Jejak Bruang

Ikuti kemana ku melangkah

BCA part-1

Yup langkah pertama menuju 1000 langkah karir baru gw dimulai dengan tes BCA. tepat seminggu lalu gw ditelp ama BCA untuk diminta psikotes hari ini. dh dr kmrn sh gw di jkt, tepatnya di kosan temen gw di mampang prapatan. dari sini gw naik bis 46 tujuan grogol (gw naiknya dr perempatan gatsu dan rasuna said) dan berhenti di slipi jaya mall n nyebrang pake jempatan penyebrangan dan turun ga jauh dr wisma asia 1.

Hari pertama gw tes ini dimulai dengan bertemu kenalan baru yg ikutan tes BDP asal surabaya. awalny ketemu di resepsionis saat sedang nitipin KTP yg ditukar dengan tanda pengenal tamu. Lantai tempat tes BDP akan berlangsung itu di lt. 19. pas gw nyampe di lt tersebut ternyata ada 2 ruangan 1901 dan 1902, gw di 1902 duduk manis menunggu tes dimulai. hingga tes dimulai orang yg seharusnya duduk di sebelah gw ga dateng. y udh gw mulai tes di meja sendirian aja ( baguslah ketimbang yg lain semeja berdua)😀

Tesnya eliminasi, alias ada beberapa tahap dan setiap tahapnya ada eliminasi. gw duduk di bangku belakang, no BDP gw kn 70/apalah-no-belakangnya-panjang-aja. Tes pertama ttg psikotest yg gw jg ga tau namanya tp nurut gw ringan : ky cari pasangan gambar, warna dan logika bangunan. di tes pertama ini gw sungguh2 banget ngerjainnya, handuk kecil biru gw yg tdnya gw pake sebagai penyeka keringat krn panasnya jakarta malah skrg jd penyeka keringat krn panasnya otak. Ruangan BCA itu nyaman dan ber AC tp gw ttp keringatan, krn kesungguhan diri gw yg tinggi tuk ttp memberikan yg terbaik selama tes dan egoisme yg tinggi jg tuk membuktikan bahwa GW YG TERBAIK. klo emg ntar hasil tesnya jeblok n gw ga lolos tes pertama, y udh artinya bukan rejeki gw. tapi ini kn eliminasi jd klo ga sungguh2 di awal bs gugur tuk tes berikutnya. gw mikirnya simple sh : Yang Diatas ngirim gw kesini pasti ada maksud dan tujuan. nikmatin ajaa.. yg penting memberikan usaha semaksimal mungkin adalah keharusan.Bismillahh aja dehhh…

Tes pertama dimulai dr jam 9:00am – 10.oopm. cepat ya.. dh emg gt soalnya, emg buat dikerjain cepat. Terus qt disuruh tunggu hasil tes pertama. bagi mereka yang lolos langsung masuk kelas lagi untuk ikuti tes tahap 2. dan bagi yg tidak ada namanya yaa pulang.gw dh siapin mental baja aja klo ga keterima. Berarti sisi positifnya gw jd tau klo dr gatsu mw ke S. Parman (Slipi) itu naik bis 46.Lagian sambil nunggu hasil pengumuman tes tahap 1 qt semua peserta dikasih nasi kotak. ga rugi tohh.hehehe…

Pengumuman dipasang pukul 11:00am, ada 2 kertas HVS yg berisi nama2 peserta yg lolos tahap 1 di 2 ruangan (1901 dan 1902). gw liat nama gw ga ada, dan setelah sadar yg gw liat itu adalah ruangan 1901, buru2 gw liat kertas HVS untuk ruangan gw (1902) dan nama gw ada. Alhamdulillah,, dan gw langsung masuk kelas tuk ikuti tes tahap 2 sementara kebanyakan orang menuju lift untuk pulang..

