Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Artha Graha

“Well there was kennedy
And there was king
There was john
There was jim
They did come,to teach and sing
To save our souls,forgive our sins..”

Bunyi ringtone hp gw 3 hari lalu yang mendakan ada telepon masuk. Kebetulan gw lagi pake ringtone Ost PES 2009, People Power – The Anderson Shelter. Pas gw liat id dilayar hp gw, nomer dari Jakarta. Saat gw angkat ternyata dari Artha Graha. “Selamat siang Taufiq, kita dari Artha Graha”, inti dari telepon itu meminta gw untuk mengirimkan sertifikat OCA (Oracle Certified Associate) untuk dapat diproses lebih lanjut. Malamnya gw kirim via email ke alamat email yang diberikan oleh mba2 ditelp tadi.

Jadii, pas hari jumat lalu (tanggal 18 Oktober 2009), gw dateng ke jobfair ITB bareng ama temen gw. Niatnya sh mau cari kerja tapi pas nyampe kesono gw malah hunting hadiah. Yup gw datengin tiap stand hanya tuk sekedar cari info kerja, nanya2 dan dapat pulpen, notes dsb. Termasuk gw dapat pisau cukur Gillette (pas sekali krn gw lagi brewokan) setelah main satu pertandingan tenis di Nintendo Wii stand-nya Uniliver. Dari semua stand ada satu stand yang gw datengi yaitu Artha Graha. Cerita awalny sh, lagi ada sayembara, klo narik dari ATM Bersama (yang gw sendiri takjub ada ATM di stand mereka) dapat mug yang bisa dibawa kemana2 ituloh komplit dengan penutupnya. Ya udh gw langsung antri dehh. Dan gw dapat tu mug. Pas gw mau cabut, disitu ada tulisan gede posisi yang dibutuhkan dari disipilin ilmu ekonomi hingga ke IT. Di bagian IT gw langsung terlirik dan langsung memasukan 1 dari 3 CV yang gw bawa hari ini untuk posisi : Oracle Database Administrator. requirement yang mereka minta cuma satu : Memiliki minimal sertifikasi OCA, “Pas sekali”, pikir gw. Lalu gw meninggalkan sabuga untuk jumatan dan balik ke rumah setelah itu. Sorenya gw di sms minta dateng untuk psikotes di Sabuga besok hari sabtu. Setelah gw balas sms dengan mengetik “Iya” (Sesuai permintaan disms, konfirmasi kedatangan anda dengan mengetik iya/tidak) gw pun nge-sms temen gw ngasih tw besok gw ga jd dateng ke tempat dy krn mau psikotes.

Sabtu (19 Oktober 2009), gw nyampe di sabuga tepat jam 10, dipintu masuk ada yang manggil gw “bear!!” ternyata si boloe, yang dy baru beres tes dari jam 8 td. Setelah ngobrol sebentar, gw pun masuk kedalam untuk psikotes. Gw berjalan ke lantai 2 sabuga tempat psikotes Artha Graha ini dilaksanakan, betenya pas gw nyampe depan ruangan ternyata dah mulai (ternyata mulainya jadi jam 9.30) y udh gw disuruh tunggu tes berikutnya yaitu jam 1 siang. Sambil nunggu, gw kembali beredar hunting hadiah. Hari kedua ini ga banyak stand yang menyediakan hadiah (mungkin krn udah abis hr kemaren), terbukti gw cuma dapat tas kecil dan pulpen saja. Lalu gw sambung makan siang diluar sabuga dan kembali ke lantai 2 untuk tes pada pukul 12.45. Nyampe depan ruangan gw duduk dipinggir kanan dekat tembok. Dan selang berapa menit kemudian ruangan itu jadi penuh orang (ga seperti jam 10 td pagi). Dan mba2 pun datang kedepan kelas membuka sesi psikotes ini. “Selamat datang di psikotes Artha Graha atau yg dikenal juga dengan ATM Bersama”. Dari penjelasannya sh, ni psikotes kurang lebih memakan waktu 2 jam kedepan. Termasuk penjelasan ditiap sesi. Lalu kita semua dibagikan lembar isian ttg data pribadi. Gw isi tu lembar pake pulpen hasil hadiah pas nunggu jam 1 tadi, pulpennya enak dan nyaman. Setelah itu sesi psikotes pun dimulai :

Sesi pertama, adalah sesi menebak bentuk gambar jika dirotasikan atau diputar. gw termasuk cepat disini, terbukti 5 menit sebelum sesi pertama ini selesai, gw udah beres duluan.

