Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

XL Pro – Part 1

 

“Trittrittiritirititriritiriiritiritir……”
Itulah bunyi yang memecah pagi hari ini, bunyi yang membuat gw tersadar dari tidur nyenyak gw, bunyi yang membuyarkan mimpi gw lg jalan romantis bedua bersama Angelica Faustina, bunyi sialan itu adalah alarm hp gw..

Alarm itu emang gw set untuk “teriak – teriak” jam 3 pagi, karena itulah saatnya untuk Barclays Premier League dengan pertandingan live Chelsea vs Portsmouth. hahaha semenjak gw fansnya Chelsea dari tahun Robben masih disono, sudah ritual untuk selalu menonton setiap pertandingan Chelsea. Hasil akhirnya, Chelsea 5 – 0 Portsmouth (emang udah ketebak koq Chelsea bakal menang). Hahaha. Pertandingan beres jam 5 pagi, dan gw ga tidur lagi, sibuk beres – beres apa yang mau gw bawa hari ini. Setelah sarapan, gw cabut menuju BTC, naik travel cipaganti menuju ke Casablanca, Jakarta.

Yuupp.. hari ini adalah hari panggilan gw tes di Excelcomindo (atau lebih dikenal XL penyedia layanan seluler) untuk posisi yang gw sendiri lupa namanya. Katanya diminta ikut psikotest dahulu, ya udh gw ngikuuut aja. Ini sebenernya panggilan keempat gw, jd awalnya di bulan oktober 2009 gw petama kali ditelp oleh mereka krn gw apply via jobfair ITB 2009, dan gw bilang gw lg S2 dan lagi ga bisa. Waktu berubah dan pada bulan Desember 2009 gw ditelp lagi dan kembali gw jelasin kalo gw lg S2, dan orang yg ditelp nanya : “Kapan Selesainya” dan gw bilang baru akhir tahun 2010 Insya Allah gw selesai (tahun depan intinya). Panggilan ketiga : 2 minggu yang lalu, gw diminta untuk psikotest pada hari kamis jam 1 siang, dan gw confirm gw bisa ikut. Tp ternyata.. di hari itu ada persentasi kelompok ttg sistem informasi intelijen dan td nya sh gw mau kabur aja setelah gw minta pendapat anggota kelompok, gw memutuskan untuk ikutan persentasi dulu baru ijin cabs. ehh, ternyata gw beres persentasi pas kuliah dah mau beres jam 10.45, waw.. cukupkah 2 jam naik travel ke Mega Kuningan? Suatu hal yang ga mungkin (kecuali gw presiden). Akhirnya gw putuskan untuk tidak ikut tes, dan gw menyimpulkan gw otomatis gugur sebagai kandidat (udah confirm iya ehh ga dateng = gugur kan). 2 hari yang lalu gw ditelp lagi untuk undangan psikotest, dan gw langsung men-iya-kan dan gw jamin dateng n nyampe. Oia psikotestnya ada 2 sesi = sesi pagi : 8am dan sesi siang 1pm. gw pilih yang siang, pagi kn gw mw nonton liga inggris dulu.

Oia, hari ini gw bolos kuliah, biarlah gw kn jarang2 bolos (yiuuuu). setelah 3 jam perjalanan menggunakan mobil travel (dimana 2,5 jamnya gw tidur di mobil), akhirnya gw nyampe juga didepan jalan menuju Mega Kuningan, gw turun diseberang Ambasador Mall. Tadinya gw langsung mau ke grha XL tersebut (keliatan dari jauh) tp gw sempetkan diri mampir ke Ambasador, mau beli voucher cdma (krn saat itu gsm dan cdma gw menunjukan credit yang hampir sama : Rp. 1516,-) jd kudu di refill ieuh.. beres gw isi ulang gw turun dan keluar dari mall Ambasador setelah membeli roti dan 2 CD PS2 Klasik : Ace Combat The Belkan war dan Ace Combat 5 The Unsung War. Maklum karena cita – cita impian menjadi pilot pesawat jet atau pesawat tempur ga pernah kesampaian gw pengikut sejati Ace Combat Series.

