Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Citibank – So Far #2

Huff.. masih inget kan hari dimana gw belum dapat akses ke sistem yang mau dimigrasi? nahh gw ceritanya mulai dari situ aja y. Jadi keesokan harinya adalah hari pertama gw lembur di Citibank (hari sabtu) gw datang jam 10 siang (sesuai dengan yang diminta) dan duduk manis sampai jam 11 siang. Ternyata jadwal yang harusny jam 1 siang untuk ngecek data ehh udah bisa mulai dr sekarang, jd bisa lebih cepat kerjanya. Karena gw belum punya akses jd gw disuruh duduk dikompie atasan gw pake id dy (dan diawasi supaya gw ga macem2), Walaupun ukuranny hanya sample, tapi karena ribuan data jd samplenya harus jumlahny puluhan bahkan ratusan. Halaahh.. Gw pikir sejam dua jam bisa selesai, ehh ternyata sampai jam 5 sore gw baru selesai nge capture data. Yaa klo dibilang oleh atasan gw “Hari ini santai, besok yang engga”. Ehh.. dalam hati gw kenapa besok ga santai kn cuma nge cek data aja pikir gw. Oia hari ini gw bingung mau lunch dimana (gw kirain disediakan kantor, ternyata engga mana foodcourt tutup dan jauh klo mau cari makan) terus temen gw si Chika itu nanyain mau nasi kotak ga? usut demi usut ternyata kakakny dy ada acara di gedung Inti (di jln sudirman juga) dy dan temen gw si dicky dengan baik hati membawa tu nasi kotak kedepan kantor gw doonkk,, Co Cweet (Alhamdulillah gw masih punya tmn2 yg care k gw) dan pas banget d kantor ga dikasih lunch, mau cari makan bingung kemana (hrs ke mall) ehh dapat nasi kotak. Gw dikasih dua kotak : satu buat gw satu lg buat tmn gw si Bimo, cuma krn dy dah makan gw kasih aja k tmn gw (kemal) yang satu lantai disini (berbeda dgn bimo yg beda lantai dengan gw alias dpt makan, gw n tmn gw ga dapat makan siang disini) dan nasi kotak dr si Chika itulah penyelamat idup qt bedua hari ini (haha lebay).

Keesokan harinya (hari minggu) gw datang jam 9 pagi dan celengak celinguk kenapa atasan gw dah datang, dan beberapa orang udh datang. Pas gw buka email gw itu ada beberapa email yang berbeda tapi intinya sama : “Data yang dipindah ke sistem baru, itu banyak perbedaan”. Weeleehh…. lalu gw skip coffe morning gw hari ini dan langsung kedepan komputer. Usut sana sini cek sana sini. Jadi apa yang gw lakukan hari sabtu gw lakukan lagi hari minggunya plus ngecek, sama ga data hari minggu dengan hari sabtu kemarin. Hasilnya banyaaak sekali data yang berubah. Dan harus -bahasany Citibank- Raised TIL (TIL itu kode klo ada masalah, pendek kata klo masalah didaftarkan akan mendapat ‘no masalah’ nahh itulah TIL). Banyak yang harus gw isi dan akses ke sistemnya jg jadi lemoot banget (krn siang ini hampir semua orang ngeakses). Siang hari orang IT Citibank di Singapur pamit pulang dulu karena td malam mereka lembur ga pulang. Yang di indo gmn? yaa tetap raised si TIL itu aja. Hari ini ga ampe sore gw dikantor, ampe malam hari. Namun, berbeda dengan hari kemarin, hari ini gw dapat lunch gratis : Burger King, krn diganti kantor jd gw minta burger double yang extra cheese plus tambahan macem2.. hahahaha.. Mantab2. Minggu beres gw pun pulang malam (padahal rencana awal gw cuma ampe jam 1 siang terus cabut, gw ada “janji” withsomeone” hari ini, ehh batal krn kantor😦 ).

Keesokannya (hari senin) gw datang pagi dan kaget saat gw buka outlook kompie numpuuk dengan email yang harus gw baca n follow up. Disini gw ama atasan gw ampe duduk sampimg2an untuk ngebahas masalah n conference call dengan IT di Singapur. Sampai hari kamis gw selalu datang pagi dan pulang malam. Barulah hari jumat mulai bisa bernafas dalam. Issue mulai selesai, ehh badan gw jd ky mau sakit. Gw flu hari jumat ini, sesak nafas dan juga lemas. Malamny gw ngerasa demam ringan.

