Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Hunting Blackberry

Kemaren gw ama si buwlet pergi ke mall ambasador, nyari Blackberry, akhirnya gw ama dy sepakat untuk membeli di satu toko (Setelah bolak balik survey ga jelas), patokanny apa? PIN BB dan juga IMEI-nya (gw tau dr si buwlet klo ternyata BB yang bagus itu awalanny 21xxxxx, dan imei yg bagus itu digit ke enam dan ketujuhnya, kalo ga salah – lupa gw, itu jangan angka 90). Dan qt nemu satu toko yang imeinya 60 dan pinnya cantik 21C27C80 (cantikkann), y udh qt nunggu. Nahh si buwlet ini emg krn dulu dy punya BB dan ilang jd tau BB yang bagus apa. Ceritanya gini, pas qt dh bilang ‘deal‘ ama si mas2nya, lalu dy install aplikasi2 ddlmny termasuk si OSnya diupdate. Krn lamaa bgt ngeinstallnya (ada kali udh sejam) si buwlet ini belum sempat ngecek info pemakaianny, gw lupa klo ga salah harus ke option terus apa gt,, ntar muncul info ttg ni BB, tp ga semuany ditampilkan harus pake shortcut lagi dengan menngetik BYRU (kapital semua) ntar muncul info tambahan yaitu jumlah pemakaian data dan jumlah pemakaian percakapan (voice). Pas si buwlet ini tekan tu 4 huruf (yg gw sendiri takjub krn muncul info tambahan) disitu dicatat pemakaian data 7 Mb dan voice 1:59:00. Haaahh.. si mas2 sok tau itu bilang klo jumlah datany segitu kn krn dipakai untuk download tadi, disitu gw ga ngeh, tp akhirny gw ngeh.. klo donlot di kompie logis sampai Mb segala, tp ini henpon, kn itunganny Kb. Terus point kedua si mas2nya ga bs bantah adalah jumlah voicenya yang udah hampir dua jam itu. Kl BB baru harusny kn cuma 0 jam, ini, kenapa banyak sekali. “Ini bekas”,, gw bergumam pelan k si buwlet dan dy pun mengangguk setuju krn saat memegang handset itu terasa ga nyaman (tutup baterai-nya ga pas), dan juga dy ngebilang kenapa pas munculin BBM ada tulisan “restore your PIN” dibawah textbox login. Lalu si mas itu kayanya ga berdaya dan pucat akhirnya dy bilang gini : “klo mba ga mau y udh gpp, tp semua BB jg kaya gini mba”. Y udh akhirnya qt ga jadi. Oia.. buat ati2 aja yaa klo beli BB di mall Amabasador, gw lupa nama tokony dan lantai berapa tapi gw tau ciri2nya. Jd cluenya tu toko berada dipojok, ada nama Blackberry gede diatasny, nuansany item putih, tokony memanjang rada sempit ke belakang. Clue keduanya : kalo qt beli barang disitu, dikasih teh botol😀, hehehe klo belanja disitu ati2 yaa,, cek baik2 barangnya.

Terus gw ama si buwlet keluar dr tu toko dan muter2 lagi, ada yang malah ga meyakinkan BBnya, dan banyak banget yang ga bener. Lalu qt bedua duduk d foodcourt ambasador dan ngecek ke internet. Disitu dikasih saran salah satunya cek no IMEInya, apakah terdaftar atau engga (dan kembali gw lupa apa namanya, googling aja, klo ga salah keywordnya International number gt). Lalu gw ama si buwlet beredar lagi di Ambasador dan ngecek beberapa toko. Ada satu toko yg ada tulisan Blackberry gede (clue-nya kembali, ni toko ada didepan sebelah kanan lagi dari toko bernama Blackberry love), disitu yang jaga mba2. Disitu pas gw coba crosscheck no IMEInya si mba itu malah maki2 : “Mas jangan dicatat y pin ama IMEInya” lalu gw bilang “ohh engga koq, cuma dicek aja bener ga IMEInya” lalu si mba itu bilang “hapus mas”, lalu gw bilang “ntar dulu saya cek, klo benar kn pasti saya beli”, dan result IMEI yg gw cek ke website dr hp gw itu (si website international imei) outputnya : “Engga terdaftar”, lalu gw bilang gini sambil ‘senyum cuih – level 2 Taufiq Aribowo’ : “makasih ya mba”. Dan si mba itu2 hanya terdiam saja. Hahahhaa.. tepuuu… tu BB palsu. Dan ternyata hari udah malam (qt bedua di Ambasador tu dr siang bolong, dan cuma nyari BB doank), lalu si buwlet terlihat kecewa krn ga dapat BB hari ini. Kata dy “BB itu banyak ditoko2, tp cari BB yang benar susahnya minta ampuun”. Akhirnya gw celetug gini, “Emg BB kmu yg dulu itu keluaran mana? T Mobile juga?” dengan datar dy bilang “bukan, keluaran Indosat”.