Di Mega Kuningan gw nyampe di gedung XL pertama yang gw liat diawal turun dari mobil travel, ternyata ada dua gedung : yang satu “Grha”, bangunan dengan dominan putih, satu lagi “Menara”, bangunan dengan dominan hampir seluruhnya biru, gw di grha-nya, jd gw masuk kedalam. Tadinya gw mau lewat pintu yang bisa muter – muter itu loh, tp ternyata saat ini tu pintu hanya pajangan dan kita harus lewat pintu kecil disampingnya, ada security-nya dan gw diminta lapor ke frontdesk. “Selama siang”, sapa mas2 yg ada dibalik meja itu, setelah gw bilang mau psikotest, gw dikasih id tamu, dan gw naik tangga keatas. Banyak orang, namun id mereka bukanlah tamu, tp karyawan.. hoo.. ternyata ada musholla di lantai dua depan tangga, pantes aja ngumpul disono, terus gw belok kedalam suatu, apaa ya, ruangan besar yang ada foto – foto ttg aktifitas XL, berbagai pengumuman termasuk ada alur kerja dan tanggung jawab masing2 departemen setinggi dinding dibelakangnya. Gw duduk di-semacam-sofa-kecil-kotak warna item (ada banyak) dan gw nunggu disitu. Setelah beberapa waktu ada juga orang yang dateng. Biasaa.. gw kenalan donk. Namanya Ebnu dy dari Indosat, selang berapa lama ada korban kenalan lagi namanya Beja klo dy baru lulus februari kemaren. setelah ngobrol2 ada ibu2 dateng nanya : “mau psikotes ya?” serentak kita bertiga bilang “Iya” dan kita disuruh nunggu bentar. Setelah menunggu sekitar 5 menit tibalah waktu tes, kita disuruh masuk ke satu ruangan. Di awal feeling gw bilang tes siang pasti sedikit pengikutnya, dan ternyata bener, cuma 5 orang cowok dan 1 orang cewek yang tes hari itu. Dan disini gw juga baru tau klo posisinya untuk XL Pro, penjelasan singkat dari si ibu bahwa XL Pro tu program magang dari Excelcomindo yang mereka sebut “eXcellent Learning” selama 6 bulan dan digaji plus dapat tunjangan, salah satu bentuk tunjangan yg diberikan adalah komunikasi (ya iyalah training diprovider seluler). Tes bakal mulai dari jam 1 siang dan diusahakan akan selesai sebelum jam 5.

