Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Pindah Kos-an

Kosan adalah tempat gw berteduh dilangit ibukota Indonesia ini, yups kosan gw itu di Karet Gusuran II tepatnya dibelakang gedung Barclays. Tiap hari gw berangkat dari tu kosan menuju halte bis dengan berjalan kaki. Tiap pagi juga gw selalu ‘motong’ jalan lewat parkiran Barclays, dan nongol tepat didepan halte busway Setiabudi di jalan Sudirman tersebut. Dulu gw selalu milih busway ketimbang naik bis kopaja 19, tapi seiring waktu berjalan busway pun menjadi second opinion untuk menuju kantor gw (males gw naik ke jembatan penyeberangan untuk mencapai shelternya. Hanya 2 minggu awal gw pake busway sisanya setiap pagi gw selalu menggunakan bis kopaja 19 menuju kantor. Yaa ga enakny satu ni bis, selalu ngetem dibawah flyover karet itu dan juga dijembatan penyeberangan benhill. Dan pengamenny selalu membawakan lagu d’bagindas.. “Bertahan saatu ciiinta.. Bertahan satu C.I.N.T.A”.

Indah sh nurut gw pada awalnya, tapi ternyata ada masalah setelah gw ngekos disitu jika gw pulang malam. Akses gw ke kosan dr jalan sudirman itu tergantung Barclays dibuka ampe jam brp, pintu belakang parkiranny hanya dibuka ampe jam 9 malam. Lewat dari itu klo gw pake busway gw harus turun di shelter karet (bukan shelter setiabudi), dan jalan panjaaaaaanng untuk sampai dikosan. Makanya gw pengen pindah (lhoo.. bulan terakhir koq malah repot2 pindah kosan). bukan bruang namany klo tanpa sensasi :)).

Kosan lama yang sempit..

Sempit sempit sempit

Apartemen Seibu di karet, pernah dengar? yupp itulah tempat dimana gw pengen menetap untuk sebulan terakhir gw di Jakarta. Klo mau cerita, diawal gw pindah ke jkt sebenerny gw dah niat pindah kesini tapi karena budget awal gw nyampe alias tidak mencukupi, ya udh gw ngekos dibelakang barclays itu. Nahh pas hari jumat kemaren gw telp lagi ke pemiliknya dan gw menanyakan ttg apartemen tipe studio yang dulu gw pernah tanya. Ternyata udah ditempati dan adany yg satu lagi yg jauh lebih mahal. Jd klo si studio ini perbulanny 2jt, sedangkan yang satu lagi yg lebih gede tu 3jt perbulan. Lalu ada biaya tambahan embel2ny lagii.. jadi tiap bulan listrik n air gw ‘dijatah’ 300rb, klo melebihi gw harus nambahin. Oleh karena itu gw harus deposit 1 jt untuk pembayaran rekening. Total yg harus gw keluarkan klo gw mengambil yang apartemen itu gw harus keluar 4 juta (walau ntar 1 jt lg balik). Ogahhh ahhh.. mahaal..

Tiba2 gw kepikiran untuk googling kosan yang ada disekitar sudirman. Yup pencarian awal gw bukan dari google sh pertamanya melainkan dari Kaskus😀, rata2 standar sh postinganny. Oia kriteria kosan gw itu harus ada cuci+gosoknya, AC (punteenn.. abdi urang sunda euy,, moal tiis moal beutah). Sibuk scroll atas bawah akhirnya nemu satu posting ttg pusat iklan kosan di web. ya udh deh gw klik disitu untuk mencari referensi namanya melon property. Dari sini gw dapat bbrp no telp ttg kosan deket sudirman. Btw deket sudirman mahal yaa kosan yg ada parkiran. Emg lah daerah perkantoran bener2 elite. Lalu gw catat beberapa no telp, lalu gw telp satu per satu untuk menanyakan info detilnya. Lalu gw persempit lagi kosan yang ada didaerah setiabudi, karet dan benhill. Dapat info alamatnya lalu gw mark di GPS gw biar besok tinggal meluncur kesana ga perlu pusing cari arah atau nanya2 lagi.