Disitu gw baru ngeh.. begoo.. kemana aja gw selama ini. Dulu tuh pas tahun 2009 awal, gw sebenerny bertanya2.. klo toko kaya Nokia kn ada ‘showroom‘-nya lah khusus milik nokia (yg memamerkan, menjual, men-service produk Nokia), tp kl Blackberry kenapa gw ga pernah nemu ya. Dan ternyata gw baru ngeh hari ini, Blackberry asli itu di-bundle ama operator.. Woalaahh.. bear bear.. tahun kapan BB ada, gw malah baru tau yg ginian. Akhirny gw tanya ama si buwlet “klo yg di-bundle ama operator lebih mahal y”, “iya” sahut si buwlet. “berapa emg?” tanya gw, “selisih 300rb” sahut dy. Ya udahlaahh mending beli yg di-bundle operator. JELAS ASLI. Pas gw tanya2 apa dy mau beli BB yang Indosat atau yang Axis, dengan nada datar dy bilang “Telkomsel aja, ak suka welcome logo-nya. Warna merah”, jiaahh secara BB telkomsel kn paling mahal dibanding yg lain. Yaa udh deh, ikutn aja. Lalu qt cari2 ampe ke toko Bhinneka yang di Pasific Place. ternyata ga ad yg Telkomsel. Akhirny qt bedua balik, sambung besok aja dh.

Minggu pagi gw telp customer service Telkomsel (116) dan menanyakan kalo mau dapetn BB dr Telkomsel di grapari ada ga? terus dy jelasin cuma ada ditoko2 yg disebutn ky Okeshop, dsb. Tiba2 si operatornya celetug, “mas klo mau di PRJ lg ada pameran Telkomsel dan kami ready stock untuk Nexian, BOLD, BB, iPhone”. Y udh.. PRJ aja yuuukk.. dan minggu pagi itu gw ama si buwlet cabut. Cuma karena qt pikirnya alias jaga2 siapa tau stoknya dah abis di PRJ, jd gw ama si buwlet ke Mangga Dua Mall dulu (ke toko yg ditunjuk Telkomsel sebagai toko resmi untuk BB Telkomsel), ehh pas nyampe mangga dua n muter2 tenryata barangny udah lama abis. Jiaahh.. y udh dehh k PRJ aja, dan gw ama si buwlet pun naik bajai menuju PRJ. Bayar 15rb pake bajai bahan bakar gas (btw bajai biru ini lebih luas yaa ketimbang bajai orange yang bahan bakar fosil itu). Tibalah gw n si buwlet di PRJ, dan betapa kagetnya gw ternyata mau masuk kedalam harus beli tiket dulu (haha maklum pertama kali k PRJ). Daan kenapa ngantriii panjaaaaannng??? kaya mau masuk dufan aja. OMG !!

Antriiii panjang

Tiket masuk ke PRJ

Gw dan si buwlet akhirnya bs beli tiket juga, dan masuk kedalam untuk liat ini liat itu. Qt tu dapat kupon untuk ditukarkan, awalny gw hepi dpt minuman/makanan gratis.. ehh ujung2 “tukarkan kupon anda dan bayar 25rb untuk mendapatkan makanan + minuman”. Sama ajaa boong.. jiaah ga usah dehh. Lalu gw masuk kedalam dan celingak celinguk nyari toko yang jualan BB Telkomsel,, tiba2 dr sudut mata gw ada satu yang bersinar terang dan warna merah keseluruhan menyala terang, lengkap dengan SPG disekitarny yang membagikan brosur. Yup itulah stan tempat jual BB yg gw cari, provider tempat gw TA dulu, provider yang selalu gw pakai dr pertama kali gw punya HP pas SMP hingga saat ini (gw ga pernah ganti no ke provider lain), itulah stan bernama TELKOMSEL. Gw tany ama si mba2 nya apakah ada BB, terus dy bilang “ada koq”. Dan gw pun diarahkan ke meja counter tempat BB, dan barulah ngobrol panjang lebar sana sini dan qt pun sepakat untuk membelinya. “mba cariin PIN yang bagus ya” sahut si buwlet, dan satu dus itu isi BB beberapa kotak itu pun diliat oleh si mba2ny. Hahaha gw jd ketawa, klo dulu orang mau beli nomer pasti selalu bilang “no yang bagus mana yaa”, jaman BB skrg, dibanding beli BB (handsetny) diutamakan dulu PIN-nya😆, dan akhirnya nongol-lah satu PIN cantik menurut si buwlet (krn dy yg bakal pakai ni BB). Lalu setelah panjang lebar, install sana sini, dapat souvenir termasuk ngisi kupon undian yang banyaknya naujibilah itu krn membeli BB. Akhirnya gw pun mengeluarkan ATM BCA gw untuk swipe di card-machine mereka. Iyaa.. gw beliin si buwlet Blackberry.

