Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Presentasiku di ITB

Senin pagi kemaren, gw mulai dengan perasaan ga karuan karena ‘gejolak’ perut yang membuat gw ga bs konsen saat naik lift ke lantai 3, pas dilantai 3 gw ketemu dosen gw pak Endro yang memegang absensi namun berjalan kearah berlawanan (mau kemana y kira2). Lalu gw buka ruang kelas gw dan deng deng deng… *KOSONG*…

“Ohh…”, gw langsung berbalik dan ngebut mempercepat langkah gw ke ruangan lainnya, gw langsung buka pintunya dan duduk dibangku paling belakang. Gw tadi salah ruangan, pantesan pak Endro juga balik lagi, karena beliau juga salah ruangan. Kuliah pun berlangsung hingga pukul 9am.

Setelah itu gw pindah kelas dari MSI ke kelas BI – Business Intelegent(setelah dipikir2, gw jd suka ama ni matkul,selain emang kunci dari SI itu salah satunya ini, dan kebanyakan BI ini ngedevelopnya pake Oracle), lalu saat KM (Ketua Mahasiswa  – setara dengan ketua kelas klo jaman sekolah dulu) menanyakan “hari ini kelompok siapa mau presentasi?” Spontan tangan ciMel (Melly) teracung tinggi yang artinya kelompok gw hari ini bakal presentasi yang pertama. Topik kelompok qt hari itu adalah Enhance Business Process. Entah bagaimana asal muasalnya, namun gw jadi deg-deg-an ga jelas gt… wkwkwkw.. parno sebelum presentasi terakhir gw rasakan tu pas semester 1 di Maranatha, sekarang di ITB gw merasakan lagi. “Seru seru!” ucap gw dalam hati. Bahkan cimel yang dosen di FIT Marnath juga ngebilang “Deg deg-an”. Presentasi pun dimulai setelah pak Krisno masuk ke kelas, membuka dan beliau mempersilahkan kami untuk mempresentasikan apa yg kami dapat didepan kelas.

Persentasi dimulai dengan ciMel, sambung ke ko’ Daniel, mba Bertha, si Gery n Barulah saat bagian gw mempresentasikan gw baru sadar kalo ini presentasi gw yang PERTAMA di ITB. Kampungan yaa.. hehehe cuek ahh.. terus masih sambil berbangga – bangga presentasi perdana, gw pun menjelaskan tentang bagaimana meminimalisasi latency – latency yang ada (data latency, analysis latency, decision latency, response latency) pada proses bisnis untuk meningkatkan kinerjanya. Setelah itu, baru deh tanya jawab sebentar dan kami dipersilahkan duduk. Dengan muka yang bersinar  – sinar, gw kembali ketempat duduk dengan senyum riang. Ternyata dari jumlah waktu untuk presentasi yang diberikan yaitu 15 menit tidak dapat kami capai karena kami baru selesai setelah 35 menit kemudian, berarti ada latency disini😀 he9

Setelah beres kuliah gw ke Salman buat makan siang, terus gw kerja kelompok ama temen gw Mas Fauzan dan Satya, rencana awal tu qt bertiga mau ke BEC, mau kerja kelompok disana, pas lewat depan MBA-ITB, gw langsung nyeletuk : “Kerja Kelompok disini aja yuuk.. ” dan kedua temen gw itupun menyetujui. Tempatnya emang enak (ya iyalah wong uang kuliahnya MBA paling mahal se-ITB) buat diskusi, selain dikelilingi oleh pohon nun rindang juga ada whiteboard+Spidol+Eraser-nya, semua terasa begitu lengkap (karena ada air minum gratis plus gelas kaca juga) jika wi-fi nya tidak diprotect, ada keinginan untuk mendouble klik folder “Injection” dilaptop gw dan menggunakan tools yg ada didalamnya, namun niat itupun gw simpan baik2 didalam hati. Bisa ampe pagi nongkrong diMBA-nya klo dapat akses ke inet. Dalam keadaan tidak ada inet qt bertiga diskusi tentang persentasi besok mau gimana, karena mata kuliah Pengantar Pemodelan Enterprise mewajibkan ada sesi persentasi. Apa yang mau dibahas, metode pendekatan apa yg digunakan, analis realnya gimana dan cakupan/sektor yang terlibat meliputi apa saja yang menjadi bahan diskusi siang itu. Sekilas gw n kedua temen gw ini untuk beberapa menit merasa “prodi qt tu MBA”, dan melupakan fakta sebenarnya bahwa qt tu anaq STEI, setelah diskusi alot dan perbincangan politik qt bertiga sepakat akan membahas kajian secara kulit saja, karena waktu persentasi yang diberikan adalah 10 menit, mengacu pada persentasi BI gw barusan kajian mendalam hanya dimungkinkan jika disediakan waktu minimal 20 menit. “Ya udeh deh, makalahnya aja yg qt tebelin” sahut gw.

