Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Citibank – First Day

Sebelum gw cerita tentang hari pertama gw di Citibank gw mau cerita dulu tentang perjalanan sampai hari pertama ini. Inget hari dimana gw diterima di XL? Nahh malemnya kn gw nelpun bu Maya tuh, dan gw menanyakan kenapa gw belum ditelpun lg ama Citibank, ternyata bu Maya jg kaget dengan pertanyaan gw. Disitu bu Maya ngebilang : “Ya udh saya coba tanyakan dulu, nanti saya yang follow twitter up ke kamu”. Setelah mengucapkan terima kasih telpun pun gw tutup. Seminggu kemudian, gw masih penasaran knp udh lewat seminggu gw belum ditelpun juga. Akhirnya sekitar jam yang sama dengan minggu kemarin gw coba telpun ke bu Maya lagi. Dan telpunnya ga diangkat sehingga gw tinggalkan pesan di mesin penjawab bu Maya dan meniatkan untuk menelpun besok. Keesokan harinya (jumat) gw kembali nelpun bu Maya dan kembali telpunnya ga diangkat sehingga kembali gw meninggalkan pesan dimesin penjawab bu Maya. Apa karena hari ini dah weekend ya, ato jangan2 bu Maya udah cuti mau melahirkan?!. Coba dh ntar senin gw telpun bu Maya pas lg weekdays. Pada hari senin, paginya gw UAS Sistem Pengambil Keputusan yang menurut gw jawaban gw cukup baik. Pas lagi makan di kantin GKU Lama, ngobrol bareng mas sigit dan mas purna seputar SAP dan proses yang berulang di BUMN, lalu tiba2 hp gw berbunyi. Panjang umur sebelum gw sempat telpun ke bu Maya ternyata ada telpun dari Citibank, dan saat gw angkat dari bu Maya yang kembali heran kenapa gw masih belum ditelpun. “Saya sudah dikasih id dan password kamu disini, tp kenapa kamu masih belum ditelpon?! Ya udah saya coba tanyakan kembali dan saya yang follow up kamu”(dengan nada galak kental bu Maya – yang gw tau banget model bu Maya paling ga senang klo ada urusan yang seharusny dah beres dari kemarin tp sampai detik ini belum selesai yaitu kasusnya gw) kata bu Maya. Setelah mengucapkan terima kasih, telepon pun ditutup. Selasa siang beres gw UAS Sistem Informasi Intelijen tepatnya pas gw lagi dijalan beres ngedrop si Satya di bank Mandiri, gw terima telpun yang nomernya jakarta. Pas gw angkat ternyata dari PT Asia Outsourcing Service (apa itu?) dengan ibu Lily, yang meminta gw datang kesana tuk tanda tangan kontrak sekaligus ada wawancara (yg gw tau kemudian ini adalah pihak ketiga antara Citibank dan gw buat penempatannya) besok harinya (rabu). Gw diminta membawa fotokopi KTP, Akte, Kartu Keluarga, Ijasah, Transkrip, pas foto berwarna 3×4 2lbr, materai 6000 2 lbr, surat keterangan sehat (asli). Setelah gw catat apa yang harus dibawa beserta alamatnya, gw pun dijelaskan oleh bu Lily yg bilang “setelah kamu tanda tangan dan interview kamu langsung mulai bekerja besok” (kaget gw secara besok gw masih ada UAS), terus gw jelasin kalo gw dah pernah ngobrol hal gw lagi ujian ini ke bu Maya, dan menurut bu Maya gw bs dikasih ijin untuk ujian (hanya pada hari ada ujian, hari lain gw harus masuk). Setelah gw ceritain begitu, si bu Lily ini ngebilang kalo dy bakal tanyakan dulu ke Citibank mengenai UAS ini, nanti gw dikabari lagi (yang artinya gw harus menunggu). Sampai malam gw jg ga ditepun (hoo.. y udh deh berarti emang belum aja).