Hari senin berikutnya, tampak mulai adem ayem alias ga ada masalah, Y udh kebanyakan gw tanyain ke IT singapur tu masalah. Terus klo lagi ga ada masalah paling gw balik lagi ngerjain kerjaanny AML (yup saat testing/hal2 yang berbau teknologi lg gw ga kerjakan gw bantuin kerjaan AML). Yang membuat gw selalu pulang malam (ternyata yang dibilang mba Maya : “kita selalu pulang malam lho” itu benaar sekaliiii). Tapi ada satu yang aneh, gw selalu kerja ampe malam dan gw selalu makan satu kali sehari, tapi kenapa berat badan gw tampak menambah?! apa karena gw cuma duduk aja gt seharian (ya iyalah ngantor masa ga duduk). Ntar dh gw cari tau apa masalah yg ngebuat gw tetap gendut. Hehehehe..

Ada satu hal yg gw lupa cerita diawal tentang bagaimana Citi berkomunikasi satu sama lain. “English is a must!“, yups bahasa inggris hukumny wajib sini (sunah untuk yg orang indo, gyahahaha). Y iyalah bank Amerika jd harus internasional dh bahasany. Ucapan maupun email (resmi) selalu pake bahasa inggris. Oiaa,, gw mau cerita ttg pertama kali gw nge-email n berbicara bahasa inggris di Citibank. Jd pertama kali gw kirim email menanyakan status akses gw, ehh gw malah diminta email aja k orang yg ditunjuk ama atasan gw. Nahh gw bilang gini ke atasan gw : “Mba bahasa inggris saya cacat mba” terus kata si mba Tias, “gpp namany jg kamu baru disini”. Y udh, ibarat gw lg belajar mobil setelah dibilang gt udah aja gw tabrakin ni mobil ke tembok alias gw kirim email isi bahasa inggris gw yg cacat itu. Hahahaha. terus dibales, disitu gw seneng banget (biarin dh gw emg kampungan) ada yg ngerti bahasa inggris cacat gw itu di Citi. Ga berhenti ampe disitu, lusany gw inget banget gw harus nanya satu fitur di sistem baru request dari CCU. Gw tanya ke Local technology (atasanny langsung) nahh dy forward email ke yg lain termasuk langsung k IT citibank di Singapur and k negara lain,, huaaa seneng banget rasany krn apa yang gw ketik, tanyakan dan maksudkan mereka ngerti😀. Termasuk kalimat pembuka emailny : “Hi Taufiq,” dr mereka, orang2 diluar indo. Huaaaaaaaaa… hahaha biariiiiiiiiiiiinnn… gw emang kampungan!!

Nahh itu ttg email, gmn klo telpun? Dulu si atasan gw ini yang minta gw ngejelasin masalah pas perpindahan sistem itu dengan orang IT di singapur. Gw inget banget awalny, si mba Tias kirim email ke mereka yang ngasih tau no ext telp dimeja gw dan meminta mereka untuk telpun2an dengan gw. Disitu gw bilang ke mba tias (lg) : “mba bahasa inggris saya klo ngomong tu blepotan”, kata mba tias : “mereka juga kok, tenang aja”. Senyum datar gw disitu dan entah kenapa gw jadi dag dig dug dag dig dug.. tiba2 telp gw bunyi, lalu gw bergumam sendiri “So this is the time huh?!” gw bergumam. Lalu dengan nada mantab tp tangan gemetar gw angkat gagang telp gw lalu terdengarlah suara yang sangat familiar : “Bear, turun nyookk..” jiahh si kemal temen gw. Trus gw bilang gw lg nunggu telp dr singapur. Lalu berikutnya nongol email dr orang IT singapur itu yg ngasih tau klo telp gw ga diangkat, terus gw reply klo gw (seharian) ada dimeja. Terus gw curiga telp yang dikasih si mba Tias beda, jd gw kasih no telp yg nempel ditelp gw. Lalu sepuluh menit kemudian, Tu telp berbunyi : “Trilililililililiilit..”. Dag dig dug.. dag dig dug.. “angkat ga yaa.. tatuuuuutt..” itulah kalimat yg gw ucapkan saat memandang telp gw yg berdering itu (dan sempat2ny ngomong gitu saat telp sedang berdering). Huuh!! gw harus bisa, klo misalny gw keterima overseas (amiinn), Hari2 gw harus angkat telp seperti ini. BANZAAAIII BERUUUAAANNNGG !!!!