Jiahahaha.. itulah pertama kali seumur2 gw beli BB, dan pertama kali jg gw beliin hp untuk orang lain. Koq bisa? flash back bentar, jd BB ini adalah BB ketiga dy (si buwlet), yang petama kali dy beli itu dulu rusak (kebanting). Yang kedua dia beli awal tahun 2010 ini (yg dibundle ama Indosat) hasil dy kerja part-time bbrp bulan dan hasil tabungan dy. Akhir april 2010 BBnya ilang (belum jg setahun, ilang) dan sampai saat itu hingga hari ini dy pake hp CDMA (flexi), sebenerny ada efekny jg sh ke gw saat dy pake CDMA, bawaanny nelpun gw terus,, entah itu ngomel2 bete atau apapun itulah. Naahhh klo ada BB kn dy jd diem (sibuk online online) dan gw ga perlu keganggu alias gw bs fokus ngurus si Citibank. Lagian jaman kuliah gw dulu, tu jamanny hp esia, ngomong sejam – seribu perak (ampe gw ganti batt beberapa kali krn batt-ny bocor mulu). Nahh jamanny dy skrg jamanny BB, kasian kn masa pas lagi jamannya dan dy lg muda2nya dy malah ga up-to-date. Mana temen2 dy tu klo di SMS balesny lamaa banget, sedangkan klo nanya di BBM secepat kilat balesnya. Yaa itung2 buat bantu dy sosialisasi, n bantu kuliah jg (kl mw fotocopyan modul, atau kerja kelompok bs lewat BBM kn). Dan akhirnya dari semenjak akhir april 2010 lalu baru sekarang gw liat dy senyum lebaar terus. Hahaha seneng yaa.

Setelah beli BB, qt bedua muter2 ga jelas di PRJ, ternyata PRJ itu luas yaaaaa.. gw baru tau. Dan disini juga gw baru ngeh ditengah2nya luas banget, banyak stan motor dan ban mobil (huu… sayang ban mobil gw baru ganti, klo ga udh pake Pirelli gw), dan banyak SPG yg seksi2 alias bikin celana sempit. Gyahahahahahhaa.. terus gw n si buwlet cari makan kesana kemari lah.. banyak jg stan didalam sini, dari jajan kaki lima yg seharga makan gede, kenyang, lezat kalo di Bandung, ampe stan nawarin properti juga ada (gw ditawarin apartemen lhoo, Alhamdulillah muka gw muka meyakinkan mampu beli). Ckckckck.. emg gaya lahh.. ga heran ni tempat dibuka sebulan penuh. Dan orangny itulohh.. padat sesaaak.. hmm.. Jakarta2,, gw belum punya alasan yang kuat untuk tinggal permanen di Jkt. Terus gw duduk ditangga krn PRJ ini bikin kaki gw gempoorr alias pegel, kram. kesemutan. Sampai gw masuk angin, si buwlet ampe bantu pijat2 leher gw n kepala gw walau sesekali dy malah sibuk pencet2 BB baru dy (jiaahh.. dh beli BB lupa dh ama org yg ngebeli). Akhirny qt cabut sekitar jam 7an (ga jd dh niat nntn konser didalam PRJ), walaupun didalam situ (gw lupa sektor berapa, sektor B gt) ada satu area khusus elektronik IT, untuk kali ini dan pertama kalinya gw ga tertarik pas ngeliat tu area (krn masuk angin kali ya). Banyak hal yang gw yakin di PRJ itu unik2 semua, tapi apalah daya, kaki keram, masuk angin, dan ga enak badan. Pas balik qt naik bajai ke halte busway terdekat (koridor Ancol – Kp. Melayu) di shelter busway kembali si buwlet mijet2 leher n kepala gw, pas masuk busway juga dy mijet tangan n bahu gw, tp 5 menit kemudian kembali lg penyakit baru dy : mencet2 BB barunya. “Huff.. Dasar..”.