Sabtu pagi, gw packing semua barang2 gw dan gw pun sadar: “Gw menetap di Jkt rada berlebihan bawa barang2ny, setelah gw packing gw pun tidur_terakhir_di_kosan_ini, besok paginya gw terbangun kaget: jam 9 pagi,, jiahh rencana mw cabs ke bandung dulu ehh malah kesiangan, y udh gw langsung siap2, membawa beberapa barang yg akan gw return ke bdg, dan dengan langkah malas nun heboh bawa barang gw pun menuju travel andalan gw di Jkt: City Trans. Nyampe bandung alih2 gw ngambil mobil gw malah jemput si buwlet dulu, biasalah ketemuan.. lalu malamny gw balik ke rumah dan istirahat dengan nyaman malam itu. Minggu pagi gw crosscheck mendetil mobil yg bakal gw bawa balik k jkt pagi ini, std lah : air radioator, wiper, accu, minyak rem, dan angin di ban. Untuk urusan mesin gw ga perlu khawatir karena baru 2 minggu yg lalu ni mobil keluar dr bengkel abs service gede2an. Setelah itu gw pun cab menuju kota jakarta. Yang membetekan adalah gw ga sempat ganti tape/radio mobil yang bisa gw pakai dengern musik dari flashdisk gw. Jd selama ada gelombang radio tertangkap gw bs denger musik dr lagu paling baru, lagu lama, lagu ga jelas. ampe ga ada gelombang radio yg tertangkap lagi (nahh ini pas di jalan tol cipularang).. Nyampe Jakarta langsung deh gw contact dicky temen gw untuk muter cari kosan bareng. Lalu gw parkirkan mobil gw di plaza bapindo (kantor gw) dan naik motor bedua dengan dicky ke tempat tujuan pertama: Benhill.

Setelah jalan dari jalan sudirman masuk ke benhil mendadak gw baru inget, gw emg bawa hp gw yg dh dibookmark tp itu kn cuma bookmark jalanny aja, tp no telp dsb gw belum ada,. Huaaa.. lalu gw balik lagi ke kantor cuma untuk ngambil list tentang kosan itu dan kembali ke benhill.. deket sihh dari benhill itu ke kantor gw sebenernya,, tapii.. jadi rd berasa jauuuhh bgt krn muternya jauh dan rada macet dikit. Ohh.. Jakarta2..

Gw dan temen gw itu datang ke kosan#1 di Benhill, disitu ternyata rumah penduduk aja dijadikan kosan dan tempat parkirnya muat untuk 2 mobil, otomatis gugur. Kosan#2 1,7jt per bulan garasi luar (pinggir jalan bgt) rd rawan sh,, ogaah ahh.. Kosan#3 ga nemu rumah kosannya padahal alamatny dah jelas, y udh ga jadi ahh. Kosan#4 2,4 jt per bulan, emg manteb bgt,, tp sayang penuh. dari benhill gw n si dicky pun meluncur ke arah karet belakang sono (daerah gw), dr sini gw nemu Kosan#5 ga banget dhh jalannya sempit untuk satu mobil lewat, dekat dgn rumah penduduk. Lalu gw ke Kosan#6 Kaya kos2an biasa tapi udah penuh. Lalu berikutnya gw ke kosan#7, gw lupa jalanny tp gw ingat nama gangny : Gang Santai *gw suka nih namany*, disini gw nemu kosan 1,7jt per bulan udh lengkap dpt internet, AC, parkir dalam, kamar mandi dalam, kasur, lemari, meja. Disini gw dh pede,, ini aja ahh yg gw mw ambil. Lalu gw k kosan#8 tepat disebelahnya, tempatnya baru bgt dibangun. Terus gw ke kosan#9 tu masih di gang Santai, disini bawa mobil cuma nambah 50rb, jd total perbulan 1,45 jt gw dh pengen bgt disini, cumaa kamar mandinya luar euy.. yang 1,7 kamar mandi dalam masih penuh. Dari sini gw disuruh ke kosan yang baru aja dibangun, daerah situ juga cuma rada jalan panjaang dikit. Pas ngeliat tu kosan ajiibb donk.. warna coklat kayu dapat balkon tu 1,7jt sebulan. Uwiihh.. pas gw dh mantap mau ambil ehh… Penuh. Y udh muter2 lg, lalu gw ke kosan#10 ini tuh ga meyakinkan jalanny,, masuk ke jalan rumput diantara bangunan tua. tapi pas nyampe waww.. bangunan kosanny baruu cuma penuh. setelah itu gw ke kosan#11 yang ternyata penuh juga, lalu gw tanya ke bapak2 yg lg asik ngerokok diwarung situ ada kos2an ga? dan dy jawab di gang batas. Dimana itu gang batas?