Jumat pagi tepat gw lagi males2an ditempat tidur sambil baca buku mengenai BSP miliknya IBM, telpun gw pun berbunyi dan itu dari PT Asia Outsourcing Service. Lalu si ibu yang ditelpun (bu Sylvia) ngebilang gini : “Taufiq, kamu harusny pagi ini datang kesini untuk ttd kontrak, tp kenapa pagi ini kamu belum datang?”. Kaget gw.. lalu gw jelaskan klo gw ga dikasih kabar untuk datang pada hari jumat ini kesana. Setelah penjelasan panjang lebar barulah si bu Sylvia bilang “Kalo hari ini kamu bisa ke Jkt? tuk ttd kontrak?” lalu gw bilang aja bisa dan akhirnya gw ditunggu disana hari ini. Tempatnya di Jl. Radio Dalam no. 16 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Huee.. dimana ituu?? ada sejam gw mikir travel apa ya yang cocok kesana. Klo kata tmn gw si ratih dy bilang pake Xtrans aja yang ke Blok M, trus pake Taxi (masuk akal). Y udh deh gw pake Xtrans. Tapi tiba2 gw kepikiran gini : Bawa mobil aja deh. Hahah y udh gw bawa mobil kesono, gw idupin sedan gw dan meluncur kesono siang itu. Pas dijalan gw baru inget klo gw ga punya surat kesehatan (asli). Halah.. y udh gw mampir ke RS Santo Yusuf di Cicadas. Trus akhirnya gw diperiksa oleh dokter dan menanyakan apa keluhan gw (pasti semua org yg minta surat kesehatan untuk bekerja menjwb ga ada keluhan). Setelah dari situ gw cabs ke Jkt. setelah menempuh melewati tol Cipularang dan Cikampek, Alih2 gw ngambil jalan dalam kota gw langsung ngambil outer ring road-nya kota Jakarta. Jadi gw keluar dari tol Cikampek di gerbang tol Cikunir (km 11) dan keluar dari outer ring road itu di daerah Pondok Indah. Dari situ lampu merah pertama (lampu merah yg ada Carrefour-nya) gw belok ke kanan. Luruuus aja sampai ketemu PIM (Pondok Indah Mall) lalu ada perempatan lampu merah belok ke kanan luruus nanti ketemu pertigaan pertama, lalu belok ke kiri dan itulah jl. Radio Dalam. Gw coba cari plang nama tu perusahaan dan gw ga ketemu2. Akhirnya gw nelpun ke kantor tsb dan gw jelaskan posisi gw. Ternyata tu bangunan ada diseberang Ace Hardware Radio Dalam. Hahahah emang ga ada papannya, bangunanny warna coklat dengan tangga darurat terlihat dengan jelas didepan gedungnya. Gw parkir dan masuk kedalam.

“Mba mau ke ibu Sylvia” sahut gw ke mba2 direspsionis dan langsung mba2 tsb bilang “Dengan Taufiq ya?” lalu gw jawab iya (klo dari cerita si mba resepsionis nama gw termasuk dalam daftar prioritas tamu untuk hari ini, ehm.. jadi malu) dan gw disuruh mengisi formulir karyawan. Lalu sebelum gw isi formulir gw pun menanyakan toilet dimana, “lantai 2” kata satpam yang ada lalu gw naik keatas dan nemu satu ruangan kaca penuh komputer (kaya game-net) yang isinya orang2 yg lebih muda setahun dari gw, masih belia lah. Hahaha.. lalu gw masuk ke bilik kamar mandi paling kiri. Setelah itu gw keluar dan gw kaget kenapa banyak cewek yang ngantri didpn, ceweknya lucu2 dan senyum2 manja ke gw. Lalu gw tanyakan ke mereka “ini toilet khusus wanita?” lalu salah satu dari mereka meng-iyakan sambil tersenyum manis ke gw (huaaa.. gw salah toilet). Di pintunya ga ada tulisan gents/ladies. Dodol ni bangunan, setelah meminta maaf ke mereka, yg gw tau mereka lebih serius ngeliatin gw sambil senyum2 dan bisik2 satu sama lain ketimbang ngedenger kalimat maaf gw, gw pun turun kebawah dan gw mengisi lembar formulir. Pas gw lagi ngisi lembar formulir tiba2 ada yang bilang gini : “Taufiq ada? dengan Taufiq Aribowo”. Gw yg lagi ngisi formulir tersebut bengong bentar sambil bergumam : “Uwihh kaya nama kramat gw”, lalu gw ngeh klo itu emang nama keramat gw. Dan gw berdiri ternyata yg manggil gw ibu Sylvia (sekilas mirip ama bu Maya), meminta pas foto gw tuk di-scan terlebih dahulu lalu mempersilahkan gw menyelesaikan kembali pengisian lembar formulir gw. Ya ya ya ya.. setelah itu gw kembali ke frontdesk dan bu Sylvia muncul beberapa saat kemudian mempersilahkan gw tuk wawancara (lahh kenapa ada wawancara). Disitu gw cuma ditanya2 soal formulir gw dan kenapa gw bs masuk ke Citibank. Setelah itu gw dikasih alamat tempat gw ttd kontrak (lahh.. bukan disini toh) setelah jabat tangan gw pun keluar masuk ke mobil dan cabs menuju tempat yang gw tuju itu.

