Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Hari Pertama Kuliah

Jam 7 pagi adalah kelas pertama gw di Magister ITB, Proses dan Pemodelan Enterprise judul kuliahnya. Gw berangkat dari rumah tu jam 6 pagi dan baru nyampe dikampus tepat jam 7, lalu gw naik keatas lt. 3 Labtek V ITB, krn masih baru dan belum familiar dengan letak dan posisi ruangan disini, jadinya gw celingak celinguk atas bawah nyari2 petunjuk dimana ruang kuliah gw berada. Taunya ga gw aja yg sendiri nyasar, ada jg orang lain yg bingung cari ruangan kuliah. Ya udh bingung bareng2 deh qt bedua. Akhirnya qt dapat jg ruangan yg nyempil dipojok deket Microsoft Center. Lalu gw masuk dan melihat dah banyak orang dengan wajah2 baru yg duduk manis menunggu dosennya. Perkuliahan pun dimulai dengan perkenalan dosen, silabus kuliah, termasuk aturan kelas. Beres tu perkenalan satu persatu.

Setelah perkenalan, seharusnya qt dh bs mulai belajar dalam artian perkuliahan dah dibuka minimal membahas gambaran umum perkuliahan. Tp karena laptop dan proyektor belum dateng, ya udah deh ngobrol2 aja. Ada sekitar sejam kemudian tu laptop dan proyektor dateng. Kalo kata dosennya sh hanya di jurusan informatika saja yg laptop dan proyektor dibawakan orang lain/petugas. Sedangkan dijurusan lain, dosen harus membawa proyektor serta laptop juga. Yang rada mengagetkan gw sebenernya penggunaan laptop didalam kelas itu dilarang di ITB, memang belum banyak kampus yg bisa begini, di kampus lama gw aja di maranatha hanya jurusan informatika yang diberi ijin boleh menggunakan laptop disemua mata kuliah dan kelas. Jadi ya dulu isi tas gw cuma laptop doank ama pulpen satu biji (buat daftar absen) plus kabel panjang (extension) buat dapetin listrik dari colokan sekitar. Kasihan si Flacludge (Nama laptop gw yg gw namai pas gw baru beli ni laptop) ga bisa running didalam kelas Magister ITB. hehehe. Setelah laptop dan proyektor terpasang, perkuliahan pun dimulai, intinya dari perkuliahan ini adalah memberikan gambaran mengenai re-enggineering dalam industri, menarik jg perkuliahannya untuk gw pribadi, krn klo dulu gw di informatika Maranatha lebih sering menyinggung teknis/prakteknya (krn emg jurusan informatika S1 lebih ditekankan kesitu) sedangkan disini lebih diarahkan bagaimana membangun suatu strategi (beda ya klo S2). Oia ni jurusan di S2 sejalan jg ama minat gw krn secara basic gw pecinta game RTS/Real Time Strategy (kaga nyambung y). Perkuliahan ditutup dengan pembagian sejumlah judul literatur untuk dibaca2 dirumah, dan copy bahan slide bagi mereka yang membutuhkan.

Perkuliahan magister ni cukup menarik bagi gw justru di orang2nya, ada yg udah nikah, ada yg masih bujang juga, ada yg ambil S1 nya tu angkatan 1997, trus ada jg yang baru lulus, ada yg background pendidikan S1-nya bukan dari informatika/komputer tp dari bidang lain, dan ada juga yang ikutan program percepatan ITB (kuliah selama 5 tahun namun mendapat 2 gelar sekaligus : S1 dan S2, Dashyat yahh). Setelah salam2an dan kenalan, akhirnya qt setuju bikin milis di google dan satu orang momod-nya(admin) khusus angkatan qt aja. Y udh ikutan gabung di milis deh. Btw yang menarik gw juga, angkatan gw ini semuanya pro-aktif alias ga ada matinyee.. bagus lah, jadi ga canggung, moga2 aja di akhir tahun ntar pada udh keluar sifat2 aslinya, jadi qt semua bisa saling bahu membahu minimal hingga akhir semester 2 nanti😀

Oia,, rada kaku juga ya kuliah lagi,, berarti harus drilling again disini…

18 August 2009 - Posted by | Jejak Belajar

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s