Sembari sibuk sambil jalan gw idupin GPS gw tuk nyari gang batas si dicky langsung celetuk: “itu dy gang batas”. Jalan masukny sempit tp ada kosan yang kosong disitu. y udh gw datengin tu kosan#12 dari luar sih biasa cuma ada papan laundry tertempel disitu. Tapi ternyataa… didalamny mirip cottage mini. Pas ditanya tu 2,5jt/bulan.. buseed.. tp komplit banget didalamny, tv plasma, kasur yg ukuran double, lemari dan kamar mandinya baguus bgt. Sekilas gw jd pengen ngambil.. tp yaa itu kurang sreg liat parkiranny yg mepet. Terus gw ke kosan#13 disini bener2 bangunan kos dengan lapangan parkir luas.. pas gw tanya tinggal satu kamar yang kosong dipojok bawah gelap lagi. yahh sayang.. mana banyak bgt lg peraturanny.. kosan gede, tp peraturanny banyak. terus gw pindah ke kosan#14 tepat disebelahny dan orang yg ngejagany malah lg tidur, lalu gw coba bangunkan tp susah juga. Kata dia disini penuh terus. Lalu gw minta no telp dan dikasih satu no telp. Lalu gw telp deh bapak2 yg angkat. pas gw tanya ada yg kosong, dy jawab ada satu kamar. akhirnya gw ingin liat dulu. Si bapak2 tersebut ngebilang: “klo disini penuh,, tp dibelakang ada yg kosong”. Pas gw ke belakang kenapa gw familiar bgt bentuk bangunanny.. ehhh.. ternyata kosan yg no#13 (nyambung tohh).. hahahaha.. y udh pas gw celetug apa ada kamar yg lain si bapak tersebut menunjuk kamar yg diatas. Pas gw liat lumayan luas kok,, walau ga ada tv meja tp lumayan luas. Kamar mandi dalam dan tempat tidur ukuran king size.. cocok untuk gw.. hehehe. Tapi disitu gw ga klik ama peraturanny yang super ketat itu.. disini 2jt/bulan dah komplit semuanya (tp ga ada internet, ada sh tp hrs beli voucher dulu) bete. Akhirnya gw n dicky cabut dr kosan#13 ini menuju kosan berikutnya yaitu kosan#15 didaerah karet sawah sana, disini ada yg kosong tp dh di DP, klo mw nunggu ampe awal agustus ada yang kosong. Disini sama 2jt/bulan plus internet tapi yaa ituu harus nunggu ampe awal bulan dulu baru bisa pindah. Dari sini gw dan dicky muter2 lagi di karbela sana, yaa walau pada akhirnya kita berhenti untuk makan di RM Padang deket sini. Akhirnya gw putuskan satu hal: gw ambil kosan no#13 itu.. heheheh angkanya cantik sh.. lalu gw telp kesana dan ngebilang malam ini gw pindah kesana. Lalu setelah gw tutup telp gw n dicky pun meluncur kembali ke bapindo untuk ngambil mobil gw.

Sebelum gw nyampe di bapindo, gw penasaran dengan saran mba Tias dan mba Titut dulu klo dibelakang bapindo ini ada kosan (dulu gw kira senopati, dh gw cek ternyata penuh semua). Tapi tetep aja mereka bilang “dibelakang sana haduhh lupa gw namany”. Sambil gw mikir2 tiba gw liat papan jalan Widya Chandra, terus aja gw masuk situ ternyata perumahan yaa.. lalu gw belok kiri belok kanan.. ga nemu kosan, dan pas gw mw balik ke bapindo ada jalan kecil, masuk situ ternyata ada kosan gede didalamny. Whaat? lalu gw parkir dan menanyakan ke satpamny ttg kosan #17 ini, disini 2,3jt/bulan.. tempatny bagus banget.. hahaha rada goyang jg nih iman :p. terus gw n dc nyampe bapindo ngambil mobil dan gw pindah barang k kosan gw yg lama. Gw angkut barang2 gw. Karena gw bawa sedan gw ga yakin muat dalam satu kali jalan. Barang2 gw yg ‘rada’ memakan tempat itu: kulkas, tv, meja kecil, dan 4 buah poster. Bingung kan mau ditempatkan dimana. tp karena dibantu si war (yg jaga kosan lama gw) bisa deh digeser2 dan pas disedan gw yg kecil itu (masuk semua dnk) jd bisa sekali jalan. Lalu gw berangkat ke kosan yang baru. Di kosan gw yg lama tampak gw tu kelebihan barang tp dikosan gw yg baru tampak gw kekurangan barang.. ehehehe. Setelah pindah sana pindah sini, lalu gw anter dicky ke kantor gw untuk ngambil motor dy yg disimpan disini. Dy langsung balik ke BSD untuk aktivitas besoknya. Hehehe thanks for the help y dic..!

Cape? minum dulu

Yup sebulan kedepan gw bakal menempati kosan baru gw ini,, sebulan kedepan jugalah gw menggunakan mobil sebagai tranportasi menuju kantor, dan sebulan kedepan ini jugalah,, bulan terakhir gw di Jakarta.

25 July 2010 - Posted by | Jejak Harian

2 Comments »

  1. mas, alamat kosnya dimana ini yang widya chandra 2,3jt?

    Comment by setio | 29 October 2012 | Reply

    • Oiii setio, ada di SCDB, klo dari arah pasific place itu lurus aja.. ntar masuk kaya perumahan gt. Klo presisi kosanny sh udh lupa dimana.. cuma tanya2 aja sama pedagang sekitar, biasanya tau kok. Mau pindah kosan ya? hahaha

      Comment by Bear Bear Bear | 2 November 2012 | Reply


Leave a Reply