“Tieh, yang three in one jalan apa aja sh?” gw tany ke tmn gw yg lg OL di Ym-nya saat itu dan gw pun membuat perkiraan jalan yang jangan gw lewati. Gw cabs dari situ jam 4 sore ga lucu aja gw masuk ke zona ’tilang’ itu. Gw aktifin GPS bawaannya si Nokia dengan menset tujuan gw ke jln tentara pejuang. Baru sekitar sejam kemudian gw nyampe ditempatnya Rukan Permata Blok E 10, dan ternyata itu tempatnya si PT Asia Outsourcing Service juga. Lalu gw masuk dan menunggu untuk ketemu bapak Adit, lalu gw diminta mengisi formulir jamsostek dan gw masuk ke dalam ruang rapat terdekat dari pintu tersebut (sebelah kiri). Didalam gw dijelaskan isi kontrak tsb (isi kontrak spt biasanya, pihak I bla bla bla, pihak II bla bla bla bla, dst). Lalu gw jg dikasih tau gmn cara menghitung gaji bersih setelah dipotong aneh2. Lalu akhir kata gw diminta ttd. Di kontrak gw dijelasin tgl 17 mei 2010 gw udah harus masuk ke Citibank, lalu gw jelaskan gw masih ada UAS seminggu lagi. Dan gw keluarkan jadwal ujian gw yang ada cap resmi dari ITB (jadwal asli lhoo). Disitu si pak Adit berpikir dan memutuskan untuk gw masuk hari jumat aja. Dan gw pun setuju. Akhirnya gw ga jadi ttd kontrak hari itu. Lalu gw diminta kembali datang kamis depan untuk ttd kontrak (kontrak skrg akan diperbaharui sesuai kesepakatan tanggal), dan memulai kerja pada hari jumatnya. Sebelum gw balik gw diminta membawa kelengkapan dokumen lagi yaitu : surat lamaran + cv ke PT Asia Outsourcing Service, nahh disini gw jd ngerti, jd gw harus masuk dulu jd karyawan ni PT AOS untuk selanjutnya di-hire oleh Citibank (Hari gini ga outsourcing), pas foto latar belakang merah, copy buku yang menandakan pemilik rekening BCA (untuk transfer gaji), dan NPWP. Setelah itu gw langsung cabs menuju kendaraan gw tuk kembali ke Bandung. Alih2 gw langsung dapat tol tapi gw malah diam ditempat dijalan ibu kota, kenapa malam itu jalanan maceeet panjang. jam 9 malam gw masih dijalan dnk dan belum masuk tol. Karena nurut tmn gw yg sedang melintasi tol Cikampek macet panjang, y udh deh gw urungkan niat gw balik malam ini. Gw malah menuju tempat sodara gw di Rawamangun. Malam ini gw tidur disono aja, besok gw baru balik ke Bandung. Minggu depannya (hari kamis) gw datang kembali ke tempat tersebut bertemu pak Adit untuk ttd kontrak. Ada sekitar 10 lembar lebih yang harus gw ttd hari itu (berasa artis bangetlah), oia, klo untuk ttd lembar_apapun_yg_ada_kaitannya_dengan_Duit kontrak gw pake pulpen andalan gw : Parker (walaupun untuk lembar terakhir gw pake faster krn keabisan tinta (lupa diisi). Lagian Parker dan Faster namany beda2 dikitlah.. hahaha..