Tes tahap 2 baru gw bs bilang berat. walau sekelas yg td rame sekarang setengahnya dh ilang krn ga lolos, tp tetap aja tesnya berat dan ruangan serasa panas (yg gw yakin AC building ini dh cukup untuk mendinginkan ruangan). Disini psikotestnya ada itung2an (ada soal deret dan logika matematika) dr jm 11:00am – 13:00pm. Ga berhenti2nya handuk gw pake untuk menyeka keringat yg terus mengalir (otak lg di overclock tuk berpikir dan bekerja di rate yg tinggi). Setelah itu psikotest disambung dengan tes gambar, tes menghafal huruf2 lalu jenis psikotes yg melegenda yaitu Lembar Pauli. setelah lembar Pauli ada tes ttg kepribadian gt. Hal baru yg gw pelajari dr tes kedua ini adalah mengubah mental lemak jd mental baja, beberapa kali gw lost konsentrasi dan semangat hanya krn pikiran ngaco lewat selintas : “gw bakal gagal nehh”, cuma satu kalimat itu aja langsung bikin fokus ilang dan badan lemas. makanya gw atur pola pikir gw supaya harmonis dan bisa stay-on-track. Oia bernafas saat mengerjakan jg penting lohh.. pengalaman kmrn klo gw dh ga fokus hal mudahnya gw tarik nafas dalam2 dan melepaskannya pelan pelan. uwihh back-on-track-lah abis itu. bener2 membantu bernafas seperti itu kalo lg ga fokus dan ga tenang alias dag dig dag dig dag dig dug. Total waktu pengerjaan semua tes yaitu 4 jam dr jam 11:ooam – 15:00pm dan cuma ada waktu 10 menit tuk ke toilet (sebelum tes pauli). capeeeekk.. itulah yg gw gumamkan pelan saat keluar kelas sambil memijat2 tangan kanan yg udah ga bs gerak lg (beneran tes kedua psikotest BCA ini gw all-out dahh jd kapabilitas maksimum badan gw terus paksa untuk mencapai nilai maksimum hasil tes hari ini). Klo tereliminasi gw bakal senyum koq, krn gw dh memberikan usaha yg maksimum untuk tes hari ini. Selalu siap menang tapi berani siap kalah jg koq..

Sekitar jam 03:30pm hasil psikotest BCA tahap dua keluar dan gw liat,ga susah jg sh mengidentifikasi nama sendiri walau hanya dr bentuk susunan huruf aja dr jauh,nama gw termasuk dalam list orang2 yg lolos untuk seleksi tahap 3 (besok hari). dan gw gumam pelan sambil menghela nafas Alhamdulillah.. dari 93 orang yg mengikuti hasil tes hari ini hanya 25 orang yg lolos ke tes tahap 3 dan gw ada diantara 25 orang tersebut…

Gw balik hari itu ke mampang prapatan pake bis 46, sore hari ini bis nya ga terlalu ramai dan gw dpt tempat duduk jg di dalam bis. Sore itu ga berhenti gw senyum. saat lalu lalang orang naik dan turun bis, pengamen yg suara nyanyiannya beradu dengan suara pedagang asongan dan kenek bis itu sendiri, gw berkata dalam hati “Gw Emang Beda”.

..Makasih y Allah, tuk telah membukakan pintu pikiran dan menjaga titik fokus selama tes td berlangsung..

21 July 2009 - Posted by | Jejak Karir

33 Comments »

  1. doain gw ya, dut…
    semoga hari pertama gw selancar hari pertama lw…:)

    Comment by chocochicka | 13 October 2009 | Reply

  2. hebat, pinter n lucky

    Comment by shy & young girl | 12 December 2009 | Reply

  3. besok tgl 17 maret 2010 aku juga mw ikut test bca bdp..mohon saran dan dukungannya ya, kl bs c langsung blz via email ^^
    thanks

    Comment by siska | 15 March 2010 | Reply

  4. mudah2 an besok gw menjadi salah satu orang yang beruntung.
    AMIN

    Comment by Fahmi | 17 May 2010 | Reply

  5. Halo temen-temen!
    Aku Saiful, aku ikutan Magang Bhakti BCA 2010 tanggal 15 April kemaren! Dan Alhamdulillah udah lolos tahap 1, 2 dan 3, terus aku disuruh nunggu maksimal satu bulan untuk panggilan Magang!
    Kira-kira udah ada pengumumannya belum ya??
    Please bantuin cari info dong!
    Udah lumutan nich nunggu panggilan!
    Please ya, ini no ponsel aku 085 210 505 025
    Please ya kasih tau, takut telat dapet panggilannya!!

    Comment by Saiful | 17 May 2010 | Reply

  6. hehehe maap2, terbiarkan saja blog BCA Part-1 ini😀
    absen dulu yaa..

    halo cix, maap baru reply comment elu disini, pasti lancar koq,, dan buktinya lancar kaan (ampe keterima). hehehe

    Halo shy & young girl (uuu.. siapa ini, nicknameny bikin gregetan. hahaha), cuma lagi hoki aja hari itu koq.

    siska : gimana? dah ada kelanjutan lagi belum bdp bca 17 maret yg lalu?

