Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

BNI

“Bang sms siapa ini bang..
Bang kok ada kata kata sayang..”

Yuupp.. setiap hari sabtu, deket rumah gw selalu ada senam pagi dan lagu senamny yaa seputar itulah. Pribadi tu senam udah ada semenjak tahun 2003 yang lalu. Gw sendiri baru menempati rumah ortu gw ini sekitar 2009 awal, dan semenjak hari itu setiap sabtu pagi, musik genre seperti itulah yang selalu membangunkan gw disabtu pagi.

Jadi kemana acara gw sabtu ini?? Psikotest BNI jam 1 siang di Itenas Bandung. Awalnya gw dapat sms tuk tes BNI posisi MT, ya udah gw ikutan aja toh hari ini gw ga kemana2 siangnya. Lagian deket ke itenas, ga terlalu jauh cuma sekitar 20 menit kl pake mobil. Baru sekitar jam 11 pagi gw mandi, makan dan berangkat jam 12.30 ke Itenas.

Nyampe Itenas gw langsung ke GSG nya, gw inget dulu tahun 2004 ngambil n ngembalikan formulir di GSG Itenas ini, jd masih2 rada ngeh lah gedungnya ada dimana. Lagian digerbang masuknya ada tanda panah “BNI” jadi ga terlalu repot. Oiaa.. semenjak hari ini hari sabtu, stelan gw casual aja kesana, pake celana jeans, snicker dan kemeja kotak2. Kl hari kerja gw pasti pake celana kain, kemeja,dan sepatu kulit. hahaha gpp lah pasti juga ntar rame yang stelan model gw. Gw nyampe sebelum jam 1, dan masih dikit orang, terus gw mampir ke gedung sebelah numpang kamar kecil menunaikan panggilan alam yang td pagi belum tertunaikan. Pas gw balik lagi, eh, udah rame orang dipintu masuk GSG Itenas, lalu gw ke depan pintu n malah ketemu si Hana temen SMU 20 dulu, “hoii..” kata gw, dan dy juga kaget, ternyata dy ikutan tes juga tapi tes yang pagi, sedangkan gw tes yang siang. Kita lumayan lama ngobrol disitu termasuk dy nanya satu hal yang sensitif : “eHmm.. doi mana?” gw cuma bilang “ada tuh” terus dy bilang lagi “bukan doi elu yg sekarang, yang dulu ketemu ama gw di Biskop 21 BSM, tepatnya pas nonton film Heart”. Halahh.. itulah Hana, jd tahun 2006 silam gw ketemu ama dy di BSM dan dy cengar cengir krn ngeliat cewk gw yang dy kenal juga. Terus dy nanya “dy dmn skrg?” ya gw bilang “lagi gawe di bank Mandiri katanya”. Terus si Hana bilang “uwihh elu masuk BNI, dy Mandiri, moga jodoh y kalian”, gw sambung “Ammmiiinnn…., btw td dites apa aja hana?” terus dy sambung “cuma tes bahasa inggris aja koq dan psikotest standar. Hoo.. tiba2 ada mba2 pake id BNI dan mulai mengeluarkan dokumen, krn deket dari gw tu meja, jd gw yang pertama ttd daftar hadir. Ehh taunya si mba malah ga ada pulpen, y udh gw pinjemin aja pulpen gw dan gw pun masuk ke GSG Itenas.

“Ini ruangan atau oven?”, hehehe.. punten ican, boloe, vero, bogie dan nina. Bukan maksud gw mw menkritik kampus tercinta kalian, tp emang lg panas banget didalamny, diluar malah mendung dingin berangin. Kenapa bertolak belakang gini. Di meja tersebut ada nomer, gw kirain no peserta ternyata hanya no meja saja. Gw pun mulai ambil posisi yang kira2 tepat enak buat ngeliat silver screen tuk proyektor. Klo di ibaratin bangku dibioskop, tempat gw duduk saat ini adalah di row E atau di row F. Langit2 GSG Itenas penuh dengan tarian kipas angin, terpukau dengan putaran kipas tersebut entah knp gw malah jd ngantuk (terhipnotis kali yaa).