Itu-lah flashback sebentar cerita gw, nahh sekarang adalah hari pertama gw di Citibank. Hari pertama gw di Citibank diawali dengan perjalan menuju gedung bapindo di sudirman, krn mw hemat dan adem gw pakai busway menuju gedung itu. Gw nyampe tergolong kepagian, jam 6.30 (bahkan indomaret yg di basement plaza bapindo belum buka), ya udh gw nunggu di smoking room-nya (yg kali ini gw bener2 udah berhenti ngerokok tp mupeng ngeliat mba2 disebelah ngerokok), dan naik ke lantai 4 dahulu untuk menyerahkan amplop dari AOS tuk pak Mario Ongke, karena hari ini beliau belum datang jdnya gw nunggu aja diruang tunggu lantai empat. Lalu satpamnya ngomong klo mau dititip aja (ide bagus) y udh gw titip dulu dan menuju lantai 8. Dilantai 8 gw bertemu dengan mba Darti yang kemudian menjelaskan mengenai AML (Anti Money Laundring) yang merupakan tempat gw bekerja. Selang sejam kemudian mba Tias datang yang menjelaskan kembali posisi gw disini. Singkat cerita gw di Citibank under technology dept, tapi gw “dipinjamkan” ke bagian AML untuk ngebantu dari sisi teknologinya (hoo.. sekarang gw ngerti kenapa mba maya dulu bilang “kamu bakal ada dipertengahan antara bisnis dan IT”). Dan ternyata gw tu buka intern tp karyawan (tp status kontrak bukan permanen). Klo intern ga dapat overtime (gaji lembur). Dan menurut mba Tias gw datang dimasa yang ‘relatif tenang’, alias repot2nya udah lewat. Hahah baguslah, hari ini gw belum ada penugasan dulu jd gw cuma dikasih buku mengenai AML. Oiaa,, meja gw dipojok (sendiri), walaupun nyempil sendiri tapii gw dapat pemandangan sudirman lhoo… (gw bisa ngeliat siapa yang lewat), hehehehe bener2 good..

Siang harinya gw dan kemal (kenalan gw di Citibank) turun kebawah (foodcourt) untuk makan siang dan ketemu ama temen kuliah gw dulu si Bimo (usut demi usut, dy keluar dr HSBC karena ga nyaman jd balik lagi ke Citibank), dan kenalan dengan teman2 bimo n kemal yaitu Rizky, Rengga, Desya dan Widya. Lalu yang cowok jumatan (kecuali Bimo, Rengga, Desya dan Widya) di mesjid bapindo. Setelah itu gw balik ke lantai 4 untuk urus ID Card yg sekaligus access card gw (krn tanpa tu benda gw harus nunggu didepan pintu ruangan manapun dulu nunggu ada yang bukain pintu), Oia gw dapat jatah parkir kendaraan.. hahaha sayangnya gw ga akan pernah mau bawa kendaraan pribadi ke Jakarta selama 3 bulan kedepan. Terus sore ini gw cuma habisin waktu membaca buku mengenai AML itu sendiri bagaimana.

Itulah hari pertama gw di Citibank, sebenernya ada satu hal yang gw sedihkan hari pertama gw ini : ‘Gw ngerasa hepiiiiiiiiiiiiiii banget’, orang2nya baik + rame, tempat kerjanya nyaman, kerjaan gw antara IT dan bisnis, kantor gw di Sudirman Jakarta. Perasaan hepi itulah yang gw sedihkan di hari pertama ini, krn PASTI gw bakal sediiiiihhh bgt di hari terakhir gw di Citibank nanti😥

note : Oia.. semenjak gw demen narsis dokumentasi. Gw foto perdana dehh buat fb gw file gw sendiri

Citi Never Sleeps

21 May 2010 - Posted by | Jejak Karir

1 Comment »

  1. Mau nanya2 info seputar PT AOS
    Boleh nggak ? Kontaknya kemana ya ?

    Comment by Ellisabeth | 7 September 2016 | Reply


Leave a Reply