Pagi ini, gw bangun dgn ga mules lagi(ga kaya kemaren), namun perasaan semangat untuk berangkat lebih pagi yang timbul kuat. Selain karena emg jl. Terusan Jakarta nyambung jl. Jakarta tu padet_diem_merayappelan_berjalan alias macet gileee.. (walaupun gw kepikiran tuk menempati rumah gw di Awiligar sono yang macetnya ga parah n lebih deket ke ITB, tp gw lebih milih di antapani, so gw jg hrs terbiasa dengan rutinitas setiap pagi) juga karena pagi ini gw mau presentasi lagi yg artinya gw kedepan kelas lagi. “horeee..” gw berteriak pelan didalam mobil. Starbucks GoodDay Coffe-latte yang gw bawa digelas_kopi_andalan tuk dinikmati dikemacetan jalan dan flashdisk berisi animasi presentasi yg gw bikin tadi malam. Berangkat jam 6am nyampe ITB jam 7am terus gw berjalan kedalam kelas dan terheran2 karena kelas telah dimulai lebih awal. Gw urutan ketiga, jadi kelompok pertama yang saat ini sedang presentasi. Setelah kelompok dua menutup bahan presentasinya, gw n dua temen gw pun maju kedepan. Sambil membuka slide gw cengar cengir senyum aja. Dan gw pun membuka presentasi dengan sisipan kalimat pembuka candaan ringan “Pagi anak2” dan sekelas pun tertawa.

Kajian kelompok gw tu tentang bagaimana mendapatkan informasi dari suatu proses yang berjalan. Hal – hal yang perlu dilakukan diawal gathering information tersebut adalah menanyakan pada process owner dan unit kerja yang ada. Dari hal mengadakan meeting dengan segenap jajaran organisasi, dokumen yang harus dipersiapkan dan digunakan, sampai ke tahap pembuatan process mapping yang diakhiri dengan final report hasil ekplorasi. Setiap tahapan itulah yang kami jelaskan secara ringkas, padat, tepat. Total waktu presentasi kelompok kami : 9 menit 14 detik (Jempolan dehh kelompok kami, penyajian materi berbanding lurus dengan waktu yang diberikan secara efisien). Dari hasil presentasi itu cuma kelompok gw yang memenuhi aturan waktu, kelompok yang lain rata2 sekitar 15-22 menit (tiap kelompok yang maju, gw catat waktu mulai dan waktu akhirnya, gunanya tuk apa? biasaa.. data mining😀 ).

Disaat gw duduk itu, tiba – tiba pikiran gw itu menerawang terbang stabil jauh kedepan. Gw kepikiran ttg sidang tesis. Saat nanti gw membuka presentasi, menjelaskan tesis gw, menjawab semua pertanyaan dari penguji dan mendapat dorongan moril dari pembimbing sampai satu titik “Iya, anda telah sah menyandang gelar Magister”. terus gw yudisium n wisuda Huaaa.. can’t wait !. Tapi gw tipe orang yang berpikiran “Proses menuju ke tujuan itulah yang penting, hasil akhir itu hanyalah reward dari proses yang telah gw lakuin selama ini”. Jadi gw bakal menikmati setiap harinya diprogram magister ini dengan sebaik dan semaksimal mungkin.. Sampai titik itu, sampai pada waktunya si Gajah melepas gw. Lalu seakan waktu telah membawa gw kembali sadar klo gw lagi dikelas PPE semester pertama, gw pun melihat ke sekitar gw, sambil tersenyum bersemangat gw pun berkata ke dua temen gw itu : “Woii.. paper KNSI 2010 qt gimana? deadline 22 hari lagi ieuh!”.

6 October 2009 - Posted by | Jejak Belajar

No comments yet.

Leave a Reply

