Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Citibank – So Far #1

Bete… bete.. bete.. bete…
Bete… bete.. bete.. bete…
Bete… bete.. bete.. bete…
Bete… bete.. bete.. bete…
Bete… bete.. bete.. bete…
Bete… bete.. bete.. bete…

Dua minggu udah gw lalui kerja di Citibank, dan gw pun bete… bukan bete kerja di Citibank (yaa ga mungkinlah..) tp bete.. banyak hal yang gw temui, banyak hal hal baru yang gw rasakan, banyak cerita yang ingin gw ungkapkan namun ga bisa gw ceritain…. Kenapa?? tentunya karena si ini :

Rules

Yup, didalam buku tersebut intinya menjelaskan “What happens in Citibank”, stays in Citibank”. Pheww,, maaf ya.. gw ga bs cerita ttg hal2 seru yang gw temui dan gw kerjakan di Citibank. Jadi ngapain dnk? hmm.. gmn klo gw cerita kulitnya saja selama gw bekerja di Citibank Tower ini. Jadi begini tiga hari awal gw mulai bekerja sebenernya gw ngantuk2 karena ga ada kerjaan (kn dh gw bilang gw datang pas masa tenang), dan gw mengerti akhirnya posisi gw ini. Jadi gw itu bukan under AML (Anti Money Laundring), gw under Technology Dept Citibank. Nahh si AML ini butuh orang dari teknologi makany gw “dipinjamkan” ke mereka (AML) untuk bantu2 dari sisi teknologi. hahaha kasian y gw jd ky barang aja dipinjamkan. Oia.. AML ini tu gabung ama CCU (Compliance Control Unit), dihari keempat gw dah tau semua nama disini –at least orang2 yang duduk deket meja gw- dimulai dari bos gw, mba Tias, mba Darti dan Mba Maya (lagi cuti hamill.. amaan..) terus ada jo, Deni, Sinchan (Mba Shinta), mba Luci, mba Titut, dan mas Deris. Terus ada pak Reza, Pak Indro (bosnya bos gw) dan bu Mirah (bosnya pak Indro alias bosnya bos bos gw). Klo lintas dept tentunya seperti pak Eko, mba Achie, Nimas (rui), mba Lidya, Mba Ingrid, dan lain lain. Oia termasuk gw ketemu juga ama orang yg dulu gw kirimin email, Shandy. Rame dehh pokokny.. dan hal terbaik dalam sosialisasi disini ialah we’re all food lovers😀, makaan aja.. ada 4 hari lebih gw makan siang gratis (dapat makan krn ultah orang), belum lg cemilan yang ada dimeja mereka yang selalu ditawarkan ke gw. Huaa.. maksud gw pulang ke bandung ntar badan ky L-Men ni curiga akhir agustus badan jd XXL-Men.

Hmmm.. selain makan, gw mau ngomongin ttg plaza bapindo. Jadi di plaza bapindo ini ada dua menara, Citibank Tower dan Menara Mandiri (di jln sudirman ini banyak banget gedung Mandiri). Gedung Mandiri itu dekat dengan gedung parkir, dibasement bawahny itu ada indomaret, dan foodcourt. Standar harga makanan disini tu 20rb (klo cemilan tu sekitar 10rb), makany gw cuma makan satu kali sehari. Terus ada mesjid gede (biasa untuk sholat jumat), ada toko kue, cafe, dan ATM (paling banyak ATMny Mandiri – yaiyalah).

Lalu gw mau cerita problem pertama kerja gw di Citibank (perdana nii), jd Citibank ini punya sistem, dan sistem ini membutuhkan username dan password, kalo gw mau/pengen punya akses ke ni sistem berarti gw harus raised (bahasa Citi-nya) request. Nahh hari senin yg lalu gw raise dan pada hari selasa status gw dah keluar : Rejected. Apaa?? kenapa bisa reject? akhirnya gw laporkan ke atasan gw, dan menyuruh gw naik ke lt 11 tuk raise issue ini. di lantai 11 gw baru tau ternyata kenapa gw ga boleh akses tu sistem. karena tu sistem udah sistem jadi (bukan testing lagi) dan yang diberi ijin hanya karyawan tetap bukan outsource kaya gw. Hahaha artinya gw harus diangkat jadi pegawai tetap dulu doonk. Sayang realitany tidak seindah yang gw harapkan, gw laporkan ke atasan gw dan atasan gw membuat internal memo yang isiny memberi gw ijin untuk akses penuh walau gw pegawai outsource. Yang ttd? para bosnya bos gw. Pikir2 gaul jg y gw.. belum jg sebulan tp gw dah dibuatkan internal memo😀