gw : “Hello..”
IT’singapur: “hello with taufiq? I’m Vijayan”
gw : “Hi vijayan”
IT’Singapur: “and Sunil also here”
gw : “Hi Sunil, how are you?”
Sunil : “I’m doing good, how about you?”
gw : “Unwell, cause both of you calling me. Fine, very well thank you. So we will talk about the huge generated data as we discussed in email?”
IT’Singapur: “Yes, about that data..”

itulah sepenggal percakapan pembuka dimana saat gw memegang gagang telp dengan keadaan tangan dingin, gemetar dan muka pucat😆 . Intiny mereka minta ke AML untuk nge-delete data dari range tanggal yang mereka sebutkan. Vijayan dan Sunil itu keduany orang India dan mereka yg membantu masalah2 AML dr Singapur. Banyak yang gw omongin ama mereka. dan mereka itu ngomongny cepat sekaliii.. ada berapa kali gw bilang “I’m sorry/I don’t understand what u said/whaattt??” karena mereka ngomongny cepaaat (biarlah gw kn macii baru dicinii – as i mentioned in email when reply to them). Setelah itu? Alhamdulillah gw baik2 aja tiap terima telp dari Singapur (ngomong udah engga gagap lagi tp tetap blepotan, tangan ga dingin plus gemetaran lagi, dan jd rajin bersihin telinga). Hahaha emang kalo mengalami sesuatu yang baru untuk pertama kali pasti heboh, kampring tapi seruuu.

Hmm,, di Minggu ke-3 n ke-4 ini lebih banyak orang yang gw kenal, yang bisa gw tanya, cerita dan juga sharing ilmu. Oia sehari2 gw selalu pake busway untuk ke kantor (mewah ya padahal cuma dari halte setiabudi ke halte gelora bung karno busway koridor 1 – alias cuma ngelewatin 3 halte aja. Tapi klo gw berangkat siang (udah jam 8 pagi keatas atau pulang diatas jam 8 malam gw selalu naik KOPAJA 19).

Hmm.. terus, omongin apalagi yaa. Oia pantry, ingat standar gw ttg pantry kantoran itu harus ada “coffemaker“, ternyata itu standar kantor di jkt yaa krn semua pantry disini ada tu mesin (kembali gw kampring banget dwehh). Terkadang gw naik satu lantai ke pantry lt 9 ini untuk sekedar ngopi n ngobrol ringan. Oia gw demen pantry lantai 9, ada vending machine-nya. Belinya? pake kupon donk. Per kupon 4rb (jauh lebih murah dibanding beli di halte busway seharga 6rb per-kupon). Nahh gw iseng2 aja crosscheck harga ke indomaret, ternyata untuk bangsa frestea itu di indomaret Rp 3.900 (kupon 4rb – lebih mahal seratus), tapi untuk yang lain, cola, sprite, fanta, pulpy orange di indomaret diatas 5rb semua (kupon 4rb – lebih murah). Kuponny sendiri nurut gw lebih mirip pecahan 100rb (dr sisi warna). Ga tau tuh, bisa dipalsukan ga yaa.. klo tiap kupon ga ada indikator pengenal (semacam magnetic field atau apapun itulah) hanya berdasarkan panjang, lebar, n tebal kupon berarti bisa donk dipalsukan. Artinya bs minum soda gratis dimana saja. Hahahaha.

Kupon Tampak Depan


Kupon Tampak Belakang

Nahh menyinggung vending machine,, entah kenapa jiwa ‘dokumentasi’ gw langsung keluar. Jepreet dulu ahhh.

I love this machine

18 June 2010 - Posted by | Jejak Karir

No comments yet.

Leave a Reply