Sesi kedua, adalah sesi deret itung2an, ada deret aritmatika, deret geometri, dan deret gaib (polanya aneh2).

Sesi ketiga, adalah sesi yang baru pertama kali gw coba, sesi ketiga ini bernama command sheet checking, jd dilembar kiri tu ada aturan, contohnya misalnya untuk hotel california memiliki, lift, tv, kolam renang, dan restoran, sedangkan hotel kanada hanya memiliki tv, kolam renang, dan restoran. Nahh uniknya dilembar kananya, ada sheet berisi mengenai validitas data setiap hotel yang terdaftar di lembar kiri. Intinya kita hanya perlu mencontreng benar/salah. Contoh soalny dilembar kanan, hotel kanada memiliki tv, kolam renang dan lift, karena lembar kiri menyebutkan klo hotel kanada tidak punya lift maka kita tinggal mencontreng “salah” dst. Unik sekalii.. dan gw baru pertama kali gw nemu psikotes seperti ini dan gw langsung suka model soal seperti ini. Ada berapa kali gw tetap bolak balik takjub ngeliat ni soal padahal gw dah selesai mengerjakan.

Sesi keempat, adalah sesi diagram, klo ini model soal logika. Jd ada tanda2 yg dapat menentukan jawaban akhirnya. tanda2 itu memiliki arti : diputar balik, dicerminkan, yang diatas hilang, yang dibawah hilang. Udah tanda2nya cuma itu aja. Contoh soalnya gini, ada urutan seperti dibawah ini :
soal 1
X –> dicerminkan
D
Z –> yang diatas hilang
I
jwbnnya :
X

Z
I

dan begitulah soal berikutnya, model soal seperti ini jg tergolong baru untuk gw. Ada sekitar 40 soal untuk sesi seperti ini.

Sesi kelima, itu sesinya si lembar Pauli, ya ya ya, waktunya untuk kram2an disini.. hehehe.

Setelah keenam itu, sesi tentang soal kepribadian, jd cuma pertanyaan ttg diri sendiri itu bagaimana.

Setelah kenam sesi itu, gw pun menyelesaikan lembar isian yang diberikan untuk diisi td, setelah gw kumpulkan gw pun langsung keluar dr ruangan tes. Dari informasi yang diberitahu dikelas, yang lolos akan dihubungi lagi oleh Artha Graha. Gw keluar dari Sabuga setelah makan mie ayam (makan lagi) didepan situ.

Kembali ke hari ini.. gw ditelpun lagi oleh mba2 yang di Artha Graha itu, intinya mereka menanyakan tentang status gw skrg dan kapan gw bs bekerja, disitu gw bingung, bukannya DBA itu kerjanya malam hari ya bukan siang hari dimana siang hari itu adalah saat database sedang peak2nya dengan transaksi, kenapa malah siang bolong gw harus kerja. Disitu gw dijelaskan selain DBA ada desjob ditempat lain juga. Hoalah,.,. itu toh alasan kenapa gw harus masuk office hour, lalu gw jelaskan gw sedang S2, dan barulah mba2 ditelpun itu mengerti alasan kenapa gw ga bs. Setelah mengucapkan terimakasih, gw pun menutup pembicaraan. “Hadohh.. siangnya kerja biasa, malamnya tunning database, gempor juga nihh” gw bergumam kecil sambil memegang HP gw yang tombolny gw tekan2 ga jelas. “Mending gw tetep jalanin S2 gw aja dah..”, dan gw pun melanjutkan bermain ping pong dimeja ping pong milik Himpunan Mahasiswa IF ITB (lg tanding bareng anak S1), yang kebetulan gw punya trik baru n mau dicoba tuk dipraktekan dengan anak S1 sebagai bahan percobaannya😆

28 October 2009 - Posted by | Jejak Karir

No comments yet.

Leave a Reply