Lalu masalahny dimana? IT yg ngehandle Citibank Indonesia itu kn di singapore, nahh detik2 mau pindah sistem gw malah raise request buat dibikinin access. Lagi ribet2nya, malah ada satu request (permohonan akses gw) yang dengan atau tanpa dieksekusi (tu request) ga akan mempengaruhi perpindahan sistem di Citibank. Yaa jelas aja ga diwaro (misalny pun gw diposisi IT singapur, gw jg ga akan nge-waro request ky gt), dan atasan gw sangat menyayangkan karena gw ga aktif nge-follow up tu request ttg akses gw. Yup kesalahan pertama gw di Citibank adalah gw ga aktif nge-raise request akses sehingga gw belum mendapatkan akses. Padahal besok tu sistem udah mulai migrasi.

Oia,, untuk pertama kaliny jg gw dibawa oleh atasan gw ke rapat yang nurut gw rapat besar2an krn nama2 orang2 papan atas disini hadir didalamny. Rapatny seputar apa? tentang migrasi sistem tentunya. Dan ID gw satu2nya ID yang ada tulisan ‘Contractor’ (temporer staff dengan pas foto background merah. Untuk yang permanen staff pas foto latar belakang biru). Jadi itu bener2 cuma gw sendiri yang paling muda ID-cardnya ada warna merahnya. Dan karena banyak yang hadir, sehingga hanya orang2 penting yang dapat duduk dimeja rapat, sisanya banyakan berdiri (termasuk gw), dan gw berdiri tepat disebelah bapak2 yang membawakan presentasi. Iyaa.. hampir semua mata diruang rapat itu sesekali noleh ke gw dan id gw (sesaat gw pengen teriak : Jadikan saya permanen staff doonk).

Dan gw jg sempat ikutan pelatihan karyawan untuk evakuasi jika ada kebakaran di gedung. Jadi sekitar jam 10 siang alarm kebakaran dibunyikan dan kita semua turun (harusnya pake tangga, tp banyak yang milih pake lift termasuk gw). Terus semua dikumpulkan dibawah untuk beberapa menit. setelah itu pada bubar deh buat makan siang😀. dan karena gw demen dokumentasi, gw jepret aja situasi saat itu :

Latihan evakuasi jika terjadi kebakaran

Bubar untuk makan siang

Itulah dua minggu pertama gw disini, oia., pagi tadi gw email salah satu orang yang ngurus ttg request login ITnya Citibank (singapur), ternyata beliau sedang cuti sampai hari selasa. Ga ngerti dehh,, suasana genting, gini gw masih belum dapat priviledge akses ke sistem yg baru. Huuu,, besok udah mulai migrasi lagi.. y ampuunn… gw cuma diam aja dikantor hari ini, ga banyak ngomong (hanya aku dan komputerku saja siang ini, kita saling tatap2an lebih dari dua jam) sekedar klak klik ga jelas dikantor. Terkadang gw mengucap pelan sambil berdoa:

“Moga2 besok lancarr.. amiiinn..”

4 June 2010 - Posted by | Jejak Karir

4 Comments »

  1. jiah ane juga sering tuh bos,malah udah kenyang dari gempa sampe latihan kaya gitu….malah blom lama lt atas kbakaran,wah sneng bgd tuh w pulang cpet,xixixixi

    slm knal deh
    w penghuni lt 4
    TI support

    Comment by zoldick | 1 August 2010 | Reply

    • Horeee… ada comment dr TI support😀,, wahh bener y terakhir itu yang ventilasi lt atas terbakar dan bikin asap tebal bgt. Nahh ini nihh veteran bapindo, dah mengalami berbagai kejadian.. hehehehe..

      gan zoldick, bs nihhh berbagi ilmu dan pengalaman di TI support Citibank😀

      Comment by bruangku | 2 August 2010 | Reply

  2. bisa berbagi ilmu tentang perkuli’an,hehehe
    dibapindo itu ga nyaman ga kaya di brance yang bisa nyantai,di sana kerasa bangat jadi kulinya,hehehe
    penguni lantai brapa gan?

    Comment by zoldick | 8 August 2010 | Reply

    • heee.. bang zoldick.. soriii.. bulan agustus dan seterusnya keluar dh penyakit tahunan : ga buka blog. hehehe
      penghuni lantai 8 bang, tp dah resign agustus kmrn😦
      di lantai 4 ada lowongan ga? hahahaha..
      Oia titip salam y kalo ketemu makhluk bernama rizky maruli di lantai itu (ga ketemu jg gpp kok) :p

      Comment by bruangku | 16 November 2010 | Reply


Leave a Reply