“Baiik.. Selamat Datang di tes rekrutmen BNI, tes ini untuk perekrutan posisi Officer” sahut mba2 yang minjem pulpen gw td, dy ngejelasin klo tes BNI ini terbagi atas 4 tahap, tahap pertama psikotest hari sabtu ini, tahap kedua adalah tes analisis (atau gw lebih prefer bilang tes teknis) berkaitan dengan BNI, tahap ketiga adalah interview, lalu data akan dianalisis jika qualified 2 minggu dari sekarang akan dipanggil untuk medical check di BNI Jakarta. Dan awal april sudah bisa mengikuti training Officer. Setiap tahap adalah sistem gugur. Tes ditahap pertama ini ada beberapa sesi : yang pertama adalah tes listening. Jujur dan kembali gw punten kepada para temen2 terbaik gw di Itenas, bukan maksud mengkritik, hanya speaker di Aula tersebut terlalu keras dan kurang jernih. Listening menggunakan kaset dan kualitas output suarany ke speaker gedenya malah nge-bass dan pecah. Intinya too loud and too noisy. Dari soal tes-nya tentu yang namanya tes bahasa inggris pasti triple play (sebutan gw aja sh) : Learning, Structure dan Reading. Tes bahasa inggris ini sekitar sejam, lalu pindah ke tes kedua yang merupakan psikotest. soalnya sama kaya psikotest pada umumnya, ada cari pattern yang hilang, terus ada deret bilangan (baik aritmatika maupun geometri), dan lembar pauli.. (yiuuu). tes kali ini makan waktu sejam juga, setelah itu masuk ke tes ketiga yang menurut gw adalah pengetahuan umum, ditanya standar2 aja koq termasuk ada pertanyaan logika. kaya klo semester sekarang MK yang boleh diambil A, B, C, D, sedangkan semester depan yang dibuka adalah E, F,G dan prasyarat mk F, G sudah harus lulus MK A, B atau C dan D. sedangkan untuk semester tiga itu ada mk K, L, M, N, untuk mk L dan N harus telah lulus mk A, D dan F, sedangkan untuk mk K dan M harus telah lulus E, F atau G. Jika semester dua budi gagal, Mk apa saja yang harus dy ambil di semester tiga? yaa seputar itulah soal logikanya.

Beres ujian gw pamit, sebenernya gw kenalan ama tiga orang yang duduk disebah gw, didepan gw dan disamping orang yang duduk didepan gw, tapiii… gw lupa nama mereka. hehehhe. Hujan pun turun deras, dan si mba2 yang td minjem pulpen mendatangi meja gw tuk mengembalikannya “terima kasih yaa” trus gw sahut “sama2 mba”. Beres tes sekitar jam 4 sore-an gw keluar dari Itenas. Oia pengumuman siapa saja yang bs mengikuti tes hari senin itu akan ditempel di GSG Itenas jam 8 malem (whatt!! emangny gw ga malam minggu apa! knp ga published online/sms aja kek, lagian kn gw mw nonton dibioskop : My Name Is Khan, dah beli tikeet nehh) tiba2 gw teringat Hana. Udah aja gw sms dy minta tolong liatin nama gw dipengumuman ntar malam sambil gw lampirkan no tes gw plus nama lengkap gw (siapa tau aja dy lupa nama kramat gw). Gw cabut dari Itenas. Ngomongin Itenas, dulu gw ada tiga calon orang yang akan jadi kakak ipar gw, ketiganya berasal dari Itenas namun semua berbeda jurusan, dan yang jadi kakak ipar gw ternyata dari ITB (Salam Ganesha hai kakak Ipar) yaa itulah jodoh kadang ga bisa diprediksi.

Dari penjelasan program Officer tersebut seperti apa, jelas gw ga akan ngelanjutin tes rekrutmen BNI ini (pedee emang gw bakal lolos). Gw masih milih ngelanjutin S2 gw karena content yang akan gw dapatkan di ODP(officer development program) BNI dengan content yang gw dapat di ITB terlihat jelas perbedaannya. Sejauh ini sih baru dua perusahaan yang bisa ngebuat gw ngelepas S2 gw, yaitu (inisial y) SCB dan SLB, keduany bukan perusahaan IT dan bukan perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama, kesamaanya : sama – sama level Internasional. Gw idupin mobil dan meluncur keluar dari Itenas, dalam derasnya hujan disore itu, sambil mendengarkan lagu “Chumbawamba – tumbthumping” dari flashdisk gw ditape mobil, gw pun masuk ke lautan mobil di samudra kemacetan kota Bandung.

….”My name is Khan, and I’m not terrorist”..
tepat saat si Sahrul khan ngomong gt dibioskop, hp gw bergetar bunyi. dari hana : “woii beruang, elu lolos, nama elu jelas disini, hehehe ayoo kita berjuang bersama dihari senin nanti”. Lalu gw balas sms si hana dalam kedaan cengar cengir : “Hureee… Alhamdulillah, gw lolos. tapi Hana gw ga bakal lanjutin tesnya uy.. single fighter dehh elu ntar senin, tapi tenang gw pasti bantu doa koq. gud luk ya tesnya moga2 lolos n keterima tuk bs menjalani training ODP BNI. thanx ya hana,terus berjuang yaa”.

6 March 2010 - Posted by | Jejak Karir

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s