    Fahmi : amiinn.. suksey ya, pasti bisa koq😉

    Saiful : ini S Jamil? mantan suami dewi persik? hahaha… nahh ini tergolong baru buat gw, BCA ada magang bhakti tohh!?!? masih kuliah Saiful? kalo pengumuman dan info coba posting/tanya2 ke BCA Part-3 di kategori ini juga (Jejak Karirku). Disana banyak veteran BDP yang lagi on-going learning. Lagipula entah gimana awalnya malah jd tempat diskusi para peserta tes BDP BCA yang lalu2. Hahaha.. siapa tau ada yang bs bantu😉

    Comment by bruangku | 17 May 2010 | Reply

  7. bdp bca apa yang dikerjakan..?apa jadi teller..?

    Comment by bill | 9 June 2010 | Reply

  8. bdp bca apa yang dikerjakan..?apa jadi teller..???

    Comment by bill | 9 June 2010 | Reply

  9. Dear Bill..
    Untuk info2 mengenai BDP itu ngapain aja,mgkn bisa digoogle ke http://www.mdpbca.com... Tp kalo di website itu,msh menggunakan nama MDP… Sedangkan skarang sudah berubah menjadi BDP…
    Utk menjawab pertanyaan kmu, BDP apakah nantinya menjadi teller? Jawabannya: tidak. Kalo mw jadi teller,jalurnya lewat “Magang Bakti”.. Ada juga koq infonya di website yg saya kasih tadi…

    Hope it helps…:)

    Comment by chocochicka | 9 June 2010 | Reply

  10. RAbu 7 July 2010 gw akn test di BDP Bca di wisma asia lt 19…mudah2an aku bs seperti mu friend,,,,,,,Amin….!!!!

    Comment by Amin | 5 July 2010 | Reply

    • Met berjuang braayy…😀
      dimudahkan dalam setiap soal dan ujian.. amiin..

      Comment by bruangku | 5 July 2010 | Reply

  11. Salam kenal mas,saya sari…mau tanya nih proses dinamika kelompok ma wawancara ma Pak Rianno itu kayak apa…soalna Insya Allah tanggal 29 nnti tes…sarannya mas Bear…emailnya Mas Bear apa…kl boleh saya minta biar bisa tanya lwat email jg

    Comment by Sari | 16 July 2010 | Reply

  12. Hi Sari,

    Hmmm.. untuk pertanyaan dinamika kelompok seperti apa, terus wawancarany dgn pak Riano itu seperti apa ada kok kelanjutanny ceritanya, di BCA Part-3 tepatnya🙂

    Sekalian kasih info ke yang lain yaa (yg nge-baca ni blog ampe akhir alias ampe comment2ny).. Jadi untuk cerita mengenai tes di BCA ini terbagi atas BCA-Part 1, BCA-Part 2, BCA-Part 3 dan BCA-Finale. Sebenerny ni cerita ngegantung pd awalny krn ga mengakomodasi pengetahuan dan pengalam sampai tahap tes terakhir (jiahh bahasany), taapii beruntunglah krn gw dpt bantuan dari tmn2 BCA, yg dulu ikutan tes dan skrg alhamdulillah lg menjalani BDP BCA, dengan memberikan saran, masukan, bocoran tahap tes berikutnya hingga keterima. Semua itu ada di-comment2 BCA Part-3 kategori Jejak Karirku (minimal klo pengen tau tesny ky apa buka ampe BCA Part-3 ini deh). Sehingga cerita ttg tes BDP BCA ini jadi lengkap dari awal hingga akhir (sekali lagi gw thx bgt lhoo ama kalian), jadi untuk tau cerita awal tes BDP BCA ampe akhir keterima silahkan di klik BCA Part-1, BCA Part-2, BCA-Part3 ( khusus ini baca comment2ny yaa ), dan BCA Finale (kl pengen tau isi surat ga diterima di BDP BCA😆 ).

    Oia Sari, klo mau tanya2 jgn ke gw, gw kn peserta tes yang ga berhasil masuk BDP BCA.. klo mau nanya2 mending ke org yg comment pertama disini tuh: Chika. Dy diterima d BDP BCA awal tahun ini, n lg jalann training BDP skrg.. atau ga nanya ama org2 yg diterima jg ky Chika yg ada di comment2 BCA Part-3 itu. jd pasti lebihh toooopp infonya:mrgreen:

    Comment by bruangku | 16 July 2010 | Reply

  13. Besok gw mau ikutan test MDP BCA, doakan ya para sebior agar gue bisa melewatinya dengan baik..

    Comment by Kardoman Tumangger | 3 August 2010 | Reply

    • good luck y

      Comment by bruangku | 6 August 2010 | Reply

  14. mas…
    numpang tya y..pas interview, apa aja pertanyaan yg di berikan??

