tu gabungan lumpur+oli nempel sempurna. Gw dah pake sabun colek disikat kuat pake sikat gigi yang bulunya medium ampe sikat lantai (untung kmrn ga nyobain pake sikat WC) tetep aja masih nempel, masih nyisa dikit sihh,, cuma gpplah. Trus gw pasang kembali semua yg gw copot dan barulah gw kembali memikirkan gimana solusi si cakram belakang ini. Dan saat itu jugalah gw mikir beberapa hal :

1. Gw bisa bubut ulang dudukan cakram yg dah dibuat biar presisi dengan laher yang ada.
2. Gw bikin ulang dudukan cakram dengan ukuran dudukan sebelumnya.
3. Gw bikin aja ring sendiri dengan ukuran custom sebagai pengganti si laher itu.

Setelah memikirkan panjang lebar kali luas keliling akhirnya gw jatuh ke opsi ketiga, kenapa? karena opsi kedua tu mahal harganya (serius lhoo bikin dudukan itu mahal, gw kira biaya pembuatannya sama ky beli voucher hp). Opsi pertama, sayang aja harus dibubut ulang tu dudukan mana udah gw cat bagus2. Nah opsi ketiga berarti gw butuh ring dengan diameter sama ky si laher tapi ketebalanny yang berbeda. Akhirnya gw ambil meteran dan mencoba mengukur ketebelan ring dan jarak yang dibutuhkan antara dudukan cakram dengan swingarm motor. Dan timbulah masalah baru, gw ngukur pake meteran bangunan yang setelah gw pikir2 kayanya ga presisi. Jarak mata gw memandang meteran, dan penempatan meteran kadang bergeser2. Gw butuh ngukur yang presisi (biar pas), berarti gw butuh alat ukur yang presisi dan meteran bangunan bukanlah alat ukur presisi. Yup artinya gw harus beli alat ukur baru, gw ga tau nama internasionalnya tapi gw tau nama lokalnya : Jangka Sorong.

Anak politeknik pasti tau banget ni alat, jangka sorong tu ada dua jenis: analog dan digital. Gw mw beli yang analog (ya iyalah, yg digital aja gw ga pernah nemu di toko2 + pasti lebih mahal). Setelah ke toko bangunan buat ngebeli (ternyata ada yang plastik toh tapi gw tetep ambil yang logam) gw kembali ke motor gw buat ngukur. Ternyata jarak dudukan dengan swingarm tu butuh 7 mili sedangkan laher original itu tebalnya 12 mili (gw cintaa tu jangka sorong). Lalu gw bawa ukuran tersebut ke tempat kmrn gw bikin dudukan dan gw bilang mw bikin ring setebal 7 mili dengan diameter sama dengan si laher tersebut. Dan gw disuruh nunggu. Barulah 45 menit kemudian nongol si mas2 yang bikinn tu ring. Manteb bikinannya, dan gw balik ke rumah tuk dipasang. Setelah memasang ternyata pas banget. Ngukur pake jangka sorong hasilnya bener emang “Pasti Pas”, lalu gw copot kembali untuk dicat (biar ga karatan).

I love precision


Gw gitu loh

Semenjak Bandung hujan mulu, berarti tu cat baru bisa kering keesokan harinya. Setelah dicat, dan dipasang termasuk stel sana sini (krn calipernya ga mw ngejepit piringan cakramnya), baru deh waktunya untuk menghidupkan kembali sang macan. Dan ternyata susah banget idupin dy (ditinggal lama sih) baru sekitar 30 menit kemudian setelah berkali-kali gw nge-slah mesin pake kaki (stater tangannya mati bo) kembali terdengar “aungan” si macan. Setelah bisa jalan gw bawa dia ke bengkel honda terdekat buat di service (ga enak tarikannya), pas di bengkel lamaaa banget si mekaniknya ngerjain (kotor saluran mesinnya) termasuk stel sana stel sini, baru sekitar 1,5 jam kemudian ni motor beres di service. Karena gw kasihan sama mekaniknya jd gw kasih aja tips pas mw cabut. Setelah itu.. enyaaakkk pake ni motor. Jadi inget masa muda. Hehehhe.. sekitar seminggu gw kerja keras supaya ni motor bisa idup kembali dan gw seneng banget karena dia telah idup kembali. Walaupun bahan bakarnya selalu bikin dompet gw kering (gw pake Pertamax Plus dr awal beli ni motor semenjak pertamax plus harga Rp. 2.400/liter sampai pernah Rp. 10.800/ltr) tapi gpplah, karena biar bagaimanapun juga ni tiger adalah state of the art buat gw:mrgreen:

Go get ’em Tiger

24 October 2010 - Posted by | Jejak Harian

No comments yet.

Leave a Reply