Tahap 1 : tes ditahap pertama ini adalah salah satu psikotest yang gw demen dari dulu, tebak pattern, jd ada 6 patterns yang satu hilang dan kita disuruh menebak pattern yang ilang tersebut berdasarkan 5 patterns yang ada. Disini ada satu pattern yang ga bs gw tebak, padahal gw dah mikir abis sampai waktu abis ttp aja ga ketebak.
Tahap 2 : tes ditahap dua adalah tes deret angka.. disini kita disuruh tebak angka selanjutny berapa. yaa deret biasa seperti psikotes pada umumnya.
Tahap 3 : saat memasuki tahap ketiga (dimana lembar jawaban dan soal tahap kedua dikumpulkan) gw ngeliat diatas meja pengawas dan baru ngeh sh, kenapa ada tape-radio, ruangan tes itu sangat rapi dan tidak ada “Prabotan lain” selain meja kursi, small standing white board, Ac tersentralisasi, dan pengharum ruangan elektrik yang pengen gw ambil setelah tes saat ruangan telah kosong. Dan tentunya tu tape bukan pajangan karena terhubung ke arus listrik. Saat gw sibuk memikirkan, ibu tersebut memberi arahan “sekarang kita tes bahasa inggris” dan gw langsung bergumam “hoo… pantes”. Tes ketiga adalah bahasa inggris, mirip banget dengan tes BNI kemaren : jadi dites itu ada tiga bagian, Listening, Structure dan Reading. Tapi yang gw suka, native di-tape tersebut berbicara dengan pelan dan jelas, jd lebih gampang mendengarkan (dibanding dengan tes BNI kmrn, Cepat dan kurang jelas dengarnya) dengan teliti.
Tahap 4 : Tes keempat adalah King of any kind psikotest : Lembar Pauli, itung2an, tes keempat ini sekitar hampir sejam.
Tahap 5 : Masih dalam keadaan tangan kram (dan injury), kita semua lanjut ke tes kelima, tentang kepribadian, Diakhir tes keempat tadi, gw ngerasa ga enak badan, entah mungkin krn gw ga makan siang cuma makan roti aja atau krn gw tepat dengan laju aliran AC sentral yang menurut gw lumayan kencang, ngebuat gw masuk angin. Ditambah lagi wangi ruangan yang setiap 15 menit menyemprotkan wangi2an. Pusiing dan mual.. gw mulai terbagi fokusnya, sakit kepala dan tes. saat gw menyelesaikan nomer terakhir tahap ini, gw udah dalam keadaan “Siap muntah”. Dan gw bersyukur tes telah selesai dan gw bs keluar, tapi ternyata gw telalu cepat menyimpulkan tes telah selesai.
Tahap 6 : gleg.. gw menelan ludah. Saat kertas jawaban dan soal tes tahap keenam dibagikan gw udah dalam keadaan siap tepar dan muntah. Dalam keadaan critical itu, gw terkagum2 dengan tes keenam yang beda sendiri dari psikotest lainnya, buku soalnya diprint dengan gambar dan tulisan XL, dan khusus untuk internal XL saja. Gw mencoba membuka mata gw lebar – lebar jenis tes apakah yang khusus untuk XL? itu tes dunia IT. Selebar lebarnya gw membuka mata gw, Sesenengnya gw ngeliat tes IT, sekencang itu jugalah denyut sakit kepala gw. “DAAAAAAMMMMMNNNNNNNNN…” kenapa ni soal dikeluarin terakhir sh, dan kenapa badan gw ga bs diajak kompromi sehat dulu untuk khusus sesi ini. “ARRGGGGGHHHHH!!!” gw berteriak dalam hati. Yup disoal itu ditanya seputar dunia IT dan disoal ini juga ada itung2an network, termasuk pertanyaan protokol yang digunakan dirouter apa saja, dan pertanyaan standar kaya “Paket ‘hello‘ dirouter digunakan untuk apa?”itu paket yang digunakan router untuk berkomunikasi antar router jika ada update routing table, sayang ga ada pertanyaan mendalam kaya VLAN, Access-List, dsb. Dan soal itung2an, jd klo dikasih subnet segini, netmask nya berapa. sekitar subnet aja koq, ga ampe wildcard. soal itung2an network ini sekitar 20 soal, makanya gw emosi banget krn otak gw ga mau merubah semua soal kedalam biner, semakin gw paksain berpikir gw semakin mual. hanya 5 soal yang bs gw itung sendiri(sampai badan gw bener2 mau muntah dan sakit kepala tak tertahankan), sisanya gw cuma pake pendekatan kira – kira, jd klo subnetnya “segini” range ip nya dari “ini” sampai “sini”.

