Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Tercengang nan membanggakan

Akhirnya gw mulai mancing lagi di internet,, maksudnya nyari2 ebook gt, semenjak gw masuk di Magister SI – Informatika ITB, yang notabene buku2nya terbilang baru tuk gw pribadi maka gw harus cari2 banyak literatur. Yang sampai detik ini gw masih cari itu adalah Software Engineering karya Pressman edisi ketujuh. Dari buka puasa tadi ampe detik mau sahur ini gw masih mencari2 ebook tersebut. Tiba2 gw liat di gmail gw ada new message dan gw bukalah isinya apa. Ternyata kiriman dr temen lama gw dikampus Maranatha yang mengirimkan pdf berjudul konfigurasi IIS dengan isi messagenya :

“examine every detail of it…
looks familiar?😉

Emangnya kenapa dengan IIS, kn gw lg ga pegang itu sekarang, atau mungkin dy cuma mau bagi literatur aja kali y (hobi gw ama dy tu tukeran ilmu biasanya dr dokumen2 aneh). Kata dy sih tadi siang dy disuruh konfigurasi IIS di suatu perusahaan gt. Nah karena dy lupa gmn konfigurasi IIS di Windows Server 2003 dy tanya ke tmnnya di bidang jaringan. Dari temennya ini dy kasihlah modul ttg konfigurasi IIS, Terus katanya dy cekikikan sendiri setelah membaca modul kiriman temennya tersebut. Masih ga ngerti kenapa temen gw itu cekikikan, gw buka pdf nya dan melihat nama penyelenggaranya dan isinya yang menurut gw sh standar modul training lahh.

isi pdf yang dikirim temen gw

isi pdf yang dikirim temen gw

Terus setelah gw balik beberapa halaman gw kaya familiar terutama pas gw liat screenshot pertama yang ada nama temen gw ini diheader program dan didalamnya yang tercetak kapital : CHIKA

Kaget melihat header program di screenshotnya

Tampilan awal sebelum gw kaget

skrinshut yg dh di-zoom

😯 Cengang gw.. lalu gw balik ke beberapa halaman berikutnya dan apa yang gw pikirkan setelah melihat nama temen gw nongol barusan menjadi kenyataan. Screenshot berikutnya ada input-an bear dan pada tampilan akhir zone wizardnya jelas terpampang bear.com

koq kaya kenal

koq kaya kenal

skrinshut yg dh di-zoom

Terus ada tampilan lagi kaya dibawah ini :

Terkejut melihat tampilan akhir wizard

Terkejut melihat tampilan akhir wizard

skrinshut yg dh di-zoom

“Mungkin hanya kebetulan, tapi masa sh” itu yang terus gw bilang n pikirkan, akhirnya gw lanjutkan membalik halaman berikutnya dan barulah muncul bukti otentik klo itu screenshot bikinan gw n temen gw :

Koq malah ada nama Kramat

Koq malah ada nama Kramat

skrinshut yg dh di-zoom

Disambung lagi berikutnya :

?????????????????

?????????????????

skrinshut yg dh di-zoom

Woalahhh… 😀, masih mencoba tuk tidak percaya alih2 malah membuka halaman berikutnya yang sangat mempatenkan dan menyingkirkan tidak percaya gw bahwa tu screenshot EMANG bikinan gw n temen gw td:

wkwkwkwk

wkwkwkwk

skrinshut yg dh di-zoom

Gw cuma bs tercengang dan haru melihat screenshot ga jelas bikinan qt bedua dulu masih exist, dipakai dan berguna ampe sekarang. Rasa haru itupun muncul dan senyum bangga pun mulai menghiasi wajah lebar gw.

Dulu gw n si chika ini pernah jadi asisten dosen untuk mata kuliah jaringan komputer di Universitas Maranatha, Dahulu dosen jarkom qt bedua pernah bilang ke semua asdos klo asdos yang akan membikin modul praktikum tuk mahasiswa/i-nya. Dulu ada banyak modul dari modul termudah (crimping kabel UTP) ampe tersulit (ya modul gw n temen gw ini : Active Directory, IIS termasuk DNSnya, ampe konfigurasi akhir web server, pokoknya semua hal ttg core dari windows server). Nahh pas diundi gw n temen gw ini sialnya dapat modul jaringan komputer tersulit ini. Demi mengemban amanah yg telah diberikan termasuk tanggung jawab krn telah digaji menjadi bagian dari tim pengajar mata kuliah jarkom, setelah gw kuliah sore dan si chika jg beres kuliah di sore itu juga, gw n dy beli pengisi perut dahulu dan membuka Lab Jarkom IT Maranatha (yg kebetulan penanggung jawab lab jarkom itu gw n si chika jg, jd so pasti lah qt yg megang kunci kedua ni ruangan) setelah Maghrib berkumandang. Dan di dalam ruangan ini juga gw n dy drilling modul yang belum qt kuasai benar jadi tuk menjadi bahan ajar besok. Jam 11.30 pm, gw masih inget klo cuma tinggal gw ama dy aja yang di Lab Jarkom dan Lab Komputer FIT Maranatha, tuk menyelesaikan modul tersebut. Barulah qt pulang dengan mengunci pintu Lab Jarkom dan Pintu Ruangan Staff (Dulu gw ama dy merangkap : Penanggung jawab lab jarkom, Staff laboratorium, Asdos Jarkom, Asdos Java. Semester yg mantab nurut gw, full ama kegiatan) yg kuncinya dipegang ama si chika krn bsk pagi dy yang buka lab komputer.