Isi PRJ

Pawai PRJ

Sebelum gw tutup, gw cuma menyarankan aj yaa.. klo beli BB, telitilah.. jangan terlalu excited krn mau beli BB baru ehh ujung2nya malah nyesal (tau ga kalo RIM-distributor resmi BB didunia-, pernah ngeblok PIN BB yang BBnya bajakan alias palsu, jd tiba2 BBnya ga bs connect aja k BB Services). Telitilah pin, IMEI, terus cek infonya jumlah pemakaian data berapa kb, dan voice berapa menit. BB yang bagus itu jumlah pemakaian data dan voicenya nol. Yang gw heran malsuin BB orang2 pd bisa, tp kenapa nge-reset jumlah pemakaianny para pemalsunya ga bs? emg firmware BB itu sulit y dioprek. Telitilah sebelum membeli agar tidak menyesal. Atau gunakan langkah smart ky gw : belilah yang udh pasti orignal (bundle ama operator), yg gw beli di Telkomsel itu, pas gw cek IMEIny di web, itu resmi terdaftar, jelas siapa yang ngeluarinnya, merek, tipe dsb. BB palsu tu (yg gw tanya di ambasador) untuk tipe curve – gemini (BB yg gw beli, krn entah kenapa si buwlet dh nyaman bgt ama BB tipe ini walau krmn dh ilang dan walau udh keluar tipe BB baru yaitu Onyx) tu harganya 2.450.000, nahh pas PRJ ini harganya 2,6jt. Jd kalo ga mau ribet n pusing2 saran gw n rekomendasi gw : belilah yang pasti2. Barang yang bagus itu ga harus mahal, tapi ga dapat dipungkiri bahwa barang yang bagus itu memang rada mahal. Mahal dikit 200rb – 300rb wajarlahh.. yang pentingkn dapat pasti2. Kecuali BB bundle operator harganya 2,5jt. terus yang abal2/black market tu 1,4 jt, nahh nurut gw beli aja yg abal2/black market tp teliti. Lahh ini harganya cuma beda 100rb (untuk kasus gw), mending beli yang pasti2, lebih mahal 100rb hati tenang dan pas gw cek juga (tekan BUYR di infonya), data 120kb (krn dipake buat donlot aplikasi) voice 0:00:00 (alias belum kepake), IMEInya pas dicek ke internet itu terdaftar di web, PIN-nya awalan 21xxxxxxx. Ngebelinya juga puas donnk.. karena terjamin asli. Gw beliin BB untuk si buwlet itu pake gaji pertama gw di Citibank, pertama kalinya juga gw beli BB, pertama kalinya jg gw kasih hp ke orang lain, dan pertama kaliny jg gw ke PRJ. Hahaha serba pertama y. Overall gw ngerasa puaaas bgt ngebelinya (apa sh yang lebih penting dari membeli kalo bukan kepuasan thd barangnya).

“Belum.. gw belum mau pake BB”, itu yang selalu gw tekankan ke tmn2 gw, termasuk tmn2 gw di Citibank. Sampai detik ini gw masih pake nokia gw, kenapa? karena apa yg BB bs lakukan itu bs dilakukan oleh Nokia gw dan lebih baik. Nokia gw lebih better dlm hal aplikasi termasuk fitur untuk modem HSDPA (Semenjak Citibank ga boleh akses internet, gw internetan pake laptop dengan ni HP sebagai modemny, lagian drmn lg coba gw update blog gw klo bukan via hp gw ini sbg modem😆 ). Namun ada dua hal yg nokia gw ga punya/ga bisa apa yg BB miliki : BBM dan BB Enterprise. Gw emang dah niatn koq, suatu hari nanti mungkin gw bakal beli BB, tepatnya pas gw dh keterima permanen disuatu perusahaan untuk dukungan email-ny (kenapa satu gedung Citibank hampir semuany pake BB, krn email citi.com itu nyambung ke BB Enterprise), jd emang udah kebutuhan/tuntutan aja gw harus pake BB. Tapi untuk saat ini, gw masih belum punya alasan kuat kenapa gw harus pake Blackberry (tp ngebeli BB udah pernah):mrgreen: .

BBny Jgn ilang lagi y bull

27 June 2010 - Posted by | Jejak Harian

No comments yet.

Leave a Reply