Selesai tes gw melampirkan cv gw kedalam lembar isian yang harus diisi diawal, dan gw jalan sempoyongan meninggalkan ruangan tersebut, pusing dan pengen muntah. Alih alih menuju kamar mandi buat muntah gw malah nyangkut ke pantry, mengambil gelas dan menekan kopi item manis panas dimesin pembuat kopi yang tersedia disitu. Gw duduk dan mengaktifkan kembali hp gw. Sambil meneguk pelan kopi tersebut gw menikmati warna ruangan dalam kantor XL yang kental sekali dengan warna warni kaya iklan di tv. Sambil meneguk kopi, badan gw sedikit ‘better’ di gedung XL sore hari tersebut. Gw jadi inget kata temen gw di S2 : “elu kn lg S2, ngapain sibuk tes perekrutan, toh ujung2nya engga elu ambil jg karena lagi S2?” disitu gw menjawab ada beberapa hal :
1. Emang gw suka jalan – jalan ke tempat baru (contohnya ky ke kantor2 gede ibukota).
2. Gw suka sosialisasi dan cari kenalan.
3. Gw lebih suka ngeliat, merasakan langsung dibanding gw mendengar dari orang lain ttg proses perekrutan.
4. Sekalian cari n nanya2 klo mau magang ditempat yg gw datengi gimana caranya (maklum tuntutan waktu : Tesis).

Ya ya ya itulah gw. Sampai kapan gw kaya gini, gw juga belum tau. Tp yang jelas untuk saat ini biarlah seperti ini, Karena menurut gw :

“The World is Just Awesome”
– Discovery Channel –

Gw keluar dari gedung XL setelah mengembalikan id tamu ke frontdesk, yang sekarang yang jaganya mba2 lucu. Gw mengembalikan id-nya sambil gw melancarkan jurus -semut(senyum maut) level 2 Taufiq Aribowo- dan -tagoman(tatapan mengoyahkan iman) Taufiq Aribowo-, terbukti si mba2nya senyum lebar dan tersapu sipu malu. Sempat terlintas minta no hp si doi tp entah kenapa gw malah milih keluar dari Grha XL, oia katanya prosesnya 2 minggu, kalo ga dipanggil berarti gugur. Dahhh Mega Kuningan..

Related links :
XL Pro – Part #1
XL Pro – Part #2
XL Pro – Finale
 

 

 

 

25 March 2010 - Posted by | Jejak Karir

5 Comments »

  1. boleh tanya? naik travel cipaganti jurusan cikini ato benhill ya kalo ke mega kuningan??

    Comment by rasha | 21 June 2010 | Reply

  2. hi rasha,
    klo mau ke mega kuningan (naik cipaganti) ambil yg ke arah casablanca(kl ga salah naikny cuma bs dr BTC), nanti turunny pas diseberang ambasador mall/minta turunin d jalan masuk mega kuningan. Nahh pas turun (diseberang mall ambasador) itulah jalan masuk k mega kuningan.

    Oia.. Pool cipaganti yg casablanca itu di gado2 boplo. Jd kl keterusan ampe pool, harus naik angkot dulu ke arah ambasador, turun d ambasador, nyebrang, udh dh itu jalan masuk mega kuningan.

    Comment by bruangku | 21 June 2010 | Reply

  3. hi..aku mau tny donk..seputar hal BDP bCA ini..tp aku ga nemu part 3nya yah? T.T
    bisa tlg add YM aku devvi_natalia@yahoo.com
    biar aku bisa bertanya lbh detailnya ^^
    thx

    Comment by devi | 20 August 2010 | Reply

    • halo devi,, sori baru respon.. penyakit lama ga buka blog klo bulan agustus dan seterusnya..
      ada kok part 3 nya, klik aja katagori jejak karirku, terus next deh ke page sebelumnya pasti nemu

      Comment by bruangku | 16 November 2010 | Reply

  4. […] tahun kmrn. Buktinya ga ada tes si lembar Pauli dan tes khusus tentang teknis IT (klik deh: tes XL gw yg pertama), waktuny jg lebih cepat sejam. Ringan deh tes yg sekarang. Pas keluar gw ama tmn gw ini cuma cari […]

    Pingback by Xlence Aprentice Program « Jejak Bruang | 4 April 2011 | Reply


Leave a Reply