Selama bikin modul tentunya emg qt bedua bawaanya suka Narsis eksperimen segala sesuatu yang berbau input-an atau pemberian nama dengan memasukan nama sendiri. Jadinya ya tiap langkah penyusunan modul tsb selalu ada input-an nama qt sendiri. Alhasil seperti gambar2 diatas😀 dan qt ga ada kepikiran sama sekali suatu saat bakal ketemu kembali dengan screenshot bikinan qt bedua ini (dulu qt mikirnya cuma buat pegangan pas praktikum server dan pegangan buat mahasiswa/i saat praktikum UAS nanti, setelah itu? ya di delete-lah). Intinya sekali pake buang. Tapi hari ini, gw melihat dengan kepala gw sendiri karya gw n temen gw dulu ditahun 2006 yang masih bs dilihat ditahun 2009 ini. 3 tahun lalu gw ama dy begadang di lab jarkom dan tidak menyangka hasilnya masih exist sampai saat ini. Pas gw tanya ama temen gw, “koq bs ttp exist?” kata temen gw, menurut yg ngebuat slide tersebut ngebilang klo temennya yang satu lagi yang mencopas/mengambil tu screenshot dari internet. Waww.. screenshot bikinan gw n temen gw ada di internet 😯

Terdiam, tercengan dan perasaan bangga pun kembali menyelimuti hati gw saat ini. Masih ga nyangka, tu screenshot ga jelas ternyata BERGUNA !! Walaupun hanya screenshot yg ditaruh di internet,bukan modul lengkap bikinan gw n si chika yg ditaruh, hanya screenshot namun gw yakin tu screenshot pasti berguna bagi mereka yang membutuhkannya. Entah untuk masukan informasi perorangan ataupun menjadi bahan persentasi dosen2 diberbagai daerah karena dah ada di internet (anything always happen when people say “internet”). Hasil karya yang dulu qt mikir cuma sekedar karena dah digaji handout sementara namun mungkin masih berguna sampai saat ini. Jadi kepikiran menyelesaikan buku IT yang lagi gw susun hingga saat ini. Siapa tau lebih berguna bagi siapapun yang membacanya.

Setelah melihat pdf td (yang gw ga bs taruh tu pdf disini tuk didownload krn emg gw blm dapet ijin dari penyusun modulnya), gw sempat ketawa2 sendiri n takjub ama kehidupan gw dikampus dulu, jd dulu gw dari pagi – siang kuliah, terus siang – malam gw asdos MK jarkom/java, malam – lab tutup gw jaga lab. Dan begitu seterusnya kecuali hari sabtu, dimana hari sabtu cuma dari jam 9 – 3 sore hanya tuk Maintenance Lab komputer. Masa2 itu selalu ngebuat gw tersenyum sampai saat ini, masa2 itu yg ga bakal ada n terulang lagi sampai kapanpun alias hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, masa2 itu adalah masa2 yg gw ambil dan jalani disaat tidak kebanyakan orang mendapatkannya😉

Jadi kangen pengen balik ke Dunia Jaringan lagi,, Network Engineer…   Hmm..:mrgreen:

27 August 2009 - Posted by | Jejak Harian

2 Comments »

  1. hehehehehhe….
    good old times…
    thanks for writing these memories in here ( and in my life😉 )!

    Comment by Chika | 12 October 2009 | Reply

  2. “Sensasi Tiada Akhir”

    *bukan cuma berlaku didunia kuliah aja, seharusnya sampai sekarang pun tu motto tetep harus qt pake dan jangan pernah dibiarkan luntur. he9..

    ur welcome😉

    and thanks for telling and sending that-quite-cool pdf to my email😀

    Comment by bruangku | 12 October 2009 | Reply


Leave a Reply