    Comment by robin | 16 December 2010 | Reply

    • Waduhh.. satu comment terlantarkan.. sorry y robin. Inteview ada di bca – part 2 dan part 3 (baca comment2nya). Sekali lagi soriii banget y terlewatkan ni comment:mrgreen:

      Comment by bruangku | 17 April 2011 | Reply

  15. Minggu kmaren jg aq ikut tes di BCA Alhmadulilah Lolos hingga wAwancara Tp di suru nunggu Lg bwat lusa test Kesehatan Doa_in aq ya…
    hheh

    Comment by nhA | 17 April 2011 | Reply

    • Hee.. klo udah tes kesehatan seharusnya udah lolos kok. Amiiinn.. moga dilancarkan y nha😉

      Comment by bruangku | 17 April 2011 | Reply

      • Aku udah lolos nih… Apa aja sih yang harus dibawa pas mau training… Info dong

        Comment by harvi | 26 November 2012

  16. Mas,,,aku kemarin test bdp bca udah interview psikolog 13 orang anak, tepatnya tanggal 28 Juni, cuma sampe 9 agustus ini kok belum ada kabar ya??? katanya sih pihak bca yang menghubungi,,,apa bca emang terkenal lama banget pengumumannya atau gimana?? Dan waktu aku tanya temenku kenalan yang 4 orang juga belum dapet kabar,,,mohon sarannya…makasih.

    Comment by abeyow | 9 August 2011 | Reply

  17. Mas,,,aku udah lolos tes tulis di bdp BCa,,,katanya disuruh tunggu untuk panggilan tes selanjutnya dari Bca,,, tapi kok lama banget yaa,,,,

    Comment by Epha | 2 December 2011 | Reply

  18. tahap 3 nya apa ya??

    Comment by intanipi | 22 February 2012 | Reply

  19. Lanjutan ceritanya mana ya ?? Penasaran

    Comment by Akmal Ritaudin | 28 March 2012 | Reply

  20. hai salam kenal jumat nanti aku di tes pertama pisiko, kira2 susah nga yah… aku BCA makassar, kira2 gimn tesx yah… klu pgn bantu aku sms or tlp aja 085299823684, makasi

    Comment by adel | 26 May 2012 | Reply

  21. Mau tanya please dijawab yaa… Saya udah lolos test sampe test medical ceckup , januari udah ikut training, tapi bingung kertas pemberitahuan yang surat” yang dibawa pas mau training itu ilang, bisa info gak apa aja yang dibawa… Tolong bantu yaaa…… (˘ʃƪ˘)

    Comment by harvi | 26 November 2012 | Reply

    • Hi Harvi.. dua hal :
      pertama : selamat yaa udah lolos, untuk posisi apa di BCA?
      kedua : waduh.. klo barang apa aja yg harus dibawa ga tau juga.. hahaha.. si ibu ex-BCA nihh yg bisa jawab, lagi sibuk tampaknya. telp ke BCA nya aja vi.. mereka pasti mau bantu kok sesama BCA’ers *jiaahh*

      Comment by Bear Bear Bear | 14 December 2012 | Reply

  22. No replies (ʃ_⌣̀ )

    Comment by havyhavy | 29 November 2012 | Reply

    • Hahahah maap2.. lagi ngilang2 lagi nihh adminnya:mrgreen:

      Comment by Bear Bear Bear | 14 December 2012 | Reply

  23. Q jadi ikut mrinding baca nya….
    Trus ,tes nya tentang apa ajja ya so’al nya…

    Comment by maz jay | 20 September 2013 | Reply

  24. hai… aq ada ikut test bdp, di tawarin bagian operasional nya sekarang udah interview user tgal.. 22 nov 2014 minggu kmren ampe sekarang blum ada di kasih kabar…. kira2 aq lulus atau gagal ya? pleaseee…. klo ad yang bisa kasih info

    Comment by depi | 29 November 2013 | Reply

  25. Ka,,, aku senin ad test nih,,, qra2 test.a gmn?? Ad yg berhijab jg ga kaya aku?

    Comment by lia | 2 October 2014 | Reply

  26. Pembahasannya komplit banget, berbagi pengalaman sangat bermanfaat untuk yang membutuhkan. Tetap semangat menulis. Salam kenal dari saya.

    Comment by Contoh Soal Psikotes | 17 February 2016 | Reply


Leave a Reply

