Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Blackberry Gemini (OS error)

buwlet: mbull.. Kok BB ak ada tulisan app error 523?
Gw: hah? coba direstart ato ga coba dicopot batt nya dulu trus idupin lg
buwlet: ttp sama aja. Selalu muncul tulisan app error 523 itu skrg malah ad tulisan uncaught exception 5>=5
gw: walaahh.. Apalagi itu..

BBnya si bulet ntah knp tiba2 mendadak jd spt itu, ibarat pepatah ada asap berarti ada api yg artinya ada penyebabnya. Usut demi usut ternyata penyebab BBnya spt itu dy lupa ngecharge batt BBny jd mati total td malam, dan menurut dy smartphone itu ga boleh mati (smartphone bukan sh?! kok tampak tidak smart?!). Akhirnya kmrn pagi gw bawa BB dy untuk dianalisis, termasuk kabel data dan CD bawaan si BB.

Langkah pertama dlm menanggulangi kasus spt ini,yg pribadi gw jg ga pake BB jd gw ga py pengalaman ngoprek tp mw tuning software BB, yaitu dengan gugling.. Hehehee.. Setelah klak klik sana sini akhirnya gw tau masalahnya.. App error 523 itu artinya ada aplikasi yg ga kompatible dengan blackberry OSnya. Hal ini nurut gw masuk akal, krn kata dy BBnya mati total krn abs batt, jd mungkin sebelum itu dy sedang buka fb, twitter ato aplikasi lainnya. Solusinya dengan remove aplikasi bermasalah tsb pake Desktop Manager (DM) milik BB (installer-nya ada di cd bawaan si bb). Jd gw buka tu DM n ngeklik app di menu DM tsb. Trus gw colok BBny k laptop pas dy lg booting (bhsnya gw – itu pas si jam analog muter2 pas baru idup). Pas gw liat didalamnya ada byk aplikasi. Solusi cepat namun stupid adalah gw REMOVE semua aplikasi yg ada tanpa membackup dahulu (mana gw tau hrs dibackup dulu, gw ga punya BB). Senyum lebar gw ilang setelah beberapa saat ga ada perubahan dgn BBnya.

“Googleee!!! Kasih info yg bener nape!!”, sambil kembali gw klak klik search engine tsb. Tp kali ini gw lgsng inget selain si app error 523 ada tulisan uncaught exception 5>=5 . Hal pertama yg gw pikirkan saat itu adalah exception dlm program semacam try catch gt di coding (dasar programmer). Pas gw masuk ke berbagai website ternyata itu banyak jenis indeksnya dan indikator permasalahannya & terus gw inget tulisan “A critical Java process has died and the device cannot continue to operate normally”. Exception, java process has died.. walahh OSnya dead tohh. Solusinya harus di inul (bhs kaskus which means install ulang). Ohh gampang.. Tinggal diinstall ulang toh.. Berarti harus.. ,.. … … … Err… .. Hmm.. .. Cara install ulang BB OS tu gmn yak❓❓

Dan kembali gw meluncur di google, dr lautan data itu gw dpt informasi ttg gmn cara install ulang, termasuk cara tau OS BB yg gw baru tw BBny si buwlet ini 4.6 bukan OS yg baru 5.0. Solusinya Nurut gw mending diupgrade ketimbang diinstall ulang. Gmn cara upgrade? paling gampang sh update software device dari layar si DM itu. Cuma krn gw connect via mobile jd ga dedicated uyy jaringannya, putus nyambung. Jd gw donlot aja BB OS 5.0 dr websitenya blackberry setelah pilih vendor dr telkomsel (ehmm.. BB original nehh. Heheeh). Sekitar 3 jam kemudian donlotnya dah beres dan saat gw liat kenapa extensionnya .exe (ni platform windows kan bukan BB) trus gw klik n nongil si installshield wizard.. Waattt?? Kaga ngarti gw tp gw next-in aja deh ampe finish. Setelah selesai gw buka app yg br diinstall namanya blackberry device manager. Pas kebuka cuma kaya fitur monitoring aja (lahh lalu OSnya mana?). Lalu gw terusuri path nya si BB device manager itu di install ternyata ada di program files -> common files -> research in motion. Terus gw oprek folder lain dan akhirnya menemukan folder app loader. Disitu gw ngeh pasti bs terhubung ke DM, jd gw buka DM-ny lagi dan ternyata emg udh siap di-install. Hoo gt toh cara kerjanya. Install dulu ke kompie hasil donlot OS, ntar install OS ke device lewat DM. Pas gw next dan si JVM (java virtual machine – jd inget kuliah java lanjut di S1) connect ke device, tiba2 progress status bar-nya berhenti. Ternyata saat si bb munculkan pesan app error 523 di layar devicenya, tu artinya si BB n DM ga connect lagi (lost connection). Pas gw tekan tombol reset n BBnya restart, ehh progress-nya malah error a.k.a gagal update. Halaahh.. Ga bs apa tu BB OS format clean install (hapus OS, install OS fresh)???

