Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

Kompas-Gramedia Part-2

Pagi ini gw ke cipaganti naik travel arah kebon jeruk tuk memenuhi panggilan kedua dari Kompas-Gramedia yang gw terima telpnya pada hari senin kmrn. Interview Teknis (atau lebih menyinggung pembicaraan ke arah IT nya). Gw nyampe kebon jeruk itu sekitar jam 11.30 am. krn gw interviewnya jam 13.30pm jd gw punya banyak waktu untuk tidak keringatan di Jakarta ini.hehehe. gw turun di pool cipaganti di jalan Maruya, sambung naik angkot M11 ke perempatan jl. Panjang, turun disitu lalu jalan sebentar. Gw ke masjid yg minggu kmrn gw datengin tuk jumatan buat sholat dzuhur dulu. pas beres gw ke rumah makan padang tuk makan siang dulu dan barulah sekitar jam 12:50 gw berjalan ke kantor Kompas-Gramedia. Gw nyampe di lt. 8 gedung tersebut sekitar jam 13:00 tepat. krn masih ada waktu 30 menit gw ke kamar mandinya, ngapain? engga ada. gw suka aja menikmati tenangnya toilet kering yang bersih, mendengar alunan bunyi angin gedebug yg tersedot oleh fan / blower. Jd gw cuma duduk aja di atas penutup kloset tuk diam aja. ky meditasi gt lah ato semacam yoga. percaya dehh, Menenangkan sekalii (asal toiletnya bersih dan kering plus wangi pasti enaq diam diri disitu). Dulu di toilet jg gw pake waktu buat curi2 waktu tuk dapat belajar Jaringan baik itu berupa buku ato ebook dengan membawa laptop (jd charge ampe full tu batt laptop terus bawa dehh ke kamar mandi) ato sekedar menikmati big-mac+kentang goreng dan green tea botol.hehehe.. iye gw tau gw aneh, tp seriusan tenang makan disitu ketimbang di meja kantor. Awalny gw risih jg sh, namun yang kedua kali mulai terbiasa dan yang berikutnya malah jadi salah satu hotspot favorit (bener kata pepatah : Ga Kenal Maka Ga Sayang Terbiasa).

Barulah gw menghadap ke mba Ditri pukul 13:30 tepat, dan gw disuruh nunggu. Untung ruang tunggu HR Kompas-Gramedia ada rak isi majalah yang mereka produksi. Tentu aja dengan cepat gw langsung meraih salah satu majalah favorit gw 8 tahun terakhir : CHIP. Bolak balik halaman tuk sekedar melihat teknologi baru,produk2 high-end yg aneh2 n blm diproduksi massal,dan artikel menarik ttg overclock VGA card. Belum selesai baca gw disuruh ikut oleh mba Ditri ke ruangan divisi IT mereka. ternyata pikiran gw klo divisi IT itu ada di gedung yg sama itu SALAH. divisi IT ada di gedung satunya lagi tepat disamping gedung ini. jadi gw turun ampe lantai dasar, jalan dikit dan masuk ke gedung yang tidak sebagus gedung awal sh.hehehe.pas gw nyampe terdapat pintu Kaca bertuliskan Cetak Tebal Divisi IT. wawww.. gw dh nyampe di pintu nya, terus mba Ditri membuka pintunya dan gw langsung melongo melihat ruangan Divisi IT tsb.

Ruangan Divisi IT ini sama dengan ruangan2 IT lainnya yang pernah gw masukin. Penuh dengan komputer yang sedang tidak digunakan dan tumpukan kardus2 berlogo HP di koridor2 jalan di dalam ruangan. “Typical..” gw berkata pelan sambil tersenyum. gw disuruh menunggu di ruang tunggu mereka. didepan gw ada tv plasma gede tepat disebelahnya ada lemari isi buku2 programming di rak pertama, buku2 database di rak kedua, literatur serta laporan dari orang2 yg pernah magang di rak ketiga dan kumpulan berbagai komik di rak keempat dan rak kelima. sebelah kanan gw ada tumpukan kardus laptop Vaio “hmm.. isinya mana yaa.. hehehe”. Dan akhirnya yg bikin gw melongo adalah tepat sebelah kiri gw : ada tumpukan switch manageable, yaitu  4 Cisco Catalyst 2900 series dan beberapa biji switch manageable vendor ternama di dunia jaringan lainnya juga seperti : 3com dan Allied Telesyn. uwihh.. ingin rasanya jika bs tuk mencolokan kabel UTP ke masing2 switch dan melakukan konfigurasi2 pada switch2 tersebut.

Gw dipanggil dan disuruh duduk di depan laptop. Lahh kenapa gw disuruh di depan laptop? kn gw mw interview teknis. ternyata maksudnya bukan interview teknis melainkan tes teknis. Woalaahh… gw disuruh coding menggunakan php dengan menggunakan resource yang ada di dalam laptop itu (laptopnya jg terkoneksi internet jd gampang klo mau nyontek). gw disuruh bikin aplikasi sederhana ttg buku tamu dan sumber berita gt. laptop yg gw gunain pake OS linux – Ubuntu. Mereka pengennya gw bs membuat aplikasi seperti itu dengan menggunakan framework php seperti Harmony, Prado ataupun yg sangat melegenda Zend. krn framework yg gw pernah pake itu cuma codeigniter dan tidak termasuk dlm opsi, y udh aja gw coding manual tanpa menggunakan bantuan framework.

2 Jam telah berlalu namun tersisa 2 point pengerjaan yg masih belum selesai. akhirnya gw pamit balik setelah penguji memberitahu “nanti HR yang bakal hubungi anda”. Setelah gw ngucapin terima kasih gw cabut dan balik ke pool cipaganti. knp gw balik hari?krn sebenernya hari ini adalah hari H+2 gw sembuh dr demam. jd masih rada oleng aja kalo mau kemana2. Gw dh melakukan tes sebisa dan semaksimal gw dh lakuin. Sisanya serahkan ama Yang Diatas aza doonkk..

30 July 2009 - Posted by | Jejak Karir

1 Comment »

  1. mas, pada akhirnya keterima ga di kompas gramedia? kebetulan saya selasa jg mau interview disana. thanks for info mas🙂

    Comment by Rizky | 2 April 2015 | Reply


Leave a Reply