Bisa.. Namanya wipe OS. Klo di BB tp butuh tool tambahan namanya Jl_cmdr buat nge wipe OS BB jd ntar BBnya kosong no OS “hanya raganya saja yg ada namun jiwanya hilang” haha. Ehh taunya si tool itu malah compatible cuma untuk XP, untuk OS lebih baru selain xp bs pake BBSAK (blackberry swiss army knife – gw demen namany nehh😀 ). Jadi gw donlot tu tool n install langsung dilaptop. Pas di run uwiihh.. bisa macam2.. dari wipe OS, backup (telad), informasi aplikasi apa aja yg ada didalamnya, ampe factory reset. Cucoookk.. Saat gw siap2 mw nge wipe tiba2 gw kepikiran ttg update OS lagi. Kalo timing-nya pas mungkin bs diupdate kali yaa.. klo masih booting kan waktunya panjang ampe dy idup normal dan akhirnya keluar si pesan error itu. Akhirnya gw ekperimen terakhir, klo ga bs baru deh gw mw wipe OS. BBnya mulai booting, dan connect ke DM, dari DM gw langsung install.. lalu progress bar-nya pun muncul. Step pertama tu connect, berhasil. Step kedua tiba2 BBnya mati, pas gw mw cabut ehh progress bar-nya jalan (step kedua tu install system) dan loading lama banget.. haha kayanya diganti tu semua script javanya. Pas pindah ke step 3 alias device initiating, nongol dehh loading bar yang diatasnya tulisan blackberry di device BBnya (klo pertama kali beli BB pasti ni loading bar yang nongol bukan jam putar2 itu). Setelah itu dy install aplikasi lalu device initiation lagi. Terakhir nongol dehh logo super merah Telkomsel dan Taraaa… beres. Huahahahaha.. Berhasil !!!. Ada seneng ada sedihnya juga. Seneng krn BBnya jalan, sedangkan sedih karena ga bs nyoba si BBSAK itu. Huff.. gpp lah tujuanny kan ttp BBnya harus idup. Yang gw ga ngerti tu sebenernya klo OSnya Hybrid (apa itu❓ ), ntarlah gw coba cari tau.

Setelah BBnya idup gw ksh ke si buwlet dan dy hepi banget. Setelah pencet2 ga jelas dy bilang gini: “yaahh ilang list BBMnya..” heheh maap y bul. Btw klo dibawa ke toko HP tu kena charge 50rb, trus ada resiko IMEI n PIN nya di copy ama tu tukang service. Ati2 deh klo bawa toko service hp. HUufff.. Hepi juga dapat ilmu ttg BB walau ga punya BB (tetep..). Lebih enak ngulik sendirikan😉

Oia klo buat BB Onyx, tu liat aja dikaskus, komplit bo threadnya yg isinya termasuk OS, aplikasi, FAQ ttg masalah2 Onyx, tips n trik. Klo pake Onyx terjamin dh informasinya disatu tempat.

21 October 2010 - Posted by | Jejak Harian

2 Comments »

  1. bg… mw nanya donk… aq ud download os nya ke pc trus cara instal ke bb nya lewat dm gmn y??? mohon penjelasan

    Comment by desy | 24 April 2012 | Reply

  2. Sebanyak tutor yang ane baca , cuma yang atu ini yang bikin otak ane terang benderang..meski masih nggak ngeh otak ane baca tulisannya gan.. hhe..

    tp, ujung-ujungnya ane eksperimen sendiri juga ampe 4 jam malah.. buseeett,
    tp. thanks gan ilmunya,
    akhirnya.. hp emak ane sembuh juga berkat eksperimen ini.. hhhaa..

    Comment by Nana | 30 December 2014 